Cara Membuat Pie Buah Sederhana

Hello Sobat Sederhana! Siapa yang tidak suka dengan pie buah yang lezat? Pie buah sederhana yang dibuat dengan tepung, mentega, dan campuran buah-buahan segar merupakan hidangan penutup yang sempurna untuk dinikmati setelah makan siang atau malam. Artikel ini akan memberikan panduan langkah demi langkah tentang cara membuat pie buah sederhana yang lezat dan nikmat. Yuk, simak!

Bahan-bahan yang Diperlukan

Sebelum mulai membuat pie buah sederhana, Sobat Sederhana perlu menyiapkan bahan-bahan berikut:

Bahan
Jumlah
Tepung terigu
250 gram
Mentega
150 gram
Air dingin
50 mililiter
Gula pasir
50 gram
Garam
1/4 sendok teh
Buah-buahan segar (sesuai selera)

Cara Membuat Pie Buah Sederhana

Langkah 1: Membuat Adonan

Langkah pertama dalam membuat pie buah sederhana adalah membuat adonan. Dalam sebuah mangkuk, campurkan tepung terigu, gula pasir, dan garam. Setelah itu, tambahkan mentega dingin dan gunakan pisau pastry untuk memotong-motong mentega hingga adonan menjadi seperti krumble.

Selanjutnya, tuangkan air dingin sedikit demi sedikit dan aduk adonan hingga tercampur rata. Setelah itu, gumpalkan adonan menjadi bola dan bungkus dengan plastik wrap. Dinginkan adonan dalam kulkas selama 30 menit.

Langkah 2: Menyiapkan Buah-buahan

Sementara adonan dingin, Sobat Sederhana bisa menyiapkan buah-buahan segar yang ingin digunakan. Potong buah-buahan menjadi ukuran yang sama agar memudahkan dalam memasak. Buah-buahan seperti apel, stroberi, blueberry, dan peach adalah pilihan yang bagus untuk pie buah.

Langkah 3: Menyusun Pie

Setelah adonan dingin dan buah-buahan sudah dipotong, saatnya membuat pie! Keluarkan adonan dari kulkas dan letakkan di atas permukaan yang telah ditaburi tepung. Gulung adonan hingga mencapai ketebalan yang diinginkan.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Biogas Sederhana dari Sampah Organik

Selanjutnya, transfer adonan ke dalam loyang pie dan potong tepi adonan yang tidak perlu. Tumpuk buah-buahan segar di atas adonan dalam loyang pie. Manfaatkan sisa adonan untuk membuat toping untuk pie atau hias dengan potongan adonan.

Langkah 4: Memanggang Pie

Setelah pie sudah disusun dengan rapi, saatnya memanggang! Panaskan oven pada suhu 200 derajat Celsius. Panggang pie selama 50-60 menit hingga adonan pie berubah menjadi kecoklatan dan buah-buahan dalam pie sudah lunak.

Setelah pie matang, keluarkan dari oven dan dinginkan selama 20-30 menit sebelum disajikan.

Pertanyaan yang Sering Diajukan

1. Bisakah saya menggunakan adonan pie yang siap pakai dari toko?

Ya, Sobat Sederhana bisa menggunakan adonan pie yang siap pakai dari toko. Namun, buatlah adonan pie sendiri memberikan kepuasan tersendiri karena Sobat Sederhana bisa menyesuaikan rasa dan konsistensi adonan dengan selera sendiri.

2. Bisakah saya menggunakan buah kalengan atau beku?

Tentu saja bisa, namun buah segar memberikan rasa yang lebih enak dan nikmat pada pie. Namun, jika tidak ada buah segar, buah kalengan atau beku bisa menjadi alternatif yang baik.

3. Bagaimana cara memotong pie dengan rapi?

Saat memotong pie, gunakan pisau yang tajam dan pastikan pie sudah dingin. Setelah itu, potonglah dengan perlahan dan jangan terburu-buru untuk menghindari buah-buahan dalam pie jatuh.

4. Berapa lama pie bisa bertahan di dalam kulkas?

Pie bisa bertahan di dalam kulkas selama 3-4 hari.

Kesimpulan

Itulah panduan lengkap tentang cara membuat pie buah sederhana yang nikmat dan lezat! Dengan bahan yang mudah didapat dan cara yang sederhana, Sobat Sederhana bisa membuat hidangan penutup yang sempurna untuk dinikmati bersama keluarga dan teman-teman. Selamat mencoba!

TRENDING 🔥  Cara Sederhana Mengatasi Perut Sakit Melilit

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya

Cara Membuat Pie Buah Sederhana