Cara Membuat Nasi Goreng Sederhana di Rumah

Halo Sobat Sederhana, selamat datang di artikel kami kali ini yang akan membahas tentang cara membuat nasi goreng sederhana di rumah. Nasi goreng adalah salah satu makanan yang sangat populer di Indonesia dan juga di luar negeri. Biasanya nasi goreng disajikan sebagai menu sarapan atau bisa juga sebagai menu makan siang atau malam. Nah, di artikel kali ini kita akan mengajarkan cara membuat nasi goreng yang mudah dan praktis di rumah. Selamat membaca!

1. Pendahuluan

Sebelum kita mulai membuat nasi goreng, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan terlebih dahulu. Pastikan kita memiliki bahan-bahan yang diperlukan dan juga peralatan yang dibutuhkan. Untuk membuat nasi goreng sederhana, bahan-bahan yang dibutuhkan cukup mudah didapatkan di pasar atau toko bahan makanan terdekat. Berikut adalah bahan-bahan yang diperlukan:

Bahan-bahan
Jumlah
Keterangan
Nasi putih
2 piring
Gunakan nasi yang sudah dingin atau semalam di lemari es
Telur
2 butir
Kocok lepas
Bawang putih
3 siung
Cincang halus
Bawang merah
3 siung
Cincang halus
Cabe merah besar
2 buah
Iris serong
Minyak goreng
Secukupnya
Untuk menumis bumbu dan telur
Garam
Secukupnya
Untuk menambah rasa
Maggie saos tiram
1 sachet
Untuk menambah cita rasa
Daun bawang
Secukupnya
Iris halus
Kecap manis
Secukupnya
Untuk menambah cita rasa

2. Cara Membuat Nasi Goreng Sederhana di Rumah

2.1. Siapkan dan Tumis Bumbu Nasi Goreng

Pertama-tama, panaskan minyak goreng di wajan dengan api sedang. Setelah itu, tumis bawang putih dan bawang merah hingga harum dan matang. Kemudian, masukkan irisan cabe merah besar. Aduk-aduk hingga cabe merah besar tercampur rata dengan bumbu tumisan. Tambahkan juga maggie saos tiram untuk menambah citarasa nasi goreng.

TRENDING 🔥  Cara Sederhana Memisahkan Emas dari Pasir

2.2. Tambahkan Telur ke dalam Wajan

Selanjutnya, masukkan telur yang sudah dikocok ke dalam wajan. Aduk-aduk hingga telur matang dan berubah menjadi serpihan-serpihan kecil.

2.3. Masukkan Nasi ke dalam Wajan

Setelah bumbu dan telur matang, masukkan nasi putih yang sudah dingin atau semalam di lemari es ke dalam wajan. Aduk-aduk nasi hingga tercampur rata dengan bumbu dan telur. Pastikan semua bahan tercampur dengan sempurna.

2.4. Tambahkan Garam dan Kecap Manis

Selanjutnya, tambahkan garam secukupnya dan kecap manis ke dalam wajan. Aduk-aduk hingga semua bahan tercampur rata. Bila perlu, bisa menambahkan bahan lain seperti sayuran atau daging untuk menambah variasi rasa nasi goreng.

2.5. Taburi dengan Daun Bawang

Setelah nasi goreng matang dan tercampur rata dengan bumbu dan telur, matikan api dan taburi dengan daun bawang yang sudah diiris halus. Nasi goreng sederhana pun siap disajikan.

3. Pertanyaan yang Sering Diajukan tentang Cara Membuat Nasi Goreng Sederhana

3.1. Apakah Nasi yang Digunakan Harus Dingin?

Iya, sebaiknya menggunakan nasi yang sudah dingin atau semalam di lemari es. Nasi yang dingin akan lebih mudah diolah, dan tidak akan lengket saat digoreng.

3.2. Apakah Boleh Menambahkan Bahan Lain ke dalam Nasi Goreng?

Tentu saja, bisa menambahkan bahan lain seperti sayuran atau daging untuk menambah variasi rasa nasi goreng. Namun, pastikan bahan-bahan tersebut sudah matang agar tidak mengganggu kelezatan nasi goreng.

3.3. Berapa Lama Waktu yang Dibutuhkan untuk Membuat Nasi Goreng Sederhana?

Waktu yang dibutuhkan sekitar 15-20 menit tergantung pada ketrampilan memasak dan jumlah bahan yang digunakan. Namun, proses memasak lebih cepat jika bahan-bahan sudah disiapkan terlebih dahulu.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Viewpage Sederhana di Android Studio

3.4. Apakah Nasi Goreng Sederhana Ini Cocok untuk Sarapan atau Makan Siang?

Ya, nasi goreng bisa disajikan sebagai menu sarapan, makan siang, atau malam. Namun, biasanya nasi goreng lebih cocok disajikan sebagai menu sarapan atau makan siang untuk memberikan energi yang cukup saat beraktivitas.

3.5. Apakah Nasi Goreng Ini Bisa Disimpan di Kulkas?

Bisa, tetapi sebaiknya disajikan saat masih hangat agar cita rasa lebih terasa. Jika ingin menyimpan nasi goreng di kulkas, pastikan disimpan dalam wadah kedap udara dan segera masukkan ke dalam kulkas setelah dingin.

4. Kesimpulan

Dengan menggunakan bahan-bahan yang cukup sederhana dan mudah didapatkan, kita bisa membuat nasi goreng sederhana yang lezat di rumah. Ikuti langkah-langkah yang sudah dijelaskan di atas dan jangan lupa untuk menambahkan bahan-bahan lain jika ingin variasi rasa yang lebih banyak. Semoga resep nasi goreng sederhana ini berguna bagi Sobat Sederhana dan dapat menjadi menu sarapan atau makan siang yang menyehatkan dan mengenyangkan. Selamat mencoba!

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Cara Membuat Nasi Goreng Sederhana di Rumah