Cara Membuat Peniris Minyak Sederhana

Hello Sobat Sederhana! Apakah kamu sering merasa kesulitan saat membersihkan minyak bekas gorengan di dapur? Jangan khawatir, kali ini saya akan berbagi tutorial tentang cara membuat peniris minyak sederhana. Dengan cara ini, kamu dapat memudahkan membersihkan sisa minyak bekas memasak dengan mudah dan tidak sia-sia.

Apa itu Peniris Minyak?

Sebelum kita memulai pembuatan peniris minyak, mari kita ketahui dulu apa itu peniris minyak. Peniris minyak adalah alat yang digunakan untuk meniriskan atau menyaring minyak bekas memasak agar sisa makanan atau bahan yang tercecer tidak ikut masuk dalam minyak.

Peniris minyak biasanya terbuat dari bahan stainless steel atau aluminium yang dilengkapi dengan keran di bagian bawahnya. Namun, kali ini kita akan membuat peniris minyak sederhana yang dapat kamu buat sendiri di rumah dengan mudah.

Bahan-bahan yang Dibutuhkan

Sebelum kita membuat peniris minyak, berikut adalah bahan-bahan yang perlu kamu siapkan:

Bahan
Jumlah
Botol plastik bekas
1 buah
Kain saringan
secukupnya
Resleting
1 buah
Gunting
1 buah

Langkah-langkah Membuat Peniris Minyak

1. Potong Botol Plastik

Pertama, ambil botol plastik bekas dan potong bagian tengahnya menggunakan gunting. Pastikan potongan tersebut memiliki lubang tengah yang cukup besar untuk menampung minyak bekas gorengan.

2. Buat Lubang di Tepi Botol

Selanjutnya, buatlah beberapa lubang kecil di tepi potongan botol menggunakan gunting. Lubang-lubang ini berguna untuk memudahkan kain saringan masuk dan diikat pada botol.

3. Pasang Resleting

Pasanglah resleting pada sisi potongan botol yang telah dipotong. Resleting ini berguna untuk membuka dan menutup peniris minyak setelah digunakan.

4. Pasang Kain Saringan

Masukkan kain saringan ke dalam potongan botol yang telah dipotong dan diikat pada lubang-lubang yang telah dibuat. Pastikan kain saringan menempel dengan rapat sehingga tidak mudah lepas saat digunakan.

TRENDING 🔥  Cara Masak Daging Sederhana

5. Selesai, Peniris Minyak Sederhana Siap Digunakan

Setelah semua tahap selesai, peniris minyak sederhana siap digunakan. Gunakan peniris minyak ini untuk menyaring minyak bekas gorengan agar dapat digunakan kembali dalam memasak.

FAQ

1. Bagaimana cara membersihkan peniris minyak setelah digunakan?

Setelah digunakan, bersihkan peniris minyak dengan membilasnya di bawah air mengalir hingga bersih. Jangan menggunakan sabun, karena sabun dapat menempel pada kain saringan dan sulit hilang.

2. Berapa kapasitas peniris minyak sederhana ini?

Kapasitas peniris minyak sederhana ini tergantung pada ukuran botol plastik yang digunakan. Semakin besar botol, semakin banyak minyak bekas yang dapat ditampung.

3. Apakah peniris minyak sederhana dapat digunakan untuk minyak sayur atau hanya minyak goreng?

Peniris minyak sederhana dapat digunakan untuk menyaring minyak bekas memasak, baik itu minyak goreng atau minyak sayur.

Penutup

Itulah tadi tutorial tentang cara membuat peniris minyak sederhana yang dapat kamu buat sendiri di rumah. Dengan membuat peniris minyak ini, kamu dapat memudahkan dalam membersihkan sisa minyak bekas memasak dan menjadikan minyak bekas tersebut dapat digunakan kembali dalam memasak. Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Membuat Peniris Minyak Sederhana