Cara Membuat Pempek Udang Sederhana untuk Sobat Sederhana

Halo Sobat Sederhana! Bagi pecinta kuliner asal Palembang, pempek udang tentu menjadi salah satu makanan yang wajib dicoba. Namun, seringkali orang menghindari membuat pempek karena dianggap sulit dan membutuhkan banyak bahan. Nah, pada artikel kali ini, kami akan membagikan cara membuat pempek udang sederhana yang dapat Sobat Sederhana coba di rumah dengan mudah.

Bahan-Bahan yang Dibutuhkan

Sebelum memulai membuat pempek udang sederhana, pastikan Sobat Sederhana memiliki semua bahan-bahan yang dibutuhkan di bawah ini:

Bahan
Jumlah
Tepung sagu
250 gram
Tepung terigu
50 gram
Udang giling
200 gram
Bawang putih
3 siung
Garam
secukupnya
Air
400 ml

Pastikan semua bahan telah disiapkan dengan baik sebelum memulai membuat pempek udang sederhana. Dengan begitu, proses membuat pempek akan menjadi lebih cepat dan mudah.

Langkah-Langkah Membuat Pempek Udang Sederhana

Setelah semua bahan tersedia, ikuti langkah-langkah pembuatan pempek udang sederhana di bawah ini:

1. Siapkan adonan dasar

Pertama, campurkan tepung sagu dan tepung terigu dalam sebuah wadah. Tambahkan air sedikit-sedikit sambil diuleni hingga adonan tercampur rata dan kalis. Setelah itu, tambahkan udang giling dan bawang putih yang telah dihaluskan ke dalam adonan. Aduk rata hingga semua bahan tercampur.

2. Bentuk adonan menjadi pempek

Setelah adonan dasar selesai, ambil adonan secukupnya dan bulatkan dengan tangan. Setelah itu, bentuk adonan menjadi pempek dengan cara memipihkannya dan beri isian udang giling. Lipat adonan menjadi setengah dan ratakan kembali.

3. Lakukan proses perebusan

Setelah adonan terbentuk menjadi pempek, rebuslah air dalam panci hingga mendidih. Setelah air mendidih, masukkan pempek ke dalam air mendidih dan tunggu hingga pempek mengapung. Angkat pempek dan tiriskan.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Aplikasi Kasir Sederhana PHP MySQLi

4. Siapkan kuah cuko

Untuk menghidangkan pempek udang sederhana, siapkan kuah cuko terlebih dahulu. Campurkan cuka, air, gula merah, garam, bawang putih, dan cabai rawit ke dalam panci. Masak hingga mendidih dan kuah cuko siap dihidangkan bersama pempek.

FAQ

1. Apakah tepung sagu dan tepung terigu dapat diganti dengan tepung lain?

Tepung sagu dan tepung terigu memiliki karakteristik yang berbeda dengan tepung lain, oleh karena itu disarankan untuk tetap menggunakan tepung sagu dan tepung terigu.

2. Berapa lama pempek harus direbus?

Pempek harus direbus hingga mengapung. Waktu yang dibutuhkan untuk mengapungkan pempek biasanya kurang lebih 5-7 menit.

3. Apa saja bahan yang dapat ditambahkan ke dalam kuah cuko?

Selain bahan-bahan yang telah disebutkan di atas, Sobat Sederhana dapat menambahkan kecap manis, irisan timun, dan ebi ke dalam kuah cuko.

Kesimpulan

Dengan menggunakan bahan dan langkah-langkah yang tepat, membuat pempek udang sederhana dapat dengan mudah dilakukan di rumah. Selain rasanya yang lezat, membuat pempek udang sederhana juga dapat menjadi kegiatan yang menyenangkan bersama keluarga. Selamat mencoba!

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Cara Membuat Pempek Udang Sederhana untuk Sobat Sederhana