Cara Membuat Nasi Kuning Tumpeng Sederhana

Halo Sobat Sederhana, kali ini kita akan belajar cara membuat nasi kuning tumpeng sederhana. Nasi kuning tumpeng merupakan salah satu jenis nasi tumpeng yang sangat populer di Indonesia. Berbentuk kerucut dengan nasi yang kuning berseri dan dihiasi lauk pauk beraneka ragam, nasi kuning tumpeng selalu menjadi sajian yang istimewa dalam acara-acara adat, pernikahan, dan perayaan lainnya. Nah, untuk Sobat Sederhana yang ingin mencoba membuat nasi kuning tumpeng sendiri di rumah, berikut adalah panduan lengkapnya.

Bahan-bahan yang Diperlukan

Untuk membuat nasi kuning tumpeng sederhana, Sobat Sederhana akan membutuhkan beberapa bahan berikut:

Bahan
Jumlah
Beras
2 gelas
Kunyit yang telah diparut
3 sendok makan
Air
2 1/2 gelas
Santan kental
1/2 gelas
Daun pandan
3 lembar
Garam
sejumput
Minyak goreng
secukupnya
Lauk pauk (opsional)
sesuai selera

Cara Membuat Nasi Kuning Tumpeng Sederhana

1. Bersihkan beras

Pertama-tama, bersihkan beras dengan mencucinya sampai air cucian bening. Kemudian, tiriskan beras selama beberapa saat hingga airnya benar-benar terserap.

2. Campurkan kunyit ke dalam beras

Selanjutnya, campurkan kunyit yang telah diparut ke dalam beras dan aduk rata. Pastikan kunyit tercampur merata dengan beras.

3. Tambahkan air dan santan

Tuangkan air dan santan ke dalam beras yang telah dicampurkan dengan kunyit. Masukkan juga daun pandan untuk memberikan aroma yang harum pada nasi kuning tumpeng. Aduk rata beras dan bumbu dengan menggunakan sendok kayu atau spatula.

4. Masak nasi hingga matang

Panaskan rice cooker, lalu masukkan beras yang telah dicampurkan dengan bumbu tadi. Tambahkan sejumput garam dan aduk rata. Setelah itu, tutup rice cooker dan nyalakan tombol “cook”. Tunggu hingga nasi matang dan kering.

TRENDING 🔥  Cara Update Sederhana pada Codeigniter

5. Bentuk nasi kuning tumpeng

Setelah nasi matang, ambil satu mangkuk kecil yang dilapisi dengan plastik. Letakkan nasi kuning tumpeng di dalam mangkuk dan tekan-tekan hingga rapat. Kemudian, balikkan mangkuk hingga nasi berbentuk kerucut seperti tumpeng.

6. Hias nasi kuning tumpeng dengan lauk pauk

Terakhir, hias nasi kuning tumpeng dengan berbagai lauk pauk sesuai selera, seperti ayam goreng, telur dadar, sambal goreng hati, empal, sayur lodeh, dan masih banyak lagi. Nasi kuning tumpeng siap dihidangkan.

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Bolehkah menggunakan beras yang sudah dicuci sehari sebelumnya?

Tidak disarankan. Untuk mendapatkan nasi kuning tumpeng yang lezat dan tidak cepat basi, sebaiknya gunakan beras yang dicuci dan dimasak pada hari yang sama.

2. Apakah nasi kuning tumpeng dapat disimpan dalam kulkas?

Dapat, namun nasi kuning tumpeng sebaiknya disimpan dalam wadah yang tertutup rapat dan dimasukkan ke dalam kulkas hanya untuk sementara waktu. Hindari menyimpannya terlalu lama karena nasi akan menjadi keras dan tidak lezat.

3. Apa yang membuat nasi kuning tumpeng berbeda dengan nasi goreng biasa?

Nasi kuning tumpeng memiliki rasa lebih gurih dan lezat karena dibumbui dengan kunyit dan santan. Selain itu, bentuknya yang kerucut dan dihias dengan berbagai lauk pauk membuatnya lebih istimewa dibandingkan dengan nasi goreng biasa.

Kesimpulan

Itulah panduan lengkap cara membuat nasi kuning tumpeng sederhana. Sangat mudah, bukan? Sekarang Sobat Sederhana bisa mencoba membuatnya sendiri di rumah. Selamat mencoba!

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Cara Membuat Nasi Kuning Tumpeng Sederhana