Cara Membuat Mobil Listrik Sederhana

Hello Sobat Sederhana, saat ini teknologi kendaraan listrik semakin berkembang dan menjadi pilihan banyak orang karena bersifat ramah lingkungan dan hemat energi. Namun, tidak semua orang bisa atau mampu membeli mobil listrik yang harganya masih cukup mahal. Oleh karena itu, pada artikel kali ini kami akan memberikan panduan tentang cara membuat mobil listrik sederhana yang dapat Anda coba sendiri di rumah.

1. Alat dan Bahan yang Diperlukan

Sebelum mulai membuat mobil listrik sederhana, pastikan Anda telah menyiapkan alat dan bahan yang diperlukan. Berikut ini adalah daftar peralatan dan bahan yang diperlukan:

Peralatan
Bahan
Obeng
Baterai 12V
Gunting
Motor DC 12V
Pisau cutter
Karoseri mobil mini bekas
Paku
Controller motor DC
Timah solder
Inverter DC to AC

Setelah semua alat dan bahan siap, kita bisa langsung memulai membuat mobil listrik sederhana.

2. Membuat Kerangka Mobil

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuat kerangka mobil. Anda bisa menggunakan karoseri mobil mini bekas sebagai bahan dasar. Potong bagian depan dan belakang mobil hingga menjadi dua bagian yang terpisah. Kemudian, potong juga bagian samping mobil sesuai dengan ukuran yang Anda inginkan.

Setelah semua potongan selesai, gabungkan kembali bagian-bagian mobil menggunakan paku atau lem. Pastikan kerangka mobil sudah kokoh dan tidak mudah bergoyang.

3. Memasang Motor Listrik dan Baterai

Setelah kerangka mobil selesai dibuat, selanjutnya kita harus memasang motor listrik dan baterai. Pasang motor di bagian bawah kerangka mobil, tepatnya di bawah kursi pengemudi. Kemudian, pasang juga baterai di bagian depan kerangka mobil.

Jangan lupa untuk menghubungkan motor listrik dengan baterai menggunakan kabel yang cukup panjang. Pastikan juga kabel terpasang dengan kuat agar tidak mudah lepas atau bergeser.

TRENDING 🔥  Cara Menata Kamar Tidur Sederhana dan Sempit

4. Memasang Controller Motor dan Inverter DC to AC

Selanjutnya, kita harus memasang controller motor dan inverter DC to AC. Controller motor berfungsi untuk mengontrol kecepatan mobil, sedangkan inverter DC to AC berfungsi untuk mengubah arus DC dari baterai menjadi arus AC yang dibutuhkan oleh motor listrik.

Pasang controller motor dan inverter DC to AC di bawah kursi pengemudi. Pastikan keduanya terpasang dengan kuat dan terhubung dengan benar.

5. Memasang Roda dan Kemudi

Setelah semua sistem elektrik terpasang dengan baik, selanjutnya kita bisa memasang roda dan kemudi. Pasang roda di bagian depan dan belakang kerangka mobil. Kemudian, pasang juga kemudi di bagian depan mobil.

Pastikan roda dan kemudi terpasang dengan kuat dan terhubung dengan benar. Setelah semua selesai dipasang, mobil listrik sederhana sudah siap digunakan.

Frequently Asked Questions (FAQ)

1. Berapa harga total untuk membuat mobil listrik sederhana?

Harga total untuk membuat mobil listrik sederhana tergantung pada masing-masing orang karena bisa berbeda-beda tergantung dari kualitas bahan dan alat yang digunakan. Namun, secara garis besar, harga total untuk membuat mobil listrik sederhana berkisar antara 10-20 juta rupiah.

2. Berapa jarak tempuh maksimal dari mobil listrik sederhana ini?

Jarak tempuh maksimal dari mobil listrik sederhana tergantung pada kapasitas baterai yang digunakan. Dengan menggunakan baterai 12V, mobil listrik sederhana ini bisa menempuh jarak sekitar 20-30 km dengan kecepatan rata-rata 30 km/h.

3. Apakah bisa mengisi ulang baterai mobil listrik sederhana ini menggunakan listrik rumah biasa?

Ya, Anda bisa mengisi ulang baterai mobil listrik sederhana ini menggunakan listrik rumah biasa. Namun, pastikan menggunakan charger yang sesuai dengan kapasitas baterai dan jangan meninggalkan proses pengisian ulang terlalu lama karena bisa menyebabkan kerusakan pada baterai.

TRENDING 🔥  Cara Bikin Kompresor Sederhana dari Botol Aqua

4. Apakah mobil listrik sederhana ini aman digunakan?

Ya, mobil listrik sederhana ini aman digunakan asalkan dirancang dan dipasang dengan benar. Pastikan seluruh sistem elektrik terpasang dengan kuat dan terhubung dengan benar. Selain itu, pastikan juga menggunakan bahan dan alat yang berkualitas untuk menghindari risiko kecelakaan atau kerusakan pada mobil.

5. Apakah mobil listrik sederhana ini harus memnuhi standar yang berlaku?

Sebagai kendaraan bermotor, mobil listrik sederhana harus memnuhi standar yang berlaku untuk menjaga keselamatan pengemudi dan pengguna jalan lainnya. Namun, karena mobil listrik sederhana hanya dibuat untuk keperluan pribadi dan tidak dijual secara komersial, maka standar yang harus dipenuhi tidak seketat mobil listrik komersial.

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Cara Membuat Mobil Listrik Sederhana