Cara Membuat Nakas Sederhana untuk Sobat Sederhana

Halo Sobat Sederhana! Sudahkah kalian mempunyai tempat penyimpanan yang cukup di rumah? Jika belum, Anda dapat mencoba membuat nakas sederhana yang bisa menjadi solusinya. Nakas merupakan sebuah perabot yang berfungsi untuk menyimpan barang-barang yang biasanya dibutuhkan saat tidur atau saat di dalam kamar. Berikut ini adalah cara mudah untuk membuat nakas sederhana.

Bahan dan Perlengkapan yang Dibutuhkan

Sebelum memulai membuat nakas sederhana, Sobat Sederhana harus menyiapkan beberapa bahan dan perlengkapan. Berikut ini daftar bahan dan perlengkapan yang dibutuhkan:

1.
Kayu Triplek
Ukuran 120 x 60 cm
2.
Tabung PVC
Diameter 10 cm, panjang 75 cm
3.
Paralon PVC
Diameter 2,5 cm, panjang 60 cm
4.
Plat Besi
Ukuran 10 x 30 cm
5.
Engsel
Ukuran 2 inch
6.
Gembok
Ukuran kecil
7.
Paku
Ukuran 2 inch
8.
Sekrup
Ukuran 1 inch
9.
Lem Kayu
Ukuran kecil
10.
Kain Perca
Ukuran 30 x 60 cm

Setelah menyiapkan semua bahan dan perlengkapan, Sobat Sederhana siap untuk memulai membuat nakas sederhana. Simak langkah-langkahnya di bawah ini.

Langkah-langkah Membuat Nakas Sederhana

Berikut ini adalah langkah-langkah yang harus dilakukan untuk membuat nakas sederhana:

1. Potong kayu triplek

Potong kayu triplek menjadi empat bagian dengan ukuran 30 x 30 cm. Potong juga dua bagian kayu triplek dengan ukuran 30 x 60 cm. Pastikan semua potongan kayu memiliki ukuran yang sama.

2. Lubangi kayu triplek

Lubangi kayu triplek dengan diameter 10 cm di bagian atas dari dua potongan kayu yang berukuran 30 x 30 cm. Letak lubang harus di tengah-tengah kayu.

3. Potong tabung PVC

Potong tabung PVC dengan panjang 75 cm menjadi dua bagian yang sama. Potong juga paralon PVC dengan panjang 60 cm menjadi dua bagian yang sama.

TRENDING 🔥  Cara Buat Es Kepal Milo Sederhana

4. Pasang tabung dan paralon PVC

Pasang tabung PVC pada lubang yang telah dilubangi pada kayu triplek berukuran 30 x 30 cm. Letakkan tabung PVC di tengah-tengah lubang dan pastikan tabung PVC berdiri tegak lurus. Pasang juga paralon PVC pada bagian tepi lubang dan lem dengan kayu.

5. Pasang plat besi

Pasang plat besi pada bagian dalam kayu triplek berukuran 30 x 30 cm di atas tabung PVC. Pasang juga engsel pada bagian tepi yang bersebrangan dengan plat besi, kemudian pasang kedua kayu triplek berukuran 30 x 30 cm pada engsel. Pastikan kedua kayu triplek berdiri tegak lurus dan terpasang dengan baik.

6. Pasang kedua kayu triplek berukuran 30 x 60 cm

Pasangkan kedua kayu triplek berukuran 30 x 60 cm pada bagian yang telah terpasang engsel. Pastikan kedua kayu triplek terpasang dengan baik dan pada posisi yang sejajar.

7. Pasang gembok

Pasang gembok pada bagian engsel yang lainnya. Pastikan gembok berfungsi dengan baik dan rapat.

8. Beri sentuhan terakhir

Tutup permukaan kayu triplek dengan kain perca dan jahit dengan rapi. Beri sentuhan terakhir dengan menambahkan aksesoris atau hiasan sesuai dengan selera.

Nakas sederhana Sobat Sederhana sudah selesai dibuat. Anda dapat menempatkan nakas di mana saja di dalam kamar tidur. Nakas ini sangat praktis dan dapat digunakan untuk menyimpan berbagai macam barang seperti buku-buku, sandal, atau pakaian tidur. Selamat mencoba!

FAQ

1. Apakah nakas sederhana bisa dibuat dengan bahan lain?

Iya, nakas sederhana bisa dibuat dengan bahan lain seperti kayu jati atau kayu mahoni. Namun, bahan-bahan tersebut cenderung lebih mahal dibandingkan dengan kayu triplek.

2. Apakah nakas sederhana cukup kuat untuk menopang barang-barang berat?

Nakas sederhana ini cukup kuat untuk menopang barang-barang seperti buku atau pakaian tidur. Namun, jika ingin menopang barang-barang yang lebih berat, sebaiknya menggunakan kayu yang lebih tebal atau menambahkan beberapa penyangga tambahan.

TRENDING 🔥  Cara Mendekorasi Kamar dengan Bahan Sederhana

3. Berapa biaya yang dibutuhkan untuk membuat nakas sederhana?

Biaya yang dibutuhkan untuk membuat nakas sederhana cukup terjangkau, sekitar Rp 150.000 – Rp 200.000. Harga tersebut bisa berbeda tergantung dari daerah masing-masing dan harga bahan-bahan yang dibeli.

4. Apakah dibutuhkan keahlian khusus untuk membuat nakas sederhana?

Tidak, pembuatan nakas sederhana ini cukup mudah dan tidak memerlukan keahlian khusus. Namun, jika Anda ingin membuat nakas dengan desain yang lebih rumit atau menggunakan bahan yang lebih bervariasi, sebaiknya mencari informasi dan panduan yang lebih detail terlebih dahulu.

5. Apakah nakas sederhana bisa dihias atau diubah desainnya?

Tentu saja! Nakas sederhana bisa dihias atau diubah desainnya sesuai dengan selera. Anda dapat menambahkan aksesoris atau hiasan seperti stiker atau lukisan untuk membuat nakas terlihat lebih menarik.

Semoga Bermanfaat dan Sampai Jumpa di Artikel Menarik Lainnya

Cara Membuat Nakas Sederhana untuk Sobat Sederhana