Cara Membuat Mesin Pengering Pakaian Sederhana

Salam Sobat Sederhana, kali ini kami akan membagikan cara membuat mesin pengering pakaian sederhana yang bisa kamu buat sendiri di rumah dengan mudah. Mesin pengering pakaian adalah alat yang sangat berguna untuk mengeringkan pakaian dalam jumlah banyak dan cepat, terutama saat cuaca sedang tidak mendukung. Namun, untuk membeli mesin pengering pakaian yang berkualitas membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Oleh karena itu, kami akan memberikan tutorial ini sebagai solusi bagi Sobat Sederhana yang ingin membuat mesin pengering pakaian sendiri dengan biaya yang terjangkau. Yuk, simak cara membuatnya di bawah ini!

Bahan dan Alat yang Dibutuhkan

Pertama-tama, Sobat Sederhana harus menyiapkan bahan dan alat yang dibutuhkan untuk membuat mesin pengering pakaian sederhana ini. Bahan dan alat yang dibutuhkan antara lain:

Bahan
Alat
  • 3 buah kayu berukuran sama
  • 1 buah kain jaring
  • 2 buah engsel pintu
  • 2 buah roda
  • 1 potong pipa PVC
  • 1 buah kain tebal
  • 1 buah benang
  • 1 buah jarum
  • 1 buah pengering rambut
  • 1 buah mesin bor
  • 1 buah gergaji
  • Palu
  • Sekrup dan baut
  • Pisau cutter
  • Obeng
  • Gunting
  • Pen marker

Pastikan Sobat Sederhana sudah menyiapkan semua bahan dan alat di atas sebelum memulai langkah-langkah berikutnya.

Langkah-langkah Membuat Mesin Pengering Pakaian Sederhana

1. Membuat Rangka Kaki Mesin

Langkah pertama adalah membuat rangka kaki mesin. Caranya, pertama-tama Sobat Sederhana harus memotong kayu menjadi 4 bagian yang ukurannya sama. Kemudian, satukan kayu dengan engsel pintu sehingga membentuk rangka kaki mesin pengering. Pasang roda pada bagian bawah rangka kaki mesin supaya bisa dipindahkan dengan mudah.

2. Membuat Kerangka Mesin

Setelah rangka kaki mesin selesai dibuat, langkah selanjutnya adalah membuat kerangka mesin. Pertama-tama, pasang pipa PVC pada rangka kaki mesin, kemudian gunting kain jaring sesuai ukuran rangka pipa PVC. Pasang kain jaring pada pipa PVC dengan menggunakan benang dan jarum. Jangan lupa untuk meninggalkan beberapa ruang kosong di bagian atas dan bawah kain jaring untuk keluar masuknya udara.

TRENDING 🔥  Cara Menentukan S V O Kalimat Sederhana

3. Menyambungkan Kerangka Mesin dengan Rangka Kaki

Setelah kerangka mesin dan rangka kaki sudah jadi, selanjutnya Sobat Sederhana perlu menyambungkan kedua bagian tersebut. Caranya, pasang engsel pintu di bagian bawah rangka mesin dan di bagian atas rangka kaki, kemudian sambungkan keduanya dengan menggunakan baut dan sekrup.

4. Memasang Pengering Rambut

Setelah kerangka mesin dan rangka kaki terhubung, langkah selanjutnya adalah memasang pengering rambut. Caranya, lubangi kerangka mesin dengan mesin bor di bagian atas, kemudian masukkan pengering rambut pada lubang yang sudah dibuat tadi.

5. Menutup Bagian Depan Mesin

Langkah terakhir adalah menutup bagian depan mesin. Caranya, pasang kain tebal pada sisi depan mesin dengan menggunakan jarum dan benang. Kemudian, gunting kain tebal sesuai dengan ukuran kerangka mesin dan pasang engsel pintu pada kain tebal tersebut supaya bisa dibuka tutup.

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Berapa biaya yang dibutuhkan untuk membuat mesin pengering pakaian sederhana?

Biaya yang dibutuhkan untuk membuat mesin pengering pakaian sederhana ini tergantung pada harga bahan yang digunakan dan alat yang sudah dimiliki. Namun, secara umum biayanya cukup terjangkau dibandingkan dengan membeli mesin pengering pakaian yang sudah jadi di pasaran.

2. Apakah mesin pengering pakaian sederhana ini efektif untuk mengeringkan pakaian?

Mesin pengering pakaian sederhana ini cukup efektif untuk mengeringkan pakaian dalam jumlah kecil hingga sedang. Namun, untuk mengeringkan pakaian dalam jumlah besar mungkin perlu waktu yang lebih lama.

3. Apakah mesin pengering pakaian sederhana ini aman digunakan?

Sejauh mesin pengering pakaian sederhana ini dibuat dengan benar dan menggunakan bahan yang berkualitas, mesin pengering pakaian sederhana ini aman digunakan. Namun, pastikan untuk tidak meninggalkan mesin pengering pakaian saat digunakan dan jangan biarkan anak-anak bermain di sekitar mesin pengering pakaian.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Program Sederhana Tiket Bus Menggunakan VB 6.0

Semoga Bermanfaat dan Sampai Jumpa di Artikel Menarik Lainnya

Itulah cara membuat mesin pengering pakaian sederhana yang bisa kamu coba di rumah. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kamu bisa memiliki mesin pengering pakaian sendiri yang cukup efektif dan terjangkau. Jangan lupa hati-hati saat menggunakan mesin pengering pakaian dan pastikan bahan dan alat yang digunakan berkualitas ya, Sobat Sederhana. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Membuat Mesin Pengering Pakaian Sederhana