Cara Membuat Mesin Perontok Jagung Sederhana

Halo Sobat Sederhana,

Saat musim panen tiba, petani seringkali kesulitan untuk memperontokkan jagung mereka. Ada banyak cara untuk melakukan perontokan jagung secara manual seperti menggunakan alat tradisional dan tenaga manusia. Namun, dengan adanya mesin perontok jagung, petani dapat mempercepat proses perontokan biji jagung secara lebih mudah dan efisien.

Nah, dalam artikel ini, saya akan membagikan informasi tentang cara membuat mesin perontok jagung sederhana yang dapat membantu memudahkan proses panen jagung. Simak terus artikel ini ya, Sobat Sederhana!

1. Mengetahui Fungsi dan Jenis Mesin Perontok Jagung

Pertama-tama, sebelum membuat mesin perontok jagung sederhana, kita perlu mengetahui fungsi dan jenis mesin perontok jagung terlebih dahulu. Mesin perontok jagung berfungsi untuk memisahkan biji jagung dari tongkolnya. Ada beberapa jenis mesin perontok jagung, seperti mesin perontok jagung otomatis dan manual.

Mesin Perontok Jagung Otomatis

Mesin perontok jagung otomatis biasanya menggunakan tenaga listrik dan dapat memperontokkan biji jagung dalam jumlah besar dalam waktu singkat. Mesin ini memiliki beberapa kelebihan seperti efisiensi dan kecepatan, namun harganya juga cukup mahal.

Mesin Perontok Jagung Manual

Mesin perontok jagung manual biasanya menggunakan tenaga manusia dan dapat digunakan dalam skala kecil. Mesin ini memiliki beberapa kelebihan seperti mudah digunakan dan lebih murah dari mesin otomatis. Namun, proses perontokan jagung dengan mesin manual memerlukan waktu dan tenaga yang lebih banyak.

2. Alat dan Bahan yang Dibutuhkan

Setelah mengetahui jenis mesin perontok jagung, kita perlu menyiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan untuk membuat mesin perontok jagung sederhana. Berikut adalah daftar alat dan bahan yang perlu disiapkan:

TRENDING 🔥  Cara Membuat Cake Sederhana Tanpa Mixer dan Oven
Alat yang Dibutuhkan
Bahan yang Dibutuhkan
  • Besi 6 meter
  • Besi 4 meter
  • Besi 2 meter
  • Besi siku 6 buah
  • Besi siku 4 buah
  • As besi 1 buah
  • Baut dan mur
  • Gergaji besi
  • Bor listrik
  • Paku besi
  • Plat besi
  • Kawat besi
  • Pipa besi
  • Besi siku
  • Engine pulley
  • Bearing block
  • Sprocket rantai
  • Rantai
  • Pasir dan semen

3. Cara Membuat Mesin Perontok Jagung Sederhana

Langkah 1

Siapkan alat dan bahan yang dibutuhkan untuk membuat mesin perontok jagung sederhana.

Langkah 2

Buatlah rangka utama mesin dengan ukuran 2 meter x 1 meter x 0.5 meter menggunakan besi 6 meter dan besi siku. Rangka utama ini akan menjadi tempat perontokan jagung.

Langkah 3

Pasanglah engine pulley dan bearing block pada rangka utama mesin. Engine pulley ini berfungsi untuk menghubungkan mesin dengan motor, sedangkan bearing block berfungsi untuk menahan beban mesin.

Langkah 4

Buatlah perontok jagung dengan menggunakan besi 4 meter dan pipa besi. Perontok jagung ini berfungsi untuk memisahkan biji jagung dari tongkolnya. Pasanglah perontok jagung ini pada rangka utama mesin.

Langkah 5

Pasanglah motor pada mesin menggunakan baut dan mur. Motor ini akan digunakan sebagai penggerak mesin perontok jagung sederhana.

Langkah 6

Pasanglah rantai dan sprocket pada mesin agar mesin dapat bergerak secara otomatis.

Langkah 7

Buatlah mesin penghasil angin untuk membersihkan sisa-sisa tongkol jagung yang menempel pada biji jagung. Mesin penghasil angin ini dapat dibuat menggunakan sisa pipa besi dan kawat besi.

4. Cara Menggunakan Mesin Perontok Jagung Sederhana

Setelah selesai membuat mesin perontok jagung sederhana, kita perlu mengetahui cara menggunakannya. Berikut adalah langkah-langkah menggunakan mesin perontok jagung sederhana:

Langkah 1

Siapkan jagung yang akan diperontokkan dan letakkan pada mesin perontok jagung sederhana.

TRENDING 🔥  Cara Sederhana Menanam Anggrek

Langkah 2

Nyalakan motor penggerak mesin perontok jagung sederhana.

Langkah 3

Biarkan mesin perontok jagung sederhana bekerja hingga semua biji jagung terpisah dari tongkolnya.

Langkah 4

Gunakan mesin penghasil angin untuk membersihkan sisa-sisa tongkol jagung yang menempel pada biji jagung.

5. FAQ

1. Berapa biaya yang dibutuhkan untuk membuat mesin perontok jagung sederhana?

Biaya yang dibutuhkan untuk membuat mesin perontok jagung sederhana tergantung pada harga bahan dan alat yang digunakan. Namun, perkiraan biaya untuk membuat mesin perontok jagung sederhana adalah sekitar 1-2 juta rupiah.

2. Apakah mesin perontok jagung sederhana bisa digunakan untuk skala besar?

Mesin perontok jagung sederhana lebih cocok digunakan untuk skala kecil atau usaha rumahan. Untuk skala besar, disarankan menggunakan mesin perontok jagung otomatis yang lebih efisien dan cepat.

3. Apakah mesin perontok jagung sederhana aman digunakan?

Mesin perontok jagung sederhana aman digunakan asalkan dibuat dengan baik dan menggunakan bahan berkualitas. Pastikan juga menggunakan alat pelindung diri seperti sarung tangan dan masker saat menggunakan mesin perontok jagung sederhana.

6. Semoga Bermanfaat dan Sampai Jumpa di Artikel Menarik Lainnya

Itulah tadi informasi tentang cara membuat mesin perontok jagung sederhana yang dapat membantu memudahkan proses panen jagung. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Sobat Sederhana yang membutuhkan. Sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Membuat Mesin Perontok Jagung Sederhana