Cara Membuat Mesin Perontok Padi Sederhana

Halo Sobat Sederhana, apakah Anda sedang mencari cara membuat mesin perontok padi sederhana? Jika iya, Anda berada di tempat yang tepat. Mesin perontok padi adalah salah satu alat penting bagi petani untuk mempermudah proses pengolahan padi. Namun, mesin perontok padi yang dijual di pasaran terkadang harganya mahal. Oleh karena itu, pada artikel ini kami akan membahas cara membuat mesin perontok padi sederhana dengan bahan-bahan yang mudah didapatkan.

1. Persiapan Bahan-Bahan

Sebelum memulai pembuatan mesin perontok padi sederhana, pastikan Anda telah menyiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan. Bahan-bahan yang diperlukan antara lain:

Bahan
Jumlah
Tabung PVC
1 buah dengan diameter 30 cm
Motor listrik
1 buah
Pipa PVC
2 buah dengan diameter 5 cm dan panjang 50 cm
Karet gelang
1 meter
Baut dan mur
Sesuai kebutuhan
Plat besi
1 lembar dengan ukuran 30 cm x 20 cm

Setelah semua bahan telah tersedia, langkah selanjutnya adalah memulai proses pembuatan mesin perontok padi.

2. Pembuatan Rangka Mesin

Langkah pertama dalam pembuatan mesin perontok padi adalah membuat rangka mesin. Caranya adalah sebagai berikut:

Langkah 1: Potong tabung PVC menjadi dua bagian yang sama besar dengan menggunakan gergaji.

Langkah 2: Potong satu sisi tabung PVC yang telah dipotong menjadi dua, sehingga terbentuk lekukan pada sisi tabung PVC. Lekukan ini nantinya akan menjadi tempat masuknya padi.

Langkah 3: Buat lubang pada kedua sisi tabung PVC yang telah dipotong, kemudian pasang pipa PVC pada kedua lubang tersebut. Pipa PVC ini akan menjadi tempat keluarnya jerami dan padi yang sudah terpisah.

Langkah 4: Pasang motor listrik pada bagian bawah tabung PVC, sehingga motor listrik dapat menggerakkan mesin perontok padi.

TRENDING 🔥  Cara Sederhana Jokowi Bersihkan: Memahami Langkah Mudah untuk Merawat Kebersihan

Langkah 5: Buat rangka mesin dengan menggunakan pipa PVC dan plat besi. Rangka mesin ini akan berfungsi sebagai penyangga tabung PVC dan motor listrik. Pastikan rangka mesin dapat menopang mesin perontok padi secara kuat dan stabil.

3. Pemasangan Karet Gelang

Setelah rangka mesin selesai dibuat, langkah selanjutnya adalah memasang karet gelang pada bagian dalam tabung PVC. Karet gelang ini berfungsi sebagai penggetar yang akan membantu memisahkan padi dari jerami.

Langkah 1: Ukur lingkar dalam tabung PVC, lalu potong karet gelang dengan panjang yang sama.

Langkah 2: Pasang karet gelang pada bagian dalam tabung PVC dengan menggunakan baut dan mur. Pastikan karet gelang terpasang dengan rapat dan rapi.

4. Uji Coba Mesin Perontok Padi

Setelah semua bagian mesin perontok padi selesai dirakit, langkah selanjutnya adalah melakukan uji coba. Caranya adalah sebagai berikut:

Langkah 1: Masukkan padi yang telah dipanen ke dalam tabung PVC melalui lekukan yang telah dibuat.

Langkah 2: Nyalakan motor listrik dan biarkan mesin perontok padi berjalan selama beberapa menit.

Langkah 3: Setelah berjalan selama beberapa menit, matikan mesin perontok padi dan keluarkan padi dan jerami yang telah terpisah.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat membuat mesin perontok padi sederhana yang dapat membantu mempermudah proses pengolahan padi. Selamat mencoba!

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Berapa harga mesin perontok padi yang dijual di pasaran?

Harga mesin perontok padi yang dijual di pasaran cukup bervariasi, tergantung dari jenis dan mereknya. Namun, harga mesin perontok padi yang dijual di pasaran biasanya berkisar antara 5 juta hingga 15 juta rupiah.

2. Apakah mesin perontok padi sederhana dapat digunakan untuk skala besar?

Mesin perontok padi sederhana yang dibuat dengan bahan-bahan yang mudah didapatkan ini lebih cocok untuk digunakan pada skala kecil atau rumah tangga. Jika digunakan untuk skala besar, sebaiknya menggunakan mesin perontok padi yang profesional.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Tom Yam Sederhana

3. Berapa waktu yang dibutuhkan untuk membuat mesin perontok padi sederhana?

Waktu yang dibutuhkan untuk membuat mesin perontok padi sederhana tergantung dari keahlian dan pengalaman Anda dalam melakukan proses pembuatan. Biasanya, waktu yang dibutuhkan sekitar 1-2 hari.

4. Apakah perlu melakukan perawatan khusus pada mesin perontok padi sederhana?

Ya, mesin perontok padi sederhana juga perlu dilakukan perawatan agar dapat berfungsi dengan baik dan tahan lama. Perawatan yang dapat dilakukan antara lain membersihkan mesin secara berkala dan memeriksa keadaan karet gelang pada tabung PVC.

Semoga Bermanfaat dan Sampai Jumpa di Artikel Menarik Lainnya

Cara Membuat Mesin Perontok Padi Sederhana