Cara Membuat Pisang Goreng Kremes Sederhana

Halo Sobat Sederhana! Bagaimana kabarnya? Kali ini kita akan belajar membuat pisang goreng kremes sederhana yang enak dan lezat. Siapa yang tidak suka dengan pisang goreng yang gurih dengan kremes-kremesnya yang renyah? Yuk, kita mulai!

Bahan-bahan yang Diperlukan

Sebelum memulai membuat pisang goreng kremes sederhana, pastikan terlebih dahulu bahan-bahan ini sudah tersedia:

Bahan-bahan
Jumlah
Pisang raja/kepok
4 buah
Tepung terigu
150 gram
Tepung kanji
50 gram
Gula pasir
2 sendok makan
Garam
1/4 sendok teh
Vanili bubuk
1/4 sendok teh
Air dingin
200 ml
Tepung roti
secukupnya
Minyak goreng
secukupnya

Cara Membuat

Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat pisang goreng kremes sederhana:

1. Siapkan bahan-bahan

Pertama-tama, siapkan bahan-bahan yang dibutuhkan seperti yang telah dijelaskan di atas. Jangan lupa untuk memotong pisang sesuai dengan selera.

2. Buat adonan tepung

Campurkan tepung terigu, tepung kanji, gula pasir, garam, vanili bubuk, dan air dingin dalam sebuah wadah. Aduk rata hingga tidak ada gumpalan. Pastikan adonan tidak terlalu encer atau terlalu kental.

3. Celupkan pisang

Celupkan pisang satu per satu ke dalam adonan tepung hingga permukaannya tertutupi secara merata oleh adonan tepung.

4. Baluri dengan tepung roti

Setelah dicelupkan ke dalam adonan tepung, baluri pisang dengan tepung roti hingga seluruh permukaannya tertutupi secara merata oleh tepung roti.

5. Goreng pisang

Panaskan minyak goreng dalam wajan. Setelah minyak panas, goreng pisang yang telah dibaluri tepung roti hingga berwarna keemasan dan matang. Angkat dan tiriskan.

6. Taburkan kremes

Setelah pisang goreng matang dan masih panas, taburkan kremes di atasnya secara merata. Kremes siap dibuat dengan cara mencampurkan tepung terigu, tepung kanji, gula pasir, dan air dingin. Goreng adonan kremes hingga berwarna kecoklatan.

TRENDING 🔥  Cara Buat Kayu Sederhana

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Apa bedanya tepung terigu dan tepung kanji?

Tepung terigu terbuat dari gandum yang diolah hingga menjadi tepung. Tepung ini sering digunakan dalam pembuatan roti, kue, atau adonan lainnya. Sedangkan tepung kanji berasal dari ubi kayu yang diolah hingga menjadi tepung. Tepung ini sering digunakan untuk membuat makanan yang mengandung tekstur kenyal atau renyah seperti onde-onde atau bakwan.

2. Apa yang harus dilakukan jika adonan tepung terlalu encer?

Jika adonan tepung terlalu encer, tambahkan tepung terigu dan tepung kanji sedikit demi sedikit hingga adonan mencapai konsistensi yang tepat. Sebaliknya, jika adonan terlalu kental, tambahkan air sedikit demi sedikit hingga mencapai konsistensi yang tepat.

3. Apakah boleh menggunakan pisang yang belum matang?

Tidak disarankan menggunakan pisang yang belum matang karena rasanya akan terlalu asam dan teksturnya tidak empuk. Lebih baik menggunakan pisang yang sudah cukup matang sehingga rasanya lebih manis dan teksturnya lebih empuk.

4. Apa yang bisa digunakan sebagai pengganti kremes?

Jika tidak memiliki kremes, bisa menggunakan gula bubuk atau parutan keju sebagai alternatif.

5. Apakah harus menggunakan minyak goreng yang banyak?

Tidak perlu menggunakan minyak goreng yang banyak. Cukup gunakan minyak goreng secukupnya agar pisang goreng matang dan tidak terlalu berminyak.

Penutup

Itulah cara membuat pisang goreng kremes sederhana yang mudah dan enak. Selamat mencoba di rumah ya, Sobat Sederhana! Jangan lupa untuk memotong pisang dengan ukuran yang sesuai dengan selera dan menambahkan kremes untuk memberikan rasa yang lebih nikmat. Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Membuat Pisang Goreng Kremes Sederhana