Cara Membuat Oven Kerupuk Sederhana

Sobat Sederhana, siapa yang tidak suka dengan kerupuk? Makanan ringan yang satu ini memang menjadi favorit banyak orang. Kerupuk umumnya diolah dengan cara digoreng, namun tahukah Sobat bahwa ada cara lain untuk membuat kerupuk yang lebih sehat dan hemat minyak? Ya, Sobat bisa membuat oven kerupuk sendiri di rumah dengan mudah. Berikut adalah cara membuat oven kerupuk sederhana yang bisa Sobat buat sendiri di rumah.

1. Persiapan Bahan dan Alat

Sebelum memulai proses pembuatan oven kerupuk, tentu saja Sobat harus menyiapkan bahan dan alat terlebih dahulu. Berikut adalah beberapa bahan dan alat yang diperlukan:

Bahan
Alat
Loyang
Braket kayu
Aluminium foil
Alat pemotong
Bambu wulung
Kayu bakar
Kain katun

2. Membuat Rak atau Braket Kayu

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuat rak atau braket kayu untuk menopang loyang. Sobat bisa menggunakan kayu atau bambu sebagai bahan bakunya. Potong bahan tersebut dengan ukuran yang diinginkan, lalu sambungkan potongan kayu atau bambu tersebut dengan paku atau sekrup. Pastikan rak atau braket kayu yang Sobat buat kuat dan kokoh agar tidak mudah roboh saat digunakan.

Mengukur ukuran loyang

Sebelum membuat rak atau braket kayu, Sobat harus terlebih dahulu mengukur ukuran loyang yang akan digunakan. Setelah itu, buatlah rak atau braket kayu dengan ukuran yang sesuai dengan ukuran loyang tersebut.

Mengukur jarak antara braket kayu

Jarak antara braket kayu akan menentukan seberapa besar jarak antara loyang dan kayu bakar yang akan digunakan. Jika Sobat ingin membuat oven kerupuk yang lebih kecil, jarak antara braket kayu harus lebih kecil. Namun, jika Sobat ingin membuat oven kerupuk yang lebih besar, jarak antara braket kayu harus lebih besar.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Koloke Ayam Sederhana

Memasang braket kayu ke kayu bakar

Sobat bisa memasang braket kayu ke kayu bakar yang sudah disiapkan sebelumnya. Pastikan braket kayu terpasang dengan kokoh supaya tidak mudah goyah saat penggunaan.

3. Membuat Lapisan Aluminium Foil

Lapisan aluminium foil berguna untuk menahan panas pada loyang. Sobat bisa memotong aluminium foil dengan ukuran yang sama dengan ukuran loyang yang telah Sobat siapkan. Kemudian, sobek aluminium foil dan tempelkan pada permukaan loyang. Pastikan semua bagian loyang tertutupi aluminium foil dengan rapi.

Membentuk loyang

Agar oven kerupuk lebih sempurna, Sobat bisa membentuk loyang agar saling menempel dan tidak ada celah yang terbuka. Hal ini akan membantu agar panas dari kayu bakar lebih optimal menyebar pada loyang sehingga kerupuk bisa matang sempurna.

Kain katun sebagai filter udara

Lapisan kain katun berguna sebagai filter udara pada oven kerupuk. Sobat bisa memotong kain katun dengan ukuran yang sama dengan ukuran loyang yang telah Sobat siapkan. Kemudian, lipat kain katun dengan bentuk segitiga dan tempelkan pada bagian bawah oven kerupuk. Pastikan kain katun tersebut tidak menutupi api pada kayu bakar.

4. Membuat Bakaran Kayu

Bakaran kayu berfungsi sebagai sumber panas pada oven kerupuk. Sobat bisa menggunakan kayu bakar yang telah tersedia di rumah atau membelinya di pasar tradisional. Pastikan kayu bakar yang Sobat gunakan kering dan tidak basah atau berair.

Memangkas kayu bakar

Kayu bakar yang terlalu besar akan sulit untuk dibakar dan akan memerlukan waktu lama untuk menghasilkan panas yang optimal. Oleh karena itu, Sobat bisa memangkas kayu bakar menjadi ukuran yang lebih kecil agar lebih mudah terbakar dan menghasilkan panas yang lebih besar.

TRENDING 🔥  Cara Sederhana Menghitung Keuntungan

Menyusun kayu bakar

Susun kayu bakar dengan rapi pada braket kayu yang tadi telah dipasang. Pastikan jarak antara kayu bakar dan loyang cukup untuk menghindari kerusakan pada loyang.

5. Memulai Proses Pembuatan Kerupuk

Setelah semua persiapan telah dilakukan, Sobat bisa mulai membuat kerupuk dengan oven yang telah dibuat. Berikut adalah cara membuat kerupuk menggunakan oven kerupuk sederhana:

Menyiapkan adonan kerupuk

Meskipun menggunakan oven kerupuk, Sobat tetap harus membuat adonan kerupuk yang akan dibakar di dalam oven. Sobat bisa membuat adonan kerupuk dengan bahan seperti tepung tapioka, air, dan rempah-rempah sesuai selera. Setelah adonan jadi, Sobat bisa membentuk adonan tersebut menjadi kerupuk yang siap untuk dibakar.

Memasukkan kerupuk ke dalam oven

Masukkan kerupuk yang telah dibentuk ke dalam loyang yang telah disiapkan. Jangan menumpuk kerupuk satu sama lain agar kerupuk bisa matang dengan sempurna.

Membakar kerupuk

Bakar kerupuk dengan api yang tidak terlalu besar. Hal ini bertujuan agar kerupuk tidak mudah hangus. Sobat bisa memutar loyang saat proses pembakaran agar kerupuk matang dengan sempurna dan merata.

Menunggu hingga matang

Tunggu hingga kerupuk matang dengan sempurna. Hal ini bisa dilihat dari warna kerupuk yang berubah menjadi lebih kuning dan berlubang-lubang seperti kerupuk pada umumnya. Setelah matang, angkat kerupuk dari oven dan biarkan dingin sejenak.

Simpan kerupuk dalam wadah kedap udara

Setelah kerupuk dingin, Simpan kerupuk dalam wadah kedap udara agar tidak mudah basi dan tetap renyah.

Frequently Asked Questions (FAQ)

1. Apa keuntungan membuat oven kerupuk sendiri?

Membuat oven kerupuk sendiri bisa memberikan keuntungan seperti hemat minyak, lebih sehat, dan juga lebih murah dibandingkan dengan membeli kerupuk di pasar tradisional.

TRENDING 🔥  Cara Sederhana Tes Kebugaran Jasmani

2. Apa jenis kayu bakar yang bisa digunakan untuk membuat oven kerupuk?

Sobat bisa menggunakan kayu bakar jenis apa saja, asalkan tidak terlalu basah atau berair. Kayu bakar yang cocok untuk membuat oven kerupuk antara lain kayu akasia, kayu jati, atau kayu sengon.

3. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk membuat kerupuk menggunakan oven kerupuk sederhana?

Waktu yang dibutuhkan tergantung pada banyak faktor seperti jumlah kerupuk yang dibuat, besar kecilnya oven kerupuk, dan seberapa besar api yang digunakan. Namun, secara umum waktu yang dibutuhkan untuk membuat kerupuk menggunakan oven kerupuk sederhana adalah sekitar 1-2 jam.

4. Apakah bisa membuat kerupuk dengan oven kerupuk sederhana tanpa kain katun?

Ya, bisa. Namun, kain katun berguna untuk menyaring udara agar kerupuk lebih matang secara merata dan tidak terbakar. Tanpa kain katun, hasil pembuatan kerupuk mungkin tidak merata.

5. Apa yang harus dilakukan jika oven kerupuk terlalu panas atau api terlalu besar?

Sobat bisa mengatur jarak antara kayu bakar dan loyang agar panas yang dihasilkan tidak terlalu besar. Jika oven terlalu panas, Sobat juga bisa mengurangi jumlah kayu bakar yang digunakan. Selalu periksa kondisi oven kerupuk dan jangan biarkan api terlalu besar.

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya

Cara Membuat Oven Kerupuk Sederhana