Cara Membuat Mesin Potong Triplek Sederhana

Hai Sobat Sederhana, apakah kamu sedang mencari cara membuat mesin potong triplek sederhana? Jika iya, kamu berada di tempat yang tepat. Pada artikel ini, kamu akan mempelajari langkah-langkah mudah untuk membuat mesin potong triplek sederhana. Mesin ini sangat berguna untuk memotong triplek dalam berbagai ukuran dan bentuk.

1. Bahan dan Alat yang Dibutuhkan

Sebelum memulai proses pembuatan mesin, ada beberapa bahan dan alat yang harus dipersiapkan terlebih dahulu. Berikut adalah daftar bahan dan alat yang dibutuhkan:

Bahan
Alat
Triplek
Bor
Baut dan mur
Gergaji
Penggaris
Obeng
Pen marker
Klem
Lem
Motor listrik
Kawat listrik
Pelat besi

2. Membuat Kerangka Mesin

Langkah pertama dalam membuat mesin potong triplek sederhana adalah membuat kerangka mesin. Berikut adalah langkah-langkahnya:

a. Membuat rangka dasar

Pertama, potong triplek dengan ukuran 40 x 40 cm. Kemudian, potong dua lembar triplek dengan ukuran 15 x 40 cm dan satu lembar dengan ukuran 15 x 30 cm. Pastikan ukurannya akurat dengan menggunakan penggaris dan pen marker.

Setelah itu, gunakan bor untuk membuat lubang di sisi-sisi triplek. Pasang baut dan mur pada lubang tersebut untuk menyambungkan triplek menjadi rangka dasar. Pastikan rangka dasar kuat dan stabil.

b. Membuat penyangga pelat besi

Buat dua bilah kayu dengan ukuran 5 x 20 cm dan potong menjadi empat bagian dengan panjang 40 cm. Kemudian, tempelkan masing-masing bilah kayu pada bagian samping rangka dasar dengan menggunakan lem.

Sekarang, potong pelat besi dengan ukuran 10 x 30 cm. Tempelkan pelat besi pada bilah kayu yang sudah dipasang tadi. Pastikan pelat besi berada pada posisi yang tepat agar bisa digunakan sebagai penyangga.

TRENDING 🔥  Cara Menggunakan Coreldraw untuk Mendesain Rumah Sederhana

c. Memasang motor listrik

Buat lubang pada salah satu sisi rangka dasar untuk memasang motor listrik. Tempatkan motor pada tempat yang terdapat lubang dan pasang kembali mur dan baut untuk menyambungkannya. Pastikan motor berada pada posisi yang benar dan stabil.

3. Membuat Pisau Potong

Pada tahap ini, kamu akan membuat pisau potong yang bisa digunakan untuk memotong triplek. Berikut adalah langkah-langkahnya:

a. Membuat pisau potong utama

Potong pelat besi dengan ukuran 10 x 30 cm dan tebal 2 mm. Kemudian, potong lagi pelat besi menjadi dua bagian dengan ukuran 10 x 15 cm. Tempelkan kedua pelat besi pada gergaji dengan menggunakan lem. Lubangi kedua pelat besi dengan diameter yang sama dengan diameter poros motor.

Setelah itu, buat pisau dengan potongan yang tajam pada pelat besi yang sudah dilubangi tadi. Pisau ini akan menjadi pisau utama yang akan digunakan untuk memotong triplek.

b. Membuat pisau potong tambahan

Buat pisau potong tambahan pada bilah kayu yang sudah dipasang tadi. Potong pelat besi dengan ukuran 5 x 15 cm. Tempelkan pelat besi pada bilah kayu tadi dengan menggunakan lem. Lubangi pelat besi tersebut dengan diameter yang sama dengan diameter poros motor.

Buat pisau dengan potongan yang tajam pada pelat besi yang sudah dilubangi tadi. Pisau ini akan digunakan sebagai pisau tambahan untuk memotong triplek.

4. Memasang Pisau Potong pada Mesin

Setelah membuat pisau potong, selanjutnya adalah memasangnya pada mesin. Berikut adalah langkah-langkahnya:

a. Memasang pisau potong utama

Pasang pisau potong utama pada poros motor yang sudah dipasang sebelumnya. Pastikan pisau terpasang dengan kuat dan posisinya benar. Jangan lupa untuk memasang mur dan baut pada poros motor.

TRENDING 🔥  Cara Sederhana Membuat Brosur dengan Word 2016

b. Memasang pisau potong tambahan

Pasang pisau potong tambahan pada bilah kayu yang sudah dipasang sebagai penyangga pelat besi sebelumnya. Pastikan pisau terpasang dengan kuat dan posisinya tepat. Jangan lupa untuk memasang mur dan baut pada poros motor.

5. Menguji Mesin Potong Triplek

Setelah memasang pisau potong, kamu bisa menguji mesin potong triplek yang sudah dibuat. Gunakan klem untuk mengunci triplek yang akan dipotong pada meja kerja. Nyalakan motor listrik dan pastikan pisau potong berputar dengan baik. Kemudian, geser triplek pada pisau potong dan potong sesuai dengan bentuk dan ukuran yang diinginkan.

FAQ

1. Apa yang harus dilakukan jika mesin tidak berfungsi dengan baik?

Jika mesin tidak berfungsi dengan baik, pastikan bahwa semua komponen terpasang dengan benar dan kuat. Periksa juga kelistrikan mesin dan pastikan kabel-kabel terhubung dengan baik. Jangan ragu untuk membawa mesin ke tukang kayu atau ahli mesin jika kamu tidak bisa memperbaikinya sendiri.

2. Apakah mesin potong triplek sederhana bisa digunakan untuk memotong bahan lain selain triplek?

Mesin potong triplek sederhana hanya dirancang untuk memotong triplek. Namun, bisa jadi mesin ini bisa digunakan untuk memotong bahan lain asalkan sesuai dengan ketebalan dan kekerasan bahan tersebut.

3. Apa keuntungan dari membuat mesin potong triplek sederhana sendiri?

Keuntungan dari membuat mesin potong triplek sederhana sendiri adalah kamu bisa menghemat uang dan mendapatkan pengalaman baru dalam merakit mesin. Selain itu, mesin potong triplek buatan sendiri bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan kamu sehingga bisa memberikan hasil yang lebih baik.

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Membuat Mesin Potong Triplek Sederhana