Cara Membuat Pipet Tetes Sederhana

Hello Sobat Sederhana! Kali ini kita akan membahas cara membuat pipet tetes sederhana dengan bahan yang mudah didapat. Pipet tetes sering digunakan dalam berbagai macam kegiatan, seperti praktikum kimia, membuat sabun, hingga mengisi tinta printer. Mari kita simak langkah-langkahnya!

Bahan yang dibutuhkan

Sebelum kita mulai membuat pipet tetes sederhana, pastikan kita sudah menyiapkan bahan-bahannya terlebih dahulu. Berikut adalah bahan-bahan yang dibutuhkan:

Nama bahan
Jumlah
Pipa plastik
1 buah
Gunting
1 buah
Pita isolasi
secukupnya
Peniti
1 buah

Langkah-Langkah Pembuatan

Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat pipet tetes sederhana:

1. Potong pipa plastik

Pertama-tama, potong pipa plastik hingga sepanjang 15 cm menggunakan gunting.

2. Rapihkan ujung pipa

Rapihkan ujung pipa yang akan menjadi bagian atas pipet dengan cara memotongnya secara diagonal menggunakan gunting. Hal ini akan memudahkan untuk mengeluarkan tetesan cairan.

3. Buat stoples sederhana

Buat stoples sederhana dengan cara melipat pita isolasi dua kali sehingga membentuk segitiga. Tempelkan peniti untuk membuat segitiga tetap berbentuk. Ini akan membantu pipet dapat berdiri dengan stabil dan tidak mudah terbalik.

4. Pasangkan pipa ke stoples

Pasang pipa plastik yang sudah dipotong ke tempat stoples sederhana yang sudah dibuat tadi. Gunakan pita isolasi untuk menempelkan pipa plastik tersebut pada stoples, pastikan pipa plastik berada di tengah-tengah segitiga.

5. Pasang penutup pada pipa

Pasang penutup pada pipa plastik yang berada di bawah stoples dengan cara melipat pita isolasi. Pastikan penutup rapat agar cairan tidak tumpah saat digunakan.

Cara Menggunakan Pipet Tetes Sederhana

Setelah pipet tetes sederhana sudah jadi, kita dapat menggunakannya dengan mudah. Berikut adalah cara menggunakan pipet tetes sederhana:

TRENDING 🔥  Koding Cara Membuat Kalkulator Sederhana

1. Isi pipet dengan cairan

Isi pipet dengan cairan yang akan digunakan. Pastikan cairan sudah terisi dengan baik.

2. Kocok pipet tetes

Kocok pipet tetes agar cairan seimbang dan mudah dikeluarkan.

3. Jepit ujung atas pipet

Jepit ujung atas pipet menggunakan jari tangan kita agar cairan tidak tumpah saat dipindahkan ke tempat lain.

4. Keluarkan tetesan cairan

Keluarkan tetesan cairan dengan cara mengangkat jari kita sedikit demi sedikit. Pastikan tetesan cairan tidak terlalu besar atau kecil.

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Apakah pipet tetes sederhana ini bisa digunakan untuk semua jenis cairan?

Pipet tetes sederhana ini biasanya digunakan untuk cairan yang tidak terlalu kental atau berminyak, seperti air, alkohol, atau asam. Untuk cairan yang lebih kental, seperti minyak zaitun atau sirup, sebaiknya tidak menggunakan pipet tetes ini.

2. Apakah pipet tetes sederhana bisa digunakan berulang kali?

Bisa. Setelah digunakan, pipet tetes sederhana dapat dicuci dengan air dan sabun lalu dikeringkan. Pastikan pipet bersih sebelum digunakan kembali.

3. Berapa harga pipet tetes sederhana yang dibuat sendiri?

Pipet tetes sederhana yang dibuat sendiri harganya sangat terjangkau, yaitu sekitar Rp500-Rp1.000. Harga ini lebih murah dibandingkan dengan pipet tetes yang dijual di pasaran.

Kesimpulan

Itulah cara membuat pipet tetes sederhana yang dapat kita buat sendiri dengan bahan yang mudah didapat. Pipet tetes sederhana ini sangat berguna untuk berbagai macam kegiatan, terutama di bidang kimia. Jangan lupa untuk mencuci pipet tetes setelah digunakan dan keringkan sebelum digunakan kembali. Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Cara Membuat Pipet Tetes Sederhana

https://youtube.com/watch?v=zPUPNQTBlbs