Cara Membuat Pompa Angin Sederhana untuk Sobat Sederhana

Halo Sobat Sederhana, kali ini kita akan belajar membuat pompa angin sederhana yang bisa digunakan untuk berbagai keperluan. Meskipun terlihat sederhana, pompa angin ini sangat berguna terutama jika sedang dalam situasi darurat. Mari simak langkah-langkahnya!

Mengenal Pompa Angin

Pompa angin adalah alat yang digunakan untuk mengompres udara di dalam sebuah ruang tertutup dan mengeluarkannya melalui sebuah pipa atau selang. Udara yang terkompresi ini dapat digunakan untuk berbagai keperluan seperti mengisi ban sepeda atau mobil, bola, atau bahkan untuk keperluan medis seperti nebulizer.

Selain itu, pompa angin juga terdiri dari beberapa jenis seperti pompa angin manual, pompa angin listrik, dan pompa angin otomatis. Namun, pada artikel ini kita akan belajar membuat pompa angin manual yang sederhana dan mudah dibuat.

Bahan dan Alat yang Dibutuhkan

Sebelum memulai membuat pompa angin sederhana, Sobat Sederhana perlu menyiapkan bahan dan alat-alat berikut:

Bahan
Alat
Botol plastik bekas
Pisau cutter atau gunting
Balon kecil
Pisau cukur atau gunting
Pisau tumpul
Plastik selotip
Tabung plastik
Stik es krim
3 buah selang plastik kecil
Lem tembak

Langkah-Langkah Membuat Pompa Angin Sederhana

Berikut adalah langkah-langkah membuat pompa angin sederhana yang bisa Sobat Sederhana ikuti:

1. Membuat bagian atas pompa

Pertama-tama, Sobat Sederhana perlu mempersiapkan botol plastik bekas dan memotong bagian atasnya dengan menggunakan pisau cutter atau gunting. Setelah itu, buatlah lubang kecil di tengah botol dengan menggunakan pisau tumpul atau benda yang keras lainnya.

2. Membuat lubang untuk selang plastik

Langkah selanjutnya adalah membuat lubang untuk selang plastik pada bagian samping botol. Gunakan pisau tumpul atau benda keras lainnya untuk membuat lubang yang cukup besar sehingga selang plastik bisa masuk dengan mudah.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Poster Sederhana dengan Corel Draw

3. Memasang selang plastik

Setelah membuat lubang pada bagian samping botol, masukkan selang plastik ke dalam lubang tersebut. Pastikan selang plastik sudah masuk dengan rapat sehingga udara tidak akan bocor keluar.

4. Membuat lubang pada balon kecil

Langkah selanjutnya adalah membuat lubang pada balon kecil menggunakan pisau cukur atau gunting. Buatlah lubang kecil di tengah balon yang cukup besar untuk memasukkan selang plastik ke dalamnya.

5. Memasukkan selang plastik ke dalam balon kecil

Selanjutnya, masukkan salah satu ujung selang plastik ke dalam lubang pada balon kecil. Pastikan selang plastik masuk dengan rapat dan tidak ada kebocoran udara.

6. Memasang selang plastik pada tabung plastik

Setelah balon kecil dipasangkan dengan selang plastik, selanjutnya adalah memasangkan ujung selang plastik yang lain pada tabung plastik. Gunakan lem tembak atau bahan perekat lainnya untuk memasangkan selang plastik pada tabung plastik dengan rapat.

7. Memasang stik es krim pada bagian bawah tabung plastik

Setelah selang plastik terpasang pada tabung plastik, Sobat Sederhana dapat memasangkan stik es krim pada bagian bawah tabung plastik dengan cara menempelkannya menggunakan lem tembak atau bahan perekat lainnya.

8. Memasang bagian atas pompa ke dalam tabung plastik

Setelah semua komponen dipersiapkan, Sobat Sederhana dapat memasang bagian atas pompa ke dalam tabung plastik. Bagian atas pompa yang sudah dibuat tadi dihubungkan dengan selang plastik yang terpasang di bagian samping botol plastik.

9. Membuat pegangan pada bagian samping pompa

Terakhir, Sobat Sederhana dapat membuat pegangan pada bagian samping pompa dengan menggunakan plastik selotip atau benda lainnya. Pastikan pegangan yang dibuat cukup kuat dan tidak mudah terlepas saat digunakan.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Arang Aktif Sederhana

FAQ

1. Apakah pompa angin sederhana ini bisa digunakan untuk mengisi ban mobil?

Tidak, pompa angin sederhana ini hanya bisa digunakan untuk mengisi ban sepeda atau bola.

2. Apakah bahan dan alat yang dibutuhkan sulit didapatkan?

Tidak, semua bahan dan alat bisa didapatkan dengan mudah di toko-toko bangunan atau supermarket terdekat.

3. Apakah pompa angin sederhana ini bisa digunakan saat terjadi keadaan darurat?

Ya, pompa angin sederhana ini sangat berguna terutama saat terjadi keadaan darurat, misalnya ketika ban sepeda atau mobil bocor di tengah jalan.

4. Apakah pompa angin sederhana ini lebih murah dibandingkan dengan pompa angin manual yang dijual di toko?

Ya, pompa angin sederhana ini jauh lebih murah dibandingkan dengan pompa angin manual yang dijual di toko karena menggunakan bahan-bahan yang mudah didapatkan dan alat yang sederhana.

5. Apakah ada tips atau trik lain yang bisa digunakan saat membuat pompa angin sederhana ini?

Pastikan semua komponen terpasang dengan rapat dan kuat sehingga udara tidak bocor keluar saat digunakan. Selain itu, jika menggunakan botol plastik bekas, pastikan botol tersebut dalam keadaan bersih dan kering terlebih dahulu.

Semoga Bermanfaat dan Sampai Jumpa di Artikel Menarik Lainnya

Cara Membuat Pompa Angin Sederhana untuk Sobat Sederhana