Cara Membuat Permen Asem Sederhana

Salam Sobat Sederhana! Kali ini kita akan membahas cara membuat permen asem sederhana yang bisa kamu coba di rumah dengan mudah. Permen asem memang menjadi salah satu camilan favorit banyak orang karena rasa asamnya yang segar. Pembuatan permen asem sendiri juga tidak terlalu sulit, hanya membutuhkan bahan-bahan yang mudah ditemukan di pasar tradisional. Yuk, simak cara membuatnya berikut ini!

Bahan-bahan yang Dibutuhkan

Sebelum memulai proses pembuatan permen asem sederhana, pastikan kamu sudah menyiapkan semua bahan-bahan yang dibutuhkan. Berikut ini adalah bahan-bahan yang wajib kamu siapkan:

Bahan
Jumlah
Gula pasir
500 gram
Cuka putih
2 sendok makan
Air
200 ml
Perasan jeruk nipis
2 sendok makan
Pewarna makanan hijau
Sesuai selera
Garam
1 sendok teh

Dengan menyiapkan semua bahan tersebut, kamu sudah siap untuk membuat permen asem sederhana yang enak.

Proses Pembuatan

Langkah 1: Membuat Sirup Gula

Langkah pertama dalam membuat permen asem sederhana adalah membuat sirup gula. Caranya adalah dengan mencampurkan gula pasir dan air dalam panci. Kemudian, panaskan panci di atas kompor dengan api sedang sambil terus diaduk hingga gula larut sempurna.

Langkah 2: Menambahkan Bahan-bahan Lainnya

Setelah sirup gula terbentuk, tambahkan cuka putih, perasan jeruk nipis, pewarna makanan hijau, dan garam. Aduk kembali hingga semua bahan tercampur rata.

Langkah 3: Membuat Permen Asem

Selanjutnya, tuang adonan permen ke dalam wadah yang sudah diolesi dengan minyak goreng agar tidak lengket. Diamkan adonan hingga dingin dan mengeras.

Langkah 4: Potong dan Sajikan

Setelah permen asem mengeras, potong sesuai selera dan sajikan. Kamu bisa menyimpan permen asem dalam wadah kedap udara agar tetap awet dan tidak lembek.

TRENDING 🔥  Cara Cek Paten Sederhana Secara Online

FAQ

1. Apakah bisa tidak menggunakan pewarna makanan hijau?

Bisa, kamu bisa tidak menggunakan pewarna makanan hijau dan mengikuti resep lainnya yang tidak membutuhkan pewarna. Namun, biasanya permen asem memiliki warna hijau sehingga pewarna makanan hijau bisa menambah estetika dari permen tersebut.

2. Berapa lama permen asem bisa disimpan?

Permen asem bisa disimpan dalam wadah kedap udara dalam waktu kurang lebih 2-3 minggu. Pastikan permen asem tidak terkena udara atau kelembaban yang bisa membuatnya lembek.

3. Apakah bisa menggunakan cuka apel?

Bisa, namun akan ada perbedaan rasa. Cuka putih memiliki rasa yang lebih netral dibandingkan cuka apel yang memiliki rasa lebih kuat.

Kesimpulan

Nah, itulah cara membuat permen asem sederhana yang bisa kamu coba di rumah. Dengan mengikuti resep di atas, kamu bisa menikmati permen asem yang segar dan enak. Selamat mencoba!

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Cara Membuat Permen Asem Sederhana