Cara Membuat Nugget Sederhana

Halo Sobat Sederhana! Apakah kalian suka dengan nugget? Yuk, kita belajar cara membuat nugget sederhana dan nikmati makanan yang enak ini di rumah. Dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan lengkap untuk membuat nugget yang lezat dan bergizi. Siapkan bahan-bahan dan mari kita mulai!

1. Bahan-bahan

Ada beberapa bahan yang perlu disiapkan, yaitu:

Bahan
Jumlah
Daging ayam giling
250 gram
Kentang
2 buah, kukus dan haluskan
Wortel
1 buah, parut halus
Bawang bombay
1 buah, cincang halus
Bawang putih
2 siung, cincang halus
Telur
1 butir, kocok lepas
Tepung panir
secukupnya
Garam
secukupnya
Lada hitam
secukupnya
Bahan pelengkap (saus tomat, saus sambal, mayones, dll)
sesuai selera

Pastikan semua bahan telah disiapkan sebelum memulai proses pembuatan.

2. Cara Membuat

Berikut langkah-langkah untuk membuat nugget:

a. Campurkan Semua Bahan

Campurkan semua bahan ke dalam mangkuk besar, kecuali tepung panir. Aduk rata dan pastikan bahan tercampur dengan baik.

b. Bentuk Nugget

Ambil sejumput adonan dan bentuk menjadi bulat pipih atau sesuai selera. Setelah itu, gulingkan ke dalam tepung panir hingga terselimuti dengan tepung panir.

c. Goreng Nugget

Siapkan wajan dan panaskan minyak dengan api sedang. Setelah minyak panas, goreng nugget hingga kecoklatan dan matang merata. Angkat dan tiriskan.

3. FAQ

a. Apakah Nugget Sehat?

Nugget yang dibuat sendiri dengan bahan-bahan yang berkualitas dan sehat tentu lebih sehat dibandingkan nugget yang dibeli di luaran sana yang mungkin mengandung bahan kimia atau pengawet. Namun, tetap perlu diingat bahwa nugget bukanlah makanan sehat karena mengandung lemak dan garam yang tinggi apabila dikonsumsi secara berlebihan.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Tart Coklat Sederhana

b. Bisakah Nugget Dibekukan?

Ya, nugget dapat dibekukan dalam freezer. Sebelumnya, bungkus nugget dalam plastik atau wadah tertutup rapat. Untuk menghidangkan kembali, cukup goreng nugget yang masih beku hingga matang.

4. Tips & Trik

Berikut tips dan trik untuk membuat nugget yang sempurna:

a. Gunakan Daging Ayam Tanpa Lemak

Gunakan daging ayam tanpa lemak untuk mengurangi lemak dalam nugget. Daging ayam tanpa lemak juga akan membuat nugget lebih renyah dan enak.

b. Jangan Terlalu Banyak Tepung Panir

Jangan terlalu banyak menggunakan tepung panir karena dapat membuat nugget terlalu keras dan tidak enak. Cukup gulingkan sekali pada tepung panir agar nugget terbalut dengan baik.

c. Goreng Dengan Api Sedang

Goreng nugget dengan api sedang agar matang merata dan tidak mudah gosong. Apabila api terlalu besar, nugget akan gosong di luar tapi belum matang di dalam.

5. Penutup

Itulah tadi cara membuat nugget sederhana yang enak dan bergizi. Dengan resep ini, kalian dapat membuat nugget sendiri di rumah dengan mudah dan cepat. Selamat mencoba dan nikmati makanan lezat ini bersama keluarga tercinta. Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Membuat Nugget Sederhana