Cara membuat penelitian sederhana

Halo Sobat Sederhana! Bagaimana kabarnya? Semoga selalu dalam keadaan sehat dan bahagia ya. Kali ini, kita akan membahas tentang cara membuat penelitian sederhana. Bagi Sobat Sederhana yang masih di bangku sekolah atau kuliah, tentu sudah tidak asing lagi dengan tugas ini. Namun, bagi yang belum pernah membuatnya, jangan khawatir. Kita akan belajar bersama-sama dalam artikel ini.

Apa itu penelitian sederhana?

Sebelum memulai pembahasan tentang cara membuat penelitian sederhana, maka perlu dipahami terlebih dahulu apa itu penelitian sederhana. Penelitian sederhana adalah suatu cara untuk mencari tahu atau mengumpulkan informasi tentang suatu hal yang masih belum banyak diketahui atau belum pernah diketahui sebelumnya. Penelitian sederhana biasanya dilakukan oleh siswa atau mahasiswa untuk memenuhi tugas atau keperluan akademik lainnya.

Selain itu, penelitian sederhana juga bisa dilakukan oleh siapa saja yang memiliki rasa ingin tahu yang tinggi terhadap suatu hal. Penelitian sederhana tidak terlalu rumit dan bisa dilakukan dengan memanfaatkan bahan atau alat yang mudah ditemukan sehari-hari.

FAQ

No.
Pertanyaan
Jawaban
1
Apa bedanya penelitian sederhana dengan penelitian biasa?
Penelitian sederhana lebih simpel dan tidak memerlukan alat dan bahan yang rumit, sedangkan penelitian biasa lebih kompleks dan memerlukan alat dan bahan yang lebih khusus.
2
Siapa yang bisa melakukan penelitian sederhana?
Siapa saja, baik itu siswa, mahasiswa, atau orang awam yang memiliki rasa ingin tahu yang tinggi.
3
Apakah penelitian sederhana harus memerlukan hipotesis?
Tidak harus, namun menentukan hipotesis dapat memudahkan dalam melakukan penelitian sederhana.

Langkah-langkah membuat penelitian sederhana

Bagi Sobat Sederhana yang ingin membuat penelitian sederhana, simak langkah-langkah berikut:

TRENDING 🔥  Cara Membuat Pendingin Minuman Sederhana

1. Menentukan topik penelitian

Langkah pertama dalam membuat penelitian sederhana adalah menentukan topik penelitian. Pilih lah topik yang masih belum banyak diketahui atau belum pernah diketahui sebelumnya. Contohnya adalah mencari tahu apakah suhu ruangan berpengaruh terhadap peningkatan produktivitas kerja.

2. Menentukan hipotesis

Setelah menentukan topik penelitian, selanjutnya adalah menentukan hipotesis. Hipotesis adalah suatu pernyataan sementara tentang hasil yang akan didapatkan dari penelitian. Hipotesis bisa berupa prediksi tentang hubungan antara dua variabel atau pernyataan tentang hasil yang akan didapatkan dari penelitian.

3. Membuat kerangka penelitian

Setelah menentukan hipotesis, selanjutnya adalah membuat kerangka penelitian. Kerangka penelitian adalah susunan langkah-langkah atau urutan kegiatan yang akan dilakukan dalam penelitian. Kerangka penelitian berguna untuk memudahkan dalam melakukan penelitian dan menghindari kesalahan dalam pengambilan data.

4. Melakukan observasi

Setelah menentukan kerangka penelitian, selanjutnya adalah melakukan observasi. Observasi adalah suatu kegiatan pengamatan terhadap objek yang akan diteliti. Observasi dilakukan dengan cara mengamati, mengukur, atau mencatat data yang diperoleh dalam penelitian.

5. Menganalisis data

Setelah melakukan observasi, selanjutnya adalah menganalisis data. Analisis data dilakukan dengan cara mengumpulkan, memproses, dan menyajikan data dalam bentuk grafik, tabel, atau diagram. Analisis data dilakukan untuk mengetahui hasil dari penelitian yang telah dilakukan.

Kesimpulan

Demikianlah langkah-langkah dalam membuat penelitian sederhana. Dengan mengikuti langkah-langkah tersebut, diharapkan Sobat Sederhana dapat membuat penelitian sederhana dengan mudah dan cepat. Selain itu, penelitian sederhana juga dapat memberikan pengalaman dan pengetahuan baru dalam mengeksplorasi dunia sekitar.

FAQ

No.
Pertanyaan
Jawaban
1
Apakah penelitian sederhana hanya dilakukan oleh siswa atau mahasiswa?
Tidak, siapa saja bisa melakukan penelitian sederhana.
2
Bagaimana cara menentukan topik penelitian yang baik?
Pilihlah topik yang masih belum banyak diketahui atau belum pernah diketahui sebelumnya.
3
Apa saja yang perlu dipersiapkan dalam membuat penelitian sederhana?
Peneliti perlu mempersiapkan bahan atau alat yang akan digunakan dalam penelitian, serta menentukan hipotesis dan membuat kerangka penelitian.
TRENDING 🔥  Cara Memasak Gulai Sapi Sederhana

Semoga Bermanfaat dan Sampai Jumpa di Artikel Menarik Lainnya

Cara membuat penelitian sederhana