Cara Membuat Oven Sederhana dari Barang Bekas

Halo Sobat Sederhana! Apa kabar kalian hari ini? Pada kesempatan kali ini, saya ingin berbagi tentang cara membuat oven sederhana dari barang bekas. Oven ini bisa kalian gunakan untuk memanggang roti, kue, atau masakan lainnya. Selain mudah dibuat, oven ini juga sangat ramah lingkungan karena menggunakan barang bekas. Yuk, simak langkah-langkahnya!

1. Memilih Barang Bekas yang Cocok

Langkah pertama dalam membuat oven sederhana adalah memilih barang bekas yang cocok. Kalian bisa memilih oven bekas, kotak kayu bekas, atau bahkan drum bekas. Pastikan barang bekas yang kalian pilih besar dan cukup tahan panas.

Setelah itu, bersihkan barang bekas tersebut dengan baik sehingga tidak ada kotoran atau benda asing di dalamnya. Jangan lupa juga untuk memastikan barang bekas tersebut tidak berkarat atau rusak parah.

2. Menyiapkan Alat dan Bahan

Selain barang bekas, kalian juga perlu menyiapkan beberapa alat dan bahan untuk membuat oven sederhana ini. Alat yang diperlukan adalah gunting, pisau, penggaris, kawat besi, dan cat tahan panas. Sedangkan bahan yang diperlukan adalah semen, pasir, dan batu bata.

Pastikan bahan dan alat yang kalian gunakan berkualitas agar hasil akhirnya maksimal dan oven tersebut aman digunakan.

3. Membuat Rangka Oven

Langkah selanjutnya adalah membuat rangka oven dari kawat besi. Gunakan penggaris dan gunting untuk memotong kawat besi sesuai dengan ukuran barang bekas yang kalian pilih. Setelah itu, bentuk kawat besi menjadi rangka oven yang sesuai dengan bentuk barang bekas tersebut.

Setelah rangka oven selesai dibuat, pasang kawat besi tersebut di dalam barang bekas dengan jarak sekitar 5 cm dari dinding agar ada ruang udara di dalamnya.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Tahu Tek Tek Sederhana

4. Membuat Dinding Oven

Setelah rangka oven selesai, kalian bisa mulai membuat dinding oven dengan menggunakan semen, pasir, dan batu bata. Campurkan semen dan pasir dengan perbandingan 1:3 hingga tercampur rata. Setelah itu, oleskan campuran semen tersebut pada rangka oven dan biarkan kering selama beberapa jam.

Setelah campuran semen mengering, kalian bisa mulai memasang batu bata pada dinding oven menggunakan campuran semen yang sama. Usahakan untuk menyusun batu bata tersebut secara rapi dan simetris agar oven terlihat lebih estetik.

5. Memasang Pintu Oven

Setelah dinding oven selesai dibuat, kalian bisa memasang pintu oven. Gunakan pintu oven bekas atau buat pintu oven baru dari kayu bekas atau kawat besi yang dilapisi dengan cat tahan panas. Pasang pintu oven tersebut dengan engsel agar mudah dibuka dan ditutup.

Setelah pintu oven terpasang, oven sederhana dari barang bekas kalian sudah siap digunakan! Tinggal nyalakan api di dalamnya dan mulai memanggang!

FAQ

Pertanyaan
Jawaban
1. Apakah oven sederhana ini aman digunakan?
Asalkan kalian membuat oven ini dengan teliti dan menggunakan bahan dan alat yang berkualitas, oven sederhana ini cukup aman digunakan. Namun, tetap berhati-hati saat menggunakan oven ini.
2. Bisakah oven sederhana ini digunakan untuk memanggang apa saja?
Ya, oven sederhana ini bisa digunakan untuk memanggang roti, kue, atau masakan lainnya.
3. Apakah oven sederhana ini ramah lingkungan?
Ya, oven sederhana ini sangat ramah lingkungan karena menggunakan barang bekas sebagai bahan pembuatannya.

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Membuat Oven Sederhana dari Barang Bekas