Cara Membuat Pembersih Udara Sederhana

Halo Sobat Sederhana! Udara bersih sangat penting bagi kesehatan kita, tetapi kadang-kadang sulit untuk menjamin kualitas udara di dalam rumah kita. Kita dapat mengatasi masalah ini dengan membuat pembersih udara sederhana yang dapat membersihkan udara dari zat-zat berbahaya. Berikut adalah cara membuat pembersih udara sederhana yang dapat Sobat Sederhana coba di rumah.

1. Kenapa Kita Harus Membuat Pembersih Udara?

Kualitas udara dalam ruangan dapat menjadi buruk karena polusi, debu, bau, dan zat kimia. Ini dapat menyebabkan masalah pernapasan dan kesehatan lainnya. Pembersih udara sederhana yang Anda buat sendiri dapat membantu membersihkan udara dari zat-zat berbahaya dan memperbaiki kualitas udara di rumah atau kantor Anda.

1.1. Apa Saja Bahan-bahan yang Dibutuhkan?

No
Nama Bahan
Jumlah
Keterangan
1
Potongan bambu
1 potong
untuk pegangan pembersih udara
2
Kain flanel
2 lembar
untuk menampung arang aktif
3
Arang aktif
1 ons
untuk menyerap polutan udara
4
Sekop
1 buah
untuk mengisi arang aktif ke dalam kain flanel

1.2. Bagaimana Cara Kerja Pembersih Udara?

Pembersih udara sederhana yang dibuat dengan bahan-bahan di atas bekerja dengan cara menyerap polutan udara dengan arang aktif yang terletak di dalam kain flanel. Semakin banyak arang aktif yang Anda gunakan, semakin efektif pembersih udara tersebut untuk membersihkan udara dari zat berbahaya.

2. Cara Membuat Pembersih Udara Sederhana

2.1. Langkah Pertama: Siapkan Bahan-bahan

Pertama-tama, sobat sederhana harus menyiapkan semua bahan yang dibutuhkan seperti kain flanel, arang aktif, potongan bambu dan juga sekop untuk mengisi arang aktif ke dalam kain flanel.

2.2. Langkah Kedua: Potong Kain Flanel

Potong kain flanel menjadi dua lembar dengan ukuran yang sama, sebesar 20×20 cm.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Trafo Sederhana

2.3. Langkah Ketiga: Isi Arang Aktif ke dalam Kain Flanel

Isi arang aktif ke dalam kain flanel yang telah dipotong dengan menggunakan sekop. Pastikan Anda mengisi kain flanel dengan arang aktif hingga tertutup rapat.

2.4. Langkah Keempat: Rapatkan Kain Flanel

Rapatkan kain flanel yang telah diisi arang aktif hingga membentuk bola kecil yang terbungkus kain flanel tersebut.

2.5. Langkah Kelima: Pertemukan Kain Flanel

Setelah itu, pertemukan kedua kain flanel yang telah diisi arang aktif hingga membentuk bola besar.

2.6. Langkah Keenam: Susun Bahan Pembersih Udara

Susun bahan pembersih udara dengan memasukkan potongan bambu ke dalam kedua bola besar kain flanel yang telah terisi arang aktif.

2.7. Langkah Ketujuh: Rapatkan Kain Flanel Kembali

Rapatkan kembali kedua bola besar kain flanel berisi arang aktif hingga membentuk bentuk bola besar yang terbungkus potongan bambu.

3. Cara Menggunakan Pembersih Udara Sederhana

3.1. Simpan Pembersih Udara di Dalam Ruangan

Setelah berhasil membuat pembersih udara sederhana, selanjutnya simpanlah pembersih udara tersebut di dalam ruangan. Pastikan posisi pembersih udara tepat berada di tempat yang mudah dijangkau, misalnya di meja kerja atau di meja belajar.

3.2. Ganti Arang Aktif

Arang aktif yang ada di dalam bola kain flanel perlu diganti setiap dua sampai tiga bulan sekali jika sudah tidak dapat menyerap polutan udara dengan efektif. Ketika menambah atau mengganti arang aktif, Sobat Sederhana harus mengulangi langkah 2-7 pada bagian kedua dari tutorial ini.

4. FAQ

4.1. Apa Bahan yang Dapat Digunakan Selain Arang Aktif?

Terdapat beberapa bahan alami yang dapat digunakan selain arang aktif seperti tanaman lidah mertua, kaktus, dan tanaman spider plant. Jika Anda ingin mencoba menggunakan bahan alternatif ini, pastikan Anda melakukan beberapa penelitian terlebih dahulu.

TRENDING 🔥  Dua Cara yang Membuat Pesawat Sederhana Memudahkan Pekerjaan

4.2. Apakah Pembersih Udara Sederhana Mampu Membersihkan Udara Secara Total?

Tidak, pembersih udara sederhana tidak dapat membersihkan udara secara total, tetapi dapat membantu mengurangi polusi dan memperbaiki kualitas udara di dalam ruangan.

5. Kesimpulan

Dengan membuat pembersih udara sederhana sendiri, Sobat Sederhana dapat membantu membersihkan udara di dalam rumah atau kantor dari zat-zat berbahaya. Pembersih udara sederhana ini sangat mudah dibuat dan dapat digunakan untuk jangka waktu yang lama. Jangan lupa, ganti arang aktif setiap dua sampai tiga bulan sekali agar pembersih udara sederhana bekerja dengan efektif. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Membuat Pembersih Udara Sederhana