Cara Membuat Perangkap Tupai Sederhana

Halo Sobat Sederhana, pada artikel kali ini kita akan membahas tentang cara membuat perangkap tupai sederhana. Tupai merupakan hewan pengerat yang sering merusak tumbuhan atau tanaman di sekitar rumah. Oleh karena itu, penting untuk mengambil tindakan untuk mencegahnya agar tidak merusak taman atau kebun kita. Salah satu caranya adalah dengan membuat perangkap tupai sederhana. Yuk, simak cara pembuatannya berikut ini!

1. Persiapan Alat dan Bahan

Sebelum kita membuat perangkap tupai sederhana, ada beberapa alat dan bahan yang harus disiapkan terlebih dahulu. Berikut ini adalah beberapa alat dan bahan yang dibutuhkan:

Alat
Bahan
1. Gunting
1. Kardus bekas
2. Pisau cutter
2. Kawat besi
3. Tang
3. Perekat kertas (selotip)
4. Pemotong kawat
4. Benang nylon
5. Makanan atau umpan untuk tupai

2. Membuat Kerangka Perangkap Tupai

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuat kerangka perangkap tupai. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

Langkah 1

Pertama-tama, potong kardus bekas menjadi tiga bagian yang sama besar. Setelah itu, lipat dua bagian kardus menjadi sebuah kerangka seperti pada gambar di bawah ini.

Langkah 2

Buat lubang pada bagian atas dan bawah kerangka dengan menggunakan pisau cutter. Lubang yang dibuat ini akan digunakan sebagai jalan masuk dan jalan keluar untuk tupai.

Langkah 3

Setelah itu, buatlah sebuah lubang di tengah bagian kerangka dengan menggunakan pisau cutter. Lubang ini berfungsi sebagai tempat untuk meletakkan makanan atau umpan untuk tupai.

Langkah 4

Potong dua buah kawat besi dengan panjang yang sama. Setiap kawat besi akan digunakan untuk menggantungkan kerangka perangkap tupai. Pasang kawat besi pada bagian atas kerangka dan rapatkan ujung-ujungnya dengan menggunakan tang.

TRENDING 🔥  Cara Kerja Pompa Sederhana

3. Menutupi Kerangka Perangkap Tupai

Setelah kerangka perangkap tupai selesai dibuat, saatnya untuk menutupinya dengan menggunakan kertas atau karton bekas. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

Langkah 1

Gunting kertas bekas dengan ukuran yang cukup untuk menutupi kerangka perangkap tupai. Pastikan kertas bekas yang digunakan tidak terlalu tebal atau terlalu tipis.

Langkah 2

Tempelkan kertas bekas pada kerangka perangkap tupai dengan menggunakan perekat kertas (selotip). Pastikan kertas bekas menutupi seluruh bagian kerangka perangkap tupai.

Langkah 3

Buat lubang pada kertas bekas yang menutupi lubang jalan masuk dan jalan keluar. Lubang yang dibuat harus seukuran dengan lubang yang ada pada kerangka perangkap tupai.

4. Menambah Umpan atau Makanan untuk Tupai

Setelah perangkap tupai selesai dibuat, tambahkan umpan atau makanan untuk tupai. Umpan atau makanan yang bisa digunakan antara lain adalah buah-buahan seperti pisang, apel, atau mangga. Letakkan umpan atau makanan tersebut pada lubang yang ada di tengah kerangka perangkap tupai.

5. Cara Menggunakan Perangkap Tupai Sederhana

Setelah perangkap tupai selesai dibuat dan diisi dengan makanan atau umpan, saatnya untuk menggunakannya. Berikut ini adalah cara menggunakannya:

Langkah 1

Tentukan lokasi yang tepat untuk meletakkan perangkap tupai. Pastikan lokasi tersebut dekat dengan pohon atau tempat-tempat yang sering dikunjungi oleh tupai.

Langkah 2

Gantungkan perangkap tupai pada pohon atau tempat yang tepat dengan menggunakan kawat besi yang sudah dipasang sebelumnya.

Langkah 3

Tunggu dan periksa perangkap tupai secara berkala. Jika tupai sudah terperangkap, segera keluarkan dan bisa dilepas pada tempat yang jauh dari rumah.

FAQ

1. Apakah hanya tupai yang bisa tertangkap dengan perangkap ini?

Perangkap tupai ini memang dirancang khusus untuk menangkap tupai. Namun, hewan-hewan pengerat lain seperti tikus juga bisa tertangkap dengan perangkap ini.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Peneguk Akrelit Sederhana

2. Apakah perangkap ini aman untuk digunakan?

Ya, perangkap tupai sederhana ini aman untuk digunakan. Namun, pastikan untuk menempatkan perangkap tersebut pada tempat yang jauh dari jangkauan anak-anak atau hewan peliharaan yang ada di rumah.

3. Bisakah perangkap ini digunakan untuk menangkap hewan yang lebih besar?

Tidak, perangkap ini hanya dirancang untuk menangkap tupai atau hewan pengerat dengan ukuran yang kecil atau sedang.

Semoga Bermanfaat dan Sampai Jumpa di Artikel Menarik Lainnya

Cara Membuat Perangkap Tupai Sederhana

https://youtube.com/watch?v=DKtjJmxPFzM