Cara Membuat Pesawat Remote Control Sederhana dari Gabus

Hello Sobat Sederhana, dalam artikel kali ini kita akan membahas tentang cara membuat pesawat remote control sederhana dari gabus. Mungkin ada di antara kalian yang ingin mencoba membuat pesawat remote control sendiri, tetapi tidak tahu bagaimana cara membuatnya. Nah, kali ini kita akan membahas cara membuat pesawat remote control yang sederhana dan mudah dipahami. Yuk, simak artikel ini sampai selesai!

1. Persiapan Alat dan Bahan

Sebelum kita mulai membuat pesawat remote control, ada beberapa alat dan bahan yang harus kita siapkan terlebih dahulu. Berikut adalah alat dan bahan yang diperlukan:

Alat
Bahan
Solder
Gabus
Gunting
Motor DC kecil
Kawat tembaga
Baterai 9V
Remote control
Kertas millimeter

Dalam membuat pesawat remote control ini, kita akan menggunakan gabus sebagai bahan utamanya. Gabus adalah bahan yang mudah didapatkan dan harganya juga terjangkau. Selain gabus, kita juga memerlukan motor DC kecil, baterai 9V, kawat tembaga, dan remote control.

2. Membuat Rangka Pesawat

Langkah pertama dalam membuat pesawat remote control adalah membuat rangka pesawat terlebih dahulu. Untuk membuat rangka pesawat, kita akan menggunakan gabus. Berikut adalah langkah-langkahnya:

2.1. Siapkan Gabus

Pertama-tama, siapkan gabus dengan ukuran yang telah ditentukan. Kita bisa menggunakan kertas millimeter untuk mengukur ukuran gabus yang dibutuhkan. Setelah itu, potong gabus dengan gunting sesuai ukuran yang telah diukur menggunakan kertas millimeter.

2.2. Rangkai Gabus

Selanjutnya, rangkai gabus menjadi bentuk pesawat sesuai dengan desain yang kita inginkan. Kita bisa melihat contoh desain pesawat di internet atau membuat desain sendiri. Pastikan rangka pesawat yang kita buat sudah dalam bentuk yang kokoh dan tidak mudah roboh.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Rumah Sederhana Menggunakan Autocad 2017

2.3. Pasang Motor DC

Setelah rangka pesawat selesai dibuat, kita bisa memasang motor DC kecil di dalamnya. Pasang motor DC kecil pada bagian belakang pesawat dan pastikan motor tersebut sudah terpasang dengan baik.

2.4. Solder Motor dan Baterai

Setelah motor DC terpasang, selanjutnya kita harus menyolder motor dan baterai 9V. Kita bisa menggunakan kawat tembaga untuk menghubungkan motor dan baterai. Pastikan kawat tembaga yang digunakan tidak terlalu panjang atau terlalu pendek.

2.5. Pasang Remote Control

Setelah motor dan baterai terhubung, kita bisa memasang remote control pada bagian atas pesawat. Pasang remote control dengan cara disolder pada kawat tembaga yang telah terpasang sebelumnya.

3. Uji Coba Pesawat Remote Control

Setelah semua tahapan pembuatan selesai, saatnya untuk menguji coba pesawat remote control yang telah kita buat. Berikut adalah cara untuk menguji coba pesawat remote control:

3.1. Pasang Baterai

Pertama-tama, pasang baterai 9V pada pesawat remote control yang telah kita buat.

3.2. Nyalakan Remote Control

Setelah itu, nyalakan remote control dan pastikan remote control tersebut sudah terhubung dengan pesawat yang telah kita buat.

3.3. Uji Coba Pesawat

Selanjutnya, uji coba pesawat remote control dengan menggerakkan joystick pada remote control. Pastikan pesawat bisa terbang dengan baik dan tidak terlalu berat saat terbang.

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Berapa harga gabus yang dibutuhkan untuk membuat pesawat remote control ini?

Harga gabus yang dibutuhkan untuk membuat pesawat remote control ini cukup terjangkau, sekitar Rp 10.000 – 15.000 untuk ukuran sedang.

2. Apakah motor DC yang digunakan harus kecil?

Ya, motor DC yang digunakan harus kecil agar sesuai dengan ukuran pesawat yang kita buat.

TRENDING 🔥  Selamat datang, Sobat Sederhana!

3. Apakah pesawat remote control ini bisa terbang tinggi?

Tergantung pada desain dan berat pesawat yang kita buat. Namun, pesawat ini lebih cocok digunakan untuk terbang di dalam ruangan.

4. Apakah remote control yang digunakan harus yang mahal?

Tidak perlu menggunakan remote control yang mahal, kita bisa menggunakan remote control yang biasa digunakan untuk mainan remote control.

5. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk membuat pesawat remote control ini?

Waktu yang dibutuhkan untuk membuat pesawat remote control ini sekitar 3-4 jam.

Penutup

Nah, itu dia cara membuat pesawat remote control sederhana dari gabus. Dengan bahan yang mudah didapatkan dan langkah-langkah yang mudah dipahami, kita bisa membuat pesawat remote control sendiri di rumah. Selain itu, kita juga bisa mengajak teman-teman untuk membuatnya bersama-sama. Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Membuat Pesawat Remote Control Sederhana dari Gabus