Cara Membuat Mie Burung Dara Sederhana

Cara Membuat Mie Burung Dara Sederhana – Sobat Sederhana

Halo Sobat Sederhana, pada kesempatan kali ini kita akan membahas cara membuat mie burung dara sederhana. Mie burung dara adalah salah satu makanan yang banyak disukai oleh masyarakat Indonesia. Mie ini memiliki tekstur yang kenyal dan rasanya yang enak. Yuk, simak tutorial pembuatannya di bawah ini.

Bahan-bahan yang Diperlukan

Sebelum memulai pembuatan mie burung dara, ada beberapa bahan yang perlu kamu siapkan terlebih dahulu. Berikut adalah bahan-bahan yang diperlukan:

Bahan-bahan
Jumlah
Tepung terigu
500 gram
telur
3 butir
Air
200 ml
Minyak goreng
Secukupnya
Garam
Secukupnya

Tepung Terigu

Tepung terigu adalah bahan utama dalam pembuatan mie burung dara. Pastikan tepung terigu yang kamu gunakan berkualitas tinggi dan tidak mengandung bahan pengawet. Tepung terigu yang baik akan membuat mie burung dara lebih kenyal.

Sebelum mengolah tepung terigu, ayak terlebih dahulu tepung terigu agar tidak ada gumpalan. Jangan lupa untuk menimbang tepung terigu yang dibutuhkan agar tepung yang dihasilkan terasa pas di lidah.

Telur

Telur adalah bahan yang digunakan sebagai campuran dalam pembuatan mie burung dara. Telur akan memberikan kelembutan pada mie burung dara dan membuatnya lebih enak.

Jangan lupa untuk memilih telur yang segar agar hasilnya lebih baik. Pecahkan telur ke dalam mangkuk dan kocok hingga rata sebelum dicampur dengan tepung terigu.

Air

Air adalah bahan yang diperlukan untuk menjadikan adonan mie burung dara. Pastikan kamu menggunakan air bersih dan tidak mengandung kotoran. Jangan terlalu banyak menggunakan air karena akan membuat mie burung dara menjadi lembek.

TRENDING 🔥  Cara Merakit Inverter DC to DC Sederhana

Minyak Goreng

Minyak goreng digunakan untuk menggoreng mie burung dara agar matang dengan baik. Kamu bisa menggunakan jenis minyak goreng apa saja yang kamu miliki, asal tidak terlalu kotor.

Pastikan juga untuk tidak terlalu banyak menggunakan minyak goreng karena akan membuat mie burung dara lebih berminyak.

Garam

Garam digunakan untuk memberikan rasa pada mie burung dara. Jangan terlalu banyak menggunakan garam karena akan membuat mie burung dara menjadi asin.

Sebaiknya, gunakan garam secukupnya agar rasanya pas di lidah.

Cara Membuat Mie Burung Dara

Setelah semua bahan sudah disiapkan, kamu bisa langsung memulai pembuatan mie burung dara. Berikut adalah cara membuat mie burung dara yang sederhana:

1. Campurkan Tepung Terigu dan Telur

Pertama-tama, campurkan tepung terigu dan telur di dalam mangkuk. Kocok hingga rata dan aduk dengan sendok kayu.

Tambahkan air sedikit demi sedikit sambil terus diaduk hingga adonan tercampur rata dan tidak ada gumpalan.

2. Diamkan Adonan

Setelah adonan tercampur rata, diamkan selama 30 menit agar adonan menjadi lebih kenyal. Tutup adonan menggunakan plastik wrap agar terhindar dari debu dan kotoran.

3. Bentuk Adonan

Setelah adonan terbentuk, ambil sejumput adonan lalu giling menggunakan mesin mie atau bisa juga menggunakan rolling pin.

Jangan terlalu tipis karena nanti akan menjadi rapuh. Setelah digiling, bentuk adonan menjadi bulatan-bulatan kecil dan diamkan selama 10 menit agar mie burung dara tidak lengket.

4. Rebus Mie Burung Dara

Setelah mie burung dara dibentuk, rebus air hingga mendidih. Setelah itu, masukkan mie burung dara ke dalam air mendidih dan aduk dengan sendok kayu agar mie tidak lengket.

TRENDING 🔥  Cara Buat Kurva Uji Regresi Linier Sederhana

Masak selama 5-7 menit hingga mie burung dara matang. Setelah matang, tiriskan mie burung dara menggunakan saringan.

5. Goreng Mie Burung Dara

Setelah mie burung dara sudah matang, goreng mie burung dara menggunakan minyak goreng yang sudah dipanaskan. Goreng hingga mie burung dara menjadi kuning kecokelatan.

Jangan terlalu banyak menggunakan minyak goreng agar mie burung dara tidak terlalu berminyak.

FAQ

1. Apakah Mie Burung Dara Sulit Dibuat?

Tidak, mie burung dara sangat mudah dibuat. Kamu hanya perlu menyediakan bahan-bahan yang diperlukan dan mengikuti tutorial di atas dengan benar.

2. Bisakah Mie Burung Dara Dibuat Tanpa Mesin Mie?

Tentu saja, kamu bisa menggunakan rolling pin atau alat giling lainnya untuk menggiling adonan mie burung dara.

3. Berapa Lama Adonan Mie Burung Dara Perlu Diamkan?

Adonan mie burung dara perlu diamkan selama 30 menit agar adonan menjadi lebih kenyal dan mudah dibentuk.

4. Apa Saja Bahan-bahan yang Diperlukan untuk Membuat Mie Burung Dara?

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat mie burung dara antara lain tepung terigu, telur, air, minyak goreng, dan garam.

5. Bagaimana Cara Menguji Kematangan Mie Burung Dara?

Untuk menguji kematangan mie burung dara, kamu bisa mencicipi mie burung dara yang sudah direbus. Jika mie burung dara sudah matang, teksturnya akan kenyal dan tidak keras.

Kesimpulan

Itulah cara membuat mie burung dara sederhana yang bisa kamu coba di rumah. Mie burung dara sangat mudah dibuat dan hasilnya enak. Jangan lupa untuk menyajikan mie burung dara dengan kuah kaldu dan bahan pelengkap lainnya seperti ayam suwir dan sayuran.

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Yoghurt Sederhana di Rumah

Cara Membuat Mie Burung Dara Sederhana