Cara Membuat Mesin Parut Kelapa Sederhana

Hello Sobat Sederhana! Apakah Anda pernah merasa kesulitan saat ingin membuat parutan kelapa? Jangan khawatir, dalam artikel ini kami akan membagikan cara membuat mesin parut kelapa sederhana yang bisa Anda buat sendiri di rumah tanpa perlu modal yang besar. Simak terus artikel ini ya!

1. Alat dan Bahan yang Diperlukan

Sebelum memulai pembuatan mesin parut kelapa sederhana, pastikan Anda telah menyiapkan beberapa alat dan bahan berikut:

Alat
Bahan
Motor listrik
Papan kayu
Spindle
Lem
Paku atau sekrup
Galvanis
Pisau circular saw
Plat besi
Hand drill
Penyangga kayu

Pastikan semua alat dan bahan tersebut tersedia sebelum memulai pembuatan mesin parut kelapa sederhana.

2. Membuat Rangka Mesin Parut Kelapa

Langkah pertama dalam pembuatan mesin parut kelapa sederhana adalah membuat rangka mesin. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

2.1. Persiapan

Siapkan papan kayu dengan ukuran 50cm x 50cm x 5cm. Ukuran tersebut bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Kemudian, potong plat besi dengan ukuran 30cm x 40cm x 3mm. Letakkan plat besi di atas papan kayu dan beri tanda dengan spidol pada bagian yang akan dibor.

2.2. Pembuatan Lubang

Dalam langkah ini, gunakan hand drill untuk membuat lubang pada titik-titik yang telah ditandai. Pastikan lubang yang dibuat rata dan tidak bergeser dari titik yang ditandai.

2.3. Pemasangan Spindle

Selanjutnya, masukkan spindle ke dalam lubang yang telah dibuat di papan kayu dan plat besi. Pastikan spindle terpasang dengan baik dan tidak bergeser.

2.4. Pemasangan Motor Listrik

Setelah itu, pemasang motor listrik pada papan kayu dengan menggunakan paku atau sekrup. Pastikan motor listrik terpasang dengan kuat dan stabil.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Dipan Kayu Sederhana untuk Sobat Sederhana

2.5. Pemasangan Pisau Circular Saw

Selanjutnya, pasang pisau circular saw pada spindle. Pastikan pisau tersebut terpasang dengan kuat dan stabil di spindle.

Setelah semua langkah di atas selesai dilakukan, rangka mesin parut kelapa sederhana telah selesai dibuat.

3. Pemakaian Mesin Parut Kelapa Sederhana

Untuk menggunakan mesin parut kelapa sederhana yang telah dibuat, ikuti langkah-langkah berikut:

3.1. Persiapan Kelapa

Siapkan kelapa yang akan diparut. Bersihkan kulit kelapa terlebih dahulu agar tidak mengganggu proses penggerusan kelapa.

3.2. Pengoperasian Mesin

Untuk mengoperasikan mesin parut kelapa sederhana, nyalakan motor listrik terlebih dahulu. Kemudian, masukkan kelapa ke dalam pisau circular saw secara perlahan. Pastikan tangan Anda tidak masuk ke dalam mesin saat mengoperasikan mesin parut kelapa sederhana.

3.3. Pemeriksaan Hasil Parutan Kelapa

Setelah selesai melakukan pengoperasian mesin parut kelapa sederhana, periksa hasilnya. Jika kurang halus, Anda bisa memutar kembali kelapa sesuai dengan arah putaran pisau circular saw. Setelah itu, kelapa yang telah diserut siap digunakan untuk berbagai keperluan.

4. FAQ Mengenai Mesin Parut Kelapa Sederhana

4.1. Apakah mesin parut kelapa sederhana aman digunakan?

Ya, mesin parut kelapa sederhana aman digunakan selama Anda mengikuti instruksi dan aturan penggunaannya. Pastikan Anda tidak memasukkan tangan ke dalam mesin saat mengoperasikannya.

4.2. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk membuat mesin parut kelapa sederhana?

Waktu yang dibutuhkan untuk membuat mesin parut kelapa sederhana tergantung pada kemampuan Anda dalam membuatnya dan ketersediaan alat dan bahan yang diperlukan. Namun, secara umum pembuatan mesin parut kelapa sederhana dapat diselesaikan dalam waktu satu hari.

4.3. Apa saja kegunaan dari mesin parut kelapa sederhana?

Mesin parut kelapa sederhana dapat digunakan untuk mempermudah pengolahan kelapa menjadi parutan yang halus, seperti untuk membuat santan, kelapa parut untuk kue, ataupun untuk bahan campuran masakan lainnya.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Nasi Sushi Sederhana

5. Kesimpulan

Dari pembahasan di atas, pembuatan mesin parut kelapa sederhana tidaklah sulit dan dapat dilakukan dengan mempersiapkan alat dan bahan yang diperlukan serta mengikuti langkah-langkah yang telah dijelaskan di atas. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Sobat Sederhana yang ingin mempermudah pengolahan kelapa menjadi parutan yang halus. Sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Membuat Mesin Parut Kelapa Sederhana