Cara Membuat Mesin Bor Duduk Sederhana

Halo sobat sederhana! Kalian pasti sudah tidak asing lagi dengan mesin bor duduk, mesin yang berfungsi untuk melubangi benda dengan hasil yang akurat dan rapi. Mesin ini biasanya digunakan oleh para ahli tukang kayu atau mekanik. Namun, tahukah kamu bahwa membuat mesin bor duduk sederhana itu mudah? Yuk, simak cara membuat mesin bor duduk sederhana berikut ini!

Bahan-bahan yang dibutuhkan

Sebelum memulai membuat mesin bor duduk, ada beberapa bahan yang harus disiapkan terlebih dahulu. Berikut adalah bahan-bahan yang dibutuhkan:

Bahan
Jumlah
Motor listrik bekas
1 buah
Plat besi tebal
1 buah
Palu
1 buah
Baut dan mur
Sesuai kebutuhan
Paku
Sesuai kebutuhan
Stop kontak
1 buah
Saklar
1 buah
Shredder bekas
1 buah
Bearing
2 buah
Pipa besi setengah inci
1 buah
Alumunium sheet tebal 2 mm
1 buah

Langkah-langkah membuat mesin bor duduk sederhana

Berikut adalah langkah-langkah membuat mesin bor duduk sederhana:

1. Buat dudukan motor listrik

Langkah pertama adalah membuat dudukan motor listrik yang terbuat dari plat besi. Caranya adalah dengan memotong plat besi menggunakan gergaji besi atau mesin pemotong besi sesuai dengan bentuk yang diinginkan. Setelah itu, lubangi plat besi dengan bor menggunakan variasi ukuran mata bor. Pasang motor listrik di atas dudukan yang sudah dibuat dan baut dengan baut dan mur yang sudah disiapkan.

2. Pasang shredder pada motor listrik

Setelah motor listrik sudah terpasang dengan stabil di atas dudukan, langkah selanjutnya adalah memasang shredder pada motor listrik. Shredder berfungsi sebagai alat pemotong yang akan digunakan untuk memotong benda yang akan dilubangi. Lubangi shredder dengan bor menggunakan mata bor setengah inci. Pasang shredder pada motor listrik dan kencangkan dengan baut dan mur.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Kue Macaroon Sederhana

3. Buat meja lubang

Selanjutnya adalah membuat meja lubang yang terbuat dari plat besi. Ukuran plat besi disesuaikan dengan ukuran mesin bor duduk yang ingin dibuat. Potong plat besi menggunakan gergaji besi atau mesin pemotong besi sesuai dengan bentuk meja lubang yang diinginkan. Lubangi plat besi dengan bor menggunakan mata bor 10 mm. Pasang bearing pada sudut-sudut meja lubang dan baut dengan baut dan mur yang sudah dipersiapkan.

4. Pasang motor listrik pada meja lubang

Pasang motor listrik yang sudah terpasang pada dudukan di atas meja lubang. Pasang bearing pada sudut-sudut mesin bor duduk dan baut dengan baut dan mur yang sudah disiapkan. Pastikan motor listrik dan meja lubang terpasang dengan stabil dan kokoh.

5. Pasang switch dan stop kontak

Pasang switch dan stop kontak pada dudukan mesin bor duduk yang sudah dibuat. Hubungkan stop kontak dengan listrik rumah menggunakan kabel listrik yang sudah dipersiapkan. Pastikan semua kabel terpasang dengan benar dan aman.

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Berapa biaya yang dibutuhkan untuk membuat mesin bor duduk sederhana ini?

Biaya yang dibutuhkan dalam membuat mesin bor duduk sederhana ini bervariasi tergantung pada ketersediaan bahan yang digunakan dan juga tempat membeli bahan tersebut. Namun, secara kasar, biaya yang dibutuhkan berkisar antara 500 ribu hingga 1 juta rupiah.

2. Apa keuntungan dari membuat mesin bor duduk sederhana ini?

Keuntungan dari membuat mesin bor duduk sederhana ini adalah Anda dapat menghemat biaya yang dikeluarkan untuk membeli mesin bor duduk yang harganya cukup mahal di pasaran. Selain itu, dengan membuat sendiri mesin bor duduk, Anda dapat menentukan spesifikasi dan ukuran mesin yang diinginkan.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Origami Burung Bangau Sederhana

3. Apakah mesin bor duduk sederhana ini bisa digunakan untuk melubangi benda-benda yang tebal?

Mesin bor duduk sederhana ini dapat digunakan untuk melubangi benda-benda dengan ketebalan yang wajar. Namun, untuk melubangi benda-benda yang tebal, Anda memerlukan mesin bor duduk yang lebih besar dan kuat.

4. Apa yang harus dilakukan jika mesin bor duduk sederhana ini rusak?

Jika mesin bor duduk sederhana yang Anda buat mengalami kerusakan, pastikan bahwa sumber kerusakan sudah ditemukan terlebih dahulu. Kemudian, ganti bagian yang rusak dengan bagian yang baru atau perbaiki bagian yang rusak sesuai dengan keahlian Anda. Jangan lupa untuk melakukan perawatan pada mesin bor duduk secara rutin agar mesin tersebut awet dan tidak cepat rusak.

Semoga Bermanfaat dan Sampai Jumpa di Artikel Menarik Lainnya

Cara Membuat Mesin Bor Duduk Sederhana