Cara Membuat Pizza Hut Sederhana untuk Sobat Sederhana

Halo Sobat Sederhana! Siapa yang tidak suka dengan pizza? Makanan ini memang sangat populer di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Salah satu merek pizza yang sangat terkenal di Indonesia adalah Pizza Hut. Tapi, apakah Sobat Sederhana tahu cara membuat pizza Hut sederhana di rumah? Di artikel ini, kita akan belajar cara membuatnya. Siapkan bahan-bahan dan mari kita mulai!

Bahan-bahan

Sebelum memasak, pastikan Sobat Sederhana telah menyiapkan semua bahan-bahan berikut:

Bahan
Jumlah
Tepung terigu
500 gram
Yeast
1 sachet
Garam
1 sendok teh
Gula
1 sendok makan
Air hangat
325 ml
Saus tomat
1/2 cup
Mozzarella cheese
200 gram
Toppings
Sesuai selera

Pembuatan Adonan Pizza

Setelah semua bahan tersedia, langkah berikutnya adalah membuat adonan pizza. Ikuti langkah-langkah berikut:

1. Campurkan Yeast dan Air Hangat

Pertama-tama, Sobat Sederhana perlu mencampurkan yeast dan air hangat dalam mangkuk kecil dan aduk rata. Biarkan selama 5-10 menit agar yeast mengembang.

2. Campurkan Tepung, Garam dan Gula

Pada mangkuk besar yang berbeda, campurkan tepung terigu, garam dan gula secara merata.

3. Campurkan Yeast dan Tepung

Setelah yeast mengembang, tuangkan adonan yeast ke dalam mangkuk tepung. Aduk dengan sendok kayu hingga tercampur rata. Setelah semua tercampur, mulailah mengaduk menggunakan tangan hingga adonan pizza terbentuk.

4. Diamkan Adonan Pizza

Tutup mangkuk adonan pizza dengan kain bersih dan diamkan selama 30-40 menit hingga adonan mengembang dua kali lipat ukurannya.

Pengolahan Pizza

Setelah adonan pizza siap, saatnya untuk mengolahnya menjadi pizza Hut sederhana yang lezat. Ikuti panduan berikut:

1. Siapkan Wajan untuk Penggorengan

Sebelum memasak adonan pizza, panaskan wajan untuk penggorengan pada api sedang selama 5 menit. Olesi dengan margarine atau olive oil agar tidak lengket.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Aplikasi Market Sederhana

2. Bentuk Adonan Pizza

Setelah adonan pizza terbentuk dengan baik, pindahkan adonan ke atas permukaan yang telah diberi tepung terigu. Pisahkan adonan menjadi dua atau tiga bola dan bentuk bola-bola tersebut menjadi bentuk bulat menggunakan tangan. Pastikan ketebalannya sesuai dengan selera Sobat Sederhana.

3. Siapkan Toppings

Siapkan saus tomat, mozzarella cheese dan topping sesuai selera Sobat Sederhana. Saus tomat dapat disebarkan pada permukaan adonan pizza. Setelah itu, taburi mozzarella cheese dan topping sesuai selera Sobat Sederhana.

4. Panggang Pizza

Letakkan pizza pada wajan yang telah dipanaskan sebelumnya. Panggang selama 5-7 menit hingga adonan pizza mulai mengering dan cheese meleleh. Sesuaikan waktu memanggang dengan ketebalan adonan pizza dan suhu kompor Sobat Sederhana. Setelah selesai dipanggang, pizza Hut sederhana siap disajikan.

FAQ

1. Apa yang Membuat Adonan Pizza Mengembang?

Adonan pizza mengembang karena yeast yang digunakan dalam adonan. Yeast menghasilkan gas karbon dioksida yang membuat adonan mengembang. Kondisi yang ideal bagi yeast untuk tumbuh adalah suhu hangat (29-30 derajat Celsius) dan kelembapan yang cukup.

2. Apakah Saus Tomat Harus Dipanaskan Terlebih Dahulu?

Tidak, saus tomat tidak perlu dipanaskan terlebih dahulu. Sobat Sederhana dapat mengoleskan langsung saus tomat pada permukaan adonan pizza.

3. Apakah Topping Harus Dipanggang Bersama Adonan Pizza?

Ya, topping harus dipanggang bersama adonan pizza agar lebih meresap ke dalam adonan dan tidak mudah terlepas saat disajikan.

4. Bagaimana Menyimpan Adonan Pizza yang Tidak Terpakai?

Adonan pizza yang tidak terpakai dapat disimpan dalam kantong plastik ziplock dan dimasukkan ke dalam lemari es selama 2-3 hari. Sebelum digunakan kembali, adonan harus dikeluarkan dari kantong plastik dan diberi waktu untuk kembali suhu ruangan dan mengembang kembali.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Web Sederhana Tanpa Coding dengan Dreamweaver

Semoga Bermanfaat dan Sampai Jumpa di Artikel Menarik Lainnya

Sekarang Sobat Sederhana telah berhasil membuat pizza Hut sederhana di rumah. Selain lebih murah, Sobat Sederhana juga dapat menyesuaikan topping sesuai dengan selera. Jangan lupa untuk mencoba lagi di rumah dan berbagi resep ini dengan teman dan keluarga. Terima kasih telah membaca artikel ini dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Membuat Pizza Hut Sederhana untuk Sobat Sederhana