Cara Membuat Pempek Palembang Sederhana

Halo Sobat Sederhana! Siapa di sini yang suka makan pempek Palembang? Pempek Palembang merupakan salah satu makanan khas dari Palembang, Sumatera Selatan. Makanan ini terbuat dari ikan tenggiri yang dicampur dengan tepung sagu dan bahan-bahan lainnya. Pempek Palembang biasanya disajikan dengan kuah cuka, saus, dan ebi. Pempek juga sering disajikan dengan telur pindang dan mie kuning. Bagi kamu yang ingin mencoba membuat pempek Palembang sendiri di rumah, ikuti langkah-langkah berikut ini!

Bahan-Bahan

Sebelum memulai membuat pempek Palembang, pastikan kamu sudah menyiapkan semua bahan-bahan berikut ini:

Bahan-Bahan
Jumlah
Ikan tenggiri
500 gram
Tepung sagu
150 gram
Bawang putih (haluskan)
4 siung
Air
200 ml
Garam
1 sendok teh
Gula pasir
1 sendok teh
Merica bubuk
1/2 sendok teh
Minyak goreng
secukupnya

Cara Membuat

1. Siapkan Ikan Tenggiri

Pertama-tama, bersihkan ikan tenggiri dengan air mengalir hingga bersih. Kemudian potong ikan menjadi beberapa bagian dan blender ikan dengan dua kali putaran saja. Jangan terlalu lama, agar tidak menjadi terlalu halus.

2. Campurkan Bahan-Bahan

Campurkan ikan tenggiri yang sudah diblender dengan tepung sagu, bawang putih yang sudah dihaluskan, air, garam, gula pasir, dan merica bubuk. Aduk rata hingga adonan terlihat kalis. Diamkan adonan selama 30 menit.

3. Bentuk dan Goreng Pempek

Setelah adonan sudah dibiarkan selama 30 menit, bentuk adonan sesuai selera. Ada beberapa jenis bentuk pempek, seperti lenjer, kapal selam, adaan, keriting, dan lain-lain. Setelah pempek dibentuk, goreng pempek dengan minyak yang sudah dipanaskan dengan api sedang. Goreng pempek hingga terlihat kecoklatan dan matang. Angkat dan tiriskan pempek di atas kertas minyak agar minyak yang berlebihan terserap.

TRENDING 🔥  Cara Sederhana Diet Sayur dan Buah untuk Sobat Sederhana

4. Sajikan Pempek

Pempek Palembang siap disajikan dengan kuah cuka, saus, dan ebi. Kamu juga bisa menyajikan pempek dengan telur pindang dan mie kuning. Selamat mencoba!

FAQ

1. Apa yang membuat pempek Palembang spesial?

Pempek Palembang memiliki rasa yang unik dan tekstur yang kenyal. Bahan utama pempek Palembang adalah ikan tenggiri yang dicampur dengan tepung sagu dan bahan-bahan lainnya. Pempek Palembang juga biasanya disajikan dengan kuah cuka yang memberikan rasa asam segar yang khas.

2. Apa saja jenis bentuk pempek?

Terdapat beberapa jenis bentuk pempek, antara lain:

  • Lenjer
  • Kapal selam
  • Ada-ada
  • Keriting
  • Bulat

3. Apakah pempek Palembang bisa disimpan?

Pempek Palembang bisa disimpan dalam kulkas selama beberapa hari. Namun, pempek akan menjadi lembek setelah disimpan dalam waktu yang lama. Sebaiknya, pempek disajikan segera setelah digoreng.

Cara Membuat Pempek Palembang yang Mudah dan Lezat!

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kamu bisa membuat pempek Palembang sendiri di rumah dengan mudah! Selain bisa menghemat uang, kamu juga bisa menikmati pempek Palembang yang lezat kapan saja. Jangan lupa untuk memilih ikan tenggiri yang segar dan membersihkannya dengan baik sebelum digunakan, ya! Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Cara Membuat Pempek Palembang Sederhana