Cara Membuat Pengering Gabah Sederhana

Halo Sobat Sederhana! Kali ini kita akan membahas tentang cara membuat pengering gabah sederhana. Bagi petani padi, pengering gabah adalah salah satu alat yang sangat penting untuk mengeringkan hasil panen padi mereka. Dengan pengering gabah, petani bisa mengeringkan gabah mereka dengan lebih cepat dan efisien. Nah, untuk Sobat Sederhana yang ingin membuat pengering gabah sendiri, kali ini kita akan membahas cara membuat pengering gabah sederhana yang bisa Sobat Sederhana coba di rumah.

1. Persiapan Bahan dan Alat

Pertama-tama, Sobat Sederhana perlu menyiapkan bahan dan alat yang dibutuhkan untuk membuat pengering gabah sederhana. Bahan yang dibutuhkan adalah kayu, seng atau genteng, dan pipa PVC. Sedangkan alat yang dibutuhkan adalah gergaji, paku, bor, obeng, dan gunting. Pastikan Sobat Sederhana menyiapkan semua bahan dan alat yang dibutuhkan agar proses pembuatan pengering gabah berjalan lancar.

Alat yang dibutuhkan:

Alat
Fungsi
Gergaji
Untuk memotong kayu
Paku
Untuk menyambungkan kayu
Bor
Untuk melubangi kayu
Obeng
Untuk menyetel pipa PVC
Gunting
Untuk memotong seng atau genteng

2. Membuat Rangka

Setelah semua bahan dan alat telah disiapkan, langkah selanjutnya adalah membuat rangka dari kayu. Rangka ini akan digunakan sebagai tempat untuk menjemur gabah. Nah, berikut adalah langkah-langkah membuat rangka.

a. Potong Kayu

Pertama-tama, potong kayu sesuai dengan ukuran yang diinginkan. Ukuran yang direkomendasikan adalah 3 meter x 5 meter x 1 meter. Setelah itu, lapisi kayu dengan cat supaya lebih tahan lama.

b. Buat Lubang

Setelah kayu dipotong, langkah berikutnya adalah membuat lubang di kedua ujung kayu dengan menggunakan bor. Lubang ini nantinya akan digunakan untuk menempelkan pipa PVC.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Aplikasi Sederhana dengan Microsoft Access 2007

c. Pasang Pipa PVC

Setelah lubang selesai dibuat, pasang pipa PVC pada lubang yang telah dibuat tadi. Pastikan pipa PVC pas dan tegak lurus dengan kayu. Setelah pipa PVC terpasang, kencangkan dengan obeng.

d. Sambungkan Kayu

Jika pipa PVC sudah terpasang, sambungkan kayu dengan menggunakan paku. Pastikan kayu terpasang dengan kuat dan tidak mudah bergoyang.

3. Membuat Atap

Setelah rangka selesai dibuat, langkah selanjutnya adalah membuat atap dari seng atau genteng. Berikut adalah langkah-langkah membuat atap.

a. Ukur dan Potong Seng atau Genteng

Pertama-tama, ukur dan potong seng atau genteng sesuai dengan ukuran yang diinginkan. Setelah itu, tempelkan seng atau genteng di atas rangka kayu dengan menggunakan paku.

b. Rapikan Atap

Setelah seng atau genteng terpasang, rapikan atap agar lebih kokoh dan terlihat menarik. Pastikan juga agar seng atau genteng terpasang dengan rapi dan tidak mudah terlepas.

4. Membuat Saluran Udara

Setelah atap selesai dibuat, langkah selanjutnya adalah membuat saluran udara. Saluran udara ini berfungsi untuk memastikan udara di dalam pengering gabah dapat berputar dengan baik. Berikut adalah langkah-langkah membuat saluran udara.

a. Potong Pipa PVC

Pertama-tama, potong pipa PVC menjadi beberapa bagian dengan ukuran yang sama. Bagian pipa PVC ini nantinya akan dipasang di sepanjang sisi pengering gabah.

b. Lubangi Pipa PVC

Setelah pipa PVC dipotong, lubangi pipa PVC dengan menggunakan bor. Lubang ini akan berfungsi sebagai saluran udara.

c. Pasang Pipa PVC

Setelah pipa PVC terlubangi, pasang pipa PVC pada sisi pengering gabah. Pastikan pipa PVC terpasang dengan tegak lurus dan rapat dengan kayu.

5. Membuat Box Burner

Setelah saluran udara selesai dibuat, langkah selanjutnya adalah membuat box burner. Box burner ini berfungsi untuk membakar bahan bakar yang akan menghasilkan panas untuk mengeringkan gabah. Berikut adalah langkah-langkah membuat box burner.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Gerinda Sederhana

a. Potong Kayu

Pertama-tama, potong kayu dengan ukuran yang diinginkan. Ukuran yang direkomendasikan adalah 50 cm x 50 cm x 50 cm.

b. Pasang Pipa PVC

Setelah kayu dipotong, pasang pipa PVC di dalam kayu. Pipa PVC berfungsi sebagai saluran udara untuk membakar bahan bakar.

c. Lubangi Kayu

Setelah itu, lubangi kayu dengan menggunakan bor. Lubang yang dibuat nantinya akan berfungsi sebagai pintu untuk memasukkan bahan bakar ke dalam box burner.

d. Pasang Box Burner

Setelah box burner selesai dibuat, pasang box burner di bawah rangka kayu pengering gabah. Pastikan box burner terpasang dengan kuat dan aman.

FAQ

1. Apa itu pengering gabah?

Pengering gabah adalah alat yang digunakan untuk mengeringkan gabah. Alat ini sangat penting bagi petani padi untuk mengeringkan hasil panen dengan lebih cepat dan efisien.

2. Mengapa perlu membuat pengering gabah sederhana?

Membuat pengering gabah sederhana bisa menjadi alternatif bagi petani yang tidak memiliki biaya besar untuk membeli pengering gabah yang mahal. Selain itu, dengan membuat pengering gabah sederhana, petani juga bisa menghemat biaya dan meningkatkan hasil panen mereka.

3. Apa bahan dan alat yang dibutuhkan untuk membuat pengering gabah sederhana?

Bahan yang dibutuhkan adalah kayu, seng atau genteng, dan pipa PVC. Sedangkan alat yang dibutuhkan adalah gergaji, paku, bor, obeng, dan gunting.

4. Apa fungsi saluran udara pada pengering gabah?

Saluran udara pada pengering gabah berfungsi untuk memastikan udara di dalam pengering gabah dapat berputar dengan baik. Hal ini sangat penting untuk mempercepat proses pengeringan gabah.

5. Bagaimana cara membuat box burner?

Cara membuat box burner adalah dengan memotong kayu yang telah diukur dengan ukuran yang diinginkan, memasang pipa PVC di dalam kayu, melubangi kayu untuk membuat pintu, dan memasang box burner di bawah rangka kayu pengering gabah.

TRENDING 🔥  Cara Sederhana Membuat Slide Presentasi dengan Photoshop

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya. Terima kasih telah membaca.

Cara Membuat Pengering Gabah Sederhana