Sobat Sederhana, Yuk Membuat Pionering Menara Pandang Sederhana

Cara Membuat Pionering Menara Pandang Sederhana

Pengertian Pionering Menara Pandang

Pionering adalah kegiatan pramuka yang melatih keterampilan dasar dalam membina kebersamaan, kerja sama dan kemandirian. Salah satu bentuk pionering adalah membuat menara pandang. Menara pandang sendiri merupakan bangunan yang dibuat dengan teknik pionering dengan tujuan untuk melihat pemandangan yang ada di sekitar kita.

Dalam artikel ini, Sobat Sederhana akan diajarkan cara membuat pionering menara pandang sederhana, yang dapat menjadi aktivitas seru untuk Sobat Sederhana yang ingin menggeluti dunia pramuka.

Alat dan Bahan yang Dibutuhkan

Sebelum Sobat Sederhana mulai membuat pionering menara pandang sederhana, maka dibutuhkan alat dan bahan sebagai berikut:

Alat
Bahan
Pisau
Bambu
Gergaji
Tali
Paku
Pengikat tali
Palu
Meteran

Langkah-Langkah Membuat Pionering Menara Pandang Sederhana

Berikut adalah langkah-langkah cara membuat pionering menara pandang sederhana:

1. Persiapkan Alat dan Bahan

Pertama-tama, Sobat Sederhana harus menyiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan untuk membuat menara pandang. Pastikan alat dan bahan yang Sobat Sederhana siapkan telah lengkap dan dalam kondisi baik.

Setelah itu, Sobat Sederhana dapat memulai proses pembuatan menara pandang.

2. Buat Fondasi Menara

Langkah pertama dalam membuat menara pandang adalah membuat fondasi menara. Sobat Sederhana dapat melakukan hal ini dengan menggali lubang setinggi 50 cm dan lebar 50 cm pada tanah atau batako.

Setelah itu, Sobat Sederhana dapat memasukkan bambu dengan diameter 10 cm pada lubang tersebut.

Kemudian, Sobat Sederhana harus mencampurkan semen dengan air dalam wadah hingga tercampur rata. Setelah itu, campuran semen tersebut dimasukkan ke dalam lubang yang sudah diisi dengan bambu sampai setengah lubang. Pastikan campuran semen sudah merata dan rata.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Sampian Penjor Sederhana

Setelah itu, Sobat Sederhana dapat menunggu campuran semen tersebut hingga mengering dan menempel dengan bambu dengan baik.

3. Buat Struktur Menara

Setelah fondasi menara selesai, Sobat Sederhana dapat membuat struktur menara dengan menggunakan bambu. Sobat Sederhana harus memotong bambu dengan ukuran dan panjang yang sama untuk digunakan sebagai tiang menara pandang.

Setelah itu, Sobat Sederhana dapat membuat penyangga dengan cara menempelkan bambu di setiap sudut menara pandang. Pastikan bambu penyangga telah dipotong dengan ukuran yang sama seperti bambu tiang menara pandang.

Setelah itu, Sobat Sederhana dapat membuat tangga dengan bambu yang telah dipotong untuk memudahkan pendakian ke menara pandang.

4. Rapikan dan Periksa Kembali Struktur Menara

Setelah struktur menara selesai dibuat, Sobat Sederhana harus memastikan bahwa menara pandang terlihat rapi dan kuat. Periksa kembali setiap sudut dan pastikan bambu telah dipasang dengan baik.

5. Perbaiki dan Selesaikan Struktur Menara

Jika terdapat kekurangan atau bagian yang tidak rapi pada struktur menara, Sobat Sederhana dapat memperbaikinya dengan memotong bambu yang tidak diperlukan atau menambahkan bambu pada bagian yang kurang.

Kemudian, Sobat Sederhana dapat menambahkan tali pengaman pada sudut-sudut menara pandang untuk memberikan keamanan bagi penggunanya.

Setelah itu, Sobat Sederhana dapat menutup struktur menara dengan tikar atau kain untuk memberikan kenyamanan bagi penggunanya.

FAQ (Frequently Asked Questions)

Q: Apa yang harus dilakukan jika bambu yang dipakai untuk menara tidak cukup panjang?

A: Sobat Sederhana dapat menggunakan beberapa potongan bambu untuk dijadikan satu dan digabungkan dengan cara merapatkan potongan bambu tersebut dengan pengikat tali.

Q: Berapa tinggi menara yang sebaiknya dibuat?

A: Tinggi menara pandang dapat disesuaikan dengan keinginan Sobat Sederhana atau dengan keadaan sekitar. Namun, disarankan untuk membuat menara pandang setinggi minimal 2,5 meter agar terlihat lebih jelas.

TRENDING 🔥  Cara Memasak Oseng Kangkung Sederhana untuk Sobat Sederhana

Q: Apa yang harus dilakukan jika struktur menara tidak kokoh?

A: Sobat Sederhana dapat memperbaikinya dengan menambahkan penyangga bambu pada bagian yang kurang kokoh. Pastikan bambu penyangga telah dipotong dengan ukuran yang sama seperti bambu tiang menara pandang dan ditempelkan dengan kuat.

Q: Apa yang harus dilakukan jika menara pandang sudah usang?

A: Jika menara pandang sudah usang, Sobat Sederhana dapat menggantinya dengan membuat menara baru atau memperbaiki bagian yang rusak pada menara yang sudah ada.

Kesimpulan

Demikianlah cara membuat pionering menara pandang sederhana yang dapat Sobat Sederhana praktikkan di rumah. Dengan langkah-langkah yang telah dijelaskan di atas, diharapkan Sobat Sederhana dapat membuat menara pandang yang kokoh dan tahan lama.

Semoga Bermanfaat dan Sampai Jumpa di Artikel Menarik Lainnya

Sobat Sederhana, Yuk Membuat Pionering Menara Pandang Sederhana