Cara Membuat Penghapus Pensil Sederhana

Halo, Sobat Sederhana! Bagi kalian yang suka menggambar atau menulis dengan pensil, tentu sudah tidak asing lagi dengan penghapus. Penghapus adalah alat yang digunakan untuk menghapus kesalahan atau jejak-jejak pensil yang tidak diinginkan pada kertas. Namun, kadang-kadang kita kehabisan penghapus atau malas untuk membelinya di toko. Nah, kali ini kita akan membahas cara membuat penghapus pensil sederhana sendiri di rumah. Yuk, simak artikel ini sampai selesai!

Bahan-bahan yang Diperlukan

Sebelum memulai membuat penghapus pensil sederhana, ada beberapa bahan yang harus Sobat Sederhana siapkan terlebih dahulu, yaitu:

1. Karet gelang
3. Kapas
2. Perekat
4. Air

Semua bahan tersebut bisa Sobat Sederhana dapatkan dengan mudah di toko terdekat. Setelah semua bahan siap, mari kita mulai membuat penghapus pensil sederhana!

Langkah-langkah Membuat Penghapus Pensil Sederhana

1. Siapkan Karet Gelang

Pertama-tama, Sobat Sederhana harus menyiapkan karet gelang yang sudah tidak terpakai lagi. Kemudian, potong karet tersebut menjadi beberapa bagian dengan ukuran yang sama, sekitar 2-3 cm.

2. Gabungkan Potongan Karet

Setelah itu, gabungkan potongan-potongan karet tersebut menjadi satu dengan cara menumpuknya. Pastikan potongan karet tersebut rapat dan tidak ada celah di antara potongan-potongan tersebut.

3. Rendam Karet dalam Air

Rendam karet yang sudah digabungkan tadi ke dalam air selama beberapa menit. Hal ini bertujuan untuk membuat karet menjadi lebih lembut dan mudah dibentuk.

4. Bentuk Karet

Setelah karet menjadi lebih lembut, bentuk karet tersebut sesuai dengan yang Sobat Sederhana inginkan. Bisa dengan bentuk segi empat, lingkaran, atau sesuai dengan selera masing-masing. Pastikan karet tersebut tidak terlalu tebal atau tipis.

TRENDING 🔥  Cara Dekor Ulang Tahun Anak Sederhana

5. Lapisi Karet dengan Kapas

Lapisi karet yang sudah dibentuk tadi dengan kapas. Hal ini bertujuan untuk menyerap perekat yang akan diaplikasikan pada karet. Pastikan kapas tersebut menempel dengan rapat pada karet.

6. Oleskan Perekat pada Kapas

Selanjutnya, oleskan perekat pada kapas yang sudah menempel pada karet. Oleskan secara merata dan tidak terlalu banyak agar tidak keluar dari kapas.

7. Tunggu Hingga Kering

Tunggu hingga perekat pada kapas benar-benar kering. Biasanya membutuhkan waktu kurang lebih 1-2 jam tergantung dari jenis perekat yang digunakan.

8. Penghapus Pensil Sederhana Siap Digunakan

Nah, kini penghapus pensil sederhana yang sobat Sederhana buat sudah siap digunakan. Caranya cukup dengan menggosokkan penghapus tersebut pada jejak pensil yang ingin dihapus.

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Apa Saja Bahan yang Dibutuhkan Untuk Membuat Penghapus Pensil Sederhana?

Untuk membuat penghapus pensil sederhana, bahan-bahan yang dibutuhkan antara lain karet gelang, perekat, kapas, dan air.

2. Apa Saja Langkah-langkah Membuat Penghapus Pensil Sederhana?

Langkah-langkah membuat penghapus pensil sederhana antara lain:

1. Siapkan karet gelang

2. Gabungkan potongan karet

3. Rendam karet dalam air

4. Bentuk karet

5. Lapisi karet dengan kapas

6. Oleskan perekat pada kapas

7. Tunggu hingga kering

8. Penghapus pensil sederhana siap digunakan

3. Apakah Penghapus Pensil Sederhana yang Dibuat Sendiri Lebih Murah dari Penghapus yang Dibeli di Toko?

Ya, biasanya penghapus pensil sederhana yang dibuat sendiri lebih murah dari penghapus yang dibeli di toko. Karena, bahan yang digunakan untuk membuat penghapus pensil sederhana lebih mudah didapat dan harganya lebih terjangkau.

Semoga Bermanfaat dan Sampai Jumpa di Artikel Menarik Lainnya

Cara Membuat Penghapus Pensil Sederhana