Cara Membuat Mesin Embun Sederhana

Halo Sobat Sederhana! Pernahkah kamu merasa kesulitan untuk menghilangkan embun pada benda-benda di sekitarmu? Mesin embun dapat membantu kamu untuk mengatasi masalah ini. Tetapi, mesin embun yang tersedia di pasaran relatif mahal. Jangan khawatir, kamu dapat membuat mesin embun sederhana dengan bahan-bahan yang mudah didapat. Berikut adalah cara membuat mesin embun sederhana yang akan kami bagikan pada artikel ini.

1. Persiapan Bahan

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah menyiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan. Berikut adalah bahan-bahan yang kamu butuhkan:

Bahan
Jumlah
Botol plastik bekas
1 buah
Es batu
1-2 gelas
Garam
1 sendok makan
Air
Secukupnya

Setelah kamu menyiapkan bahan-bahan di atas, langkah selanjutnya adalah mempersiapkan alat-alat yang dibutuhkan, yaitu gunting dan selotip.

2. Membuat Lubang pada Tutup Botol

Langkah selanjutnya adalah membuat lubang pada tutup botol. Lubang ini akan berfungsi sebagai tempat keluarnya embun. Caranya, gunting tutup botol sehingga berbentuk seperti gambar di bawah ini:

Setelah itu, letakkan selotip di sekitar lubang agar lubang tersebut tidak terlalu besar dan rapi.

3. Menyiapkan Campuran Air dan Garam

Langkah selanjutnya adalah menyiapkan campuran air dan garam. Caranya, tambahkan 1 sendok makan garam pada secangkir air dan aduk hingga garam larut sempurna. Campuran ini akan berfungsi sebagai penghantar listrik.

4. Menambahkan Es Batu pada Botol

Setelah kamu menyiapkan campuran air dan garam, langkah selanjutnya adalah menambahkan es batu pada botol. Es batu ini akan berfungsi sebagai pendingin. Kamu bisa menambahkan satu atau dua gelas es batu sesuai dengan ukuran botol yang kamu gunakan.

5. Menambahkan Campuran Air dan Garam pada Botol

Setelah kamu menambahkan es batu pada botol, langkah selanjutnya adalah menambahkan campuran air dan garam ke dalam botol. Pastikan kamu tidak mengisi botol terlalu penuh, cukup isi bagian bawah botol saja.

TRENDING 🔥  Cara Menghitung Jari Uang Sederhana

6. Menutup Botol

Setelah kamu menambahkan semua bahan pada botol, langkah selanjutnya adalah menutup botol dengan tutupnya dan pastikan kencang. Pastikan selotip yang kamu pasang pada lubang tutup juga kencang sehingga tidak ada udara yang masuk ke dalam botol.

7. Menghubungkan Botol dengan Adaptor

Langkah terakhir adalah menghubungkan botol dengan adaptor. Caranya, colokkan kabel adaptor pada stop kontak dan ujung yang lain dihubungkan ke dalam lubang botol yang sudah kamu buat tadi. Pastikan kabel adaptor dan botol tidak terkena air atau embun yang keluar dari lubang tutup.

FAQ

1. Apa fungsi mesin embun?

Mesin embun berfungsi untuk menghilangkan embun pada benda-benda di sekitar kita, seperti kaca jendela atau cermin. Mesin embun dapat membantu menghindari kecelakaan karena keburaman kaca atau cermin akibat embun.

2. Apakah mesin embun sederhana ini efektif?

Mesin embun sederhana ini cukup efektif untuk digunakan dalam skala kecil, seperti di dalam mobil atau di rumah. Namun, untuk skala yang lebih besar, mungkin kamu perlu menggunakan mesin embun yang lebih besar dan canggih.

3. Berapa lama mesin embun sederhana ini dapat digunakan?

Mesin embun sederhana ini dapat digunakan selama bahan-bahannya masih cukup dan tidak rusak. Kamu bisa mengganti es batu dan campuran air dan garam secara berkala untuk menjaga kinerja mesin embun sederhana ini.

4. Apakah mesin embun sederhana ini aman digunakan?

Mesin embun sederhana ini aman untuk digunakan asal kamu memastikan semua bahan dan alat yang digunakan dalam keadaan baik dan benar. Kamu juga harus memastikan bahwa mesin embun sederhana ini tidak terkena air atau embun yang keluar dari lubang tutup.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Puding Coklat Roti Tawar Sederhana

5. Adakah alternatif bahan yang bisa digunakan selain garam?

Ya, selain garam, kamu juga bisa menggunakan bahan lain seperti gula atau baking soda. Namun, efektivitas dari mesin embun sederhana ini akan berkurang jika menggunakan bahan yang tidak sesuai.

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Cara Membuat Mesin Embun Sederhana