Cara Membuat Mesin Bakso Sederhana

Selamat datang Sobat Sederhana! Pada artikel kali ini, kita akan membahas tentang cara membuat mesin bakso sederhana. Mesin bakso adalah mesin yang banyak digunakan oleh para pedagang bakso untuk membantu memproses adonan bakso dengan lebih cepat dan efisien. Sebelum kita mulai, pastikan kamu sudah menyiapkan semua bahan dan peralatan yang dibutuhkan.

Bahan-bahan yang dibutuhkan

Sebelum memulai pembuatan mesin bakso sederhana, pastikan kamu telah menyiapkan semua bahan-bahan yang dibutuhkan. Berikut adalah bahan-bahan yang diperlukan:

Bahan
Jumlah
Pipa PVC
1 buah
Pipa PVC kecil
2 buah
Pipa PVC setengah inci
1 buah
Pembuka botol
1 buah
Motor listrik
1 buah
Corong
1 buah
Blade kipas angin
1 buah
Aluminium foil
secukupnya

Cara membuat mesin bakso sederhana

Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat mesin bakso sederhana:

1. Siapkan pipa PVC

Pertama-tama, ambil pipa PVC berukuran besar dan potong menjadi dua bagian yang sama panjangnya.

Buat lubang di salah satu ujung pipa PVC menggunakan pembuka botol.

2. Siapkan pipa PVC kecil

Gunakan kedua pipa PVC kecil untuk menjadi kaki mesin bakso. Potong kedua pipa PVC kecil menjadi 4 bagian yang sama panjangnya.

Lakukan proses perekatan pada keempat pipa dengan pipa PVC besar, sehingga membentuk bangun segitiga sebagai kaki mesin bakso. Gunakan lem PVC untuk merekatkannya dengan baik.

3. Pasang motor listrik

Lakukan pemasangan motor listrik pada manufaktur atau persegi panjang PVC kecil. Gunakan baut sebagai penghubung pada motor listrik dan PVC kecil.

4. Pasang blade kipas angin

Gunakan aluminium foil sebagai bahan baku, potong sesuai dengan ukuran blade kipas angin. Rekatkan blade kipas pada motor listrik menggunakan lem PVC.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Sup Kacang Merah Sederhana

5. Pasang corong

Potong pipa PVC setengah inci menjadi dua bagian yang sama panjangnya, kemudian potong sesuai panjang corong yang kamu inginkan. Posisikan corong pada blade kipas angin.

6. Selesai

Anda telah berhasil membuat mesin bakso sederhana! Sekarang kamu dapat menggunakannya untuk memproses adonan bakso dengan lebih cepat dan efisien.

FAQ (Frequently Asked Questions) tentang mesin bakso sederhana

1. Apakah mesin bakso sederhana dapat digunakan untuk bisnis?

Ya, mesin bakso sederhana dapat digunakan untuk bisnis karena dapat membantu menghemat waktu dan biaya produksi. Namun, pastikan kamu telah memahami semua tata cara penggunaannya dan memastikan bahwa mesin bakso yang dibuat telah sesuai dengan standar keselamatan.

2. Bagaimana cara membersihkan mesin bakso sederhana?

Untuk membersihkan mesin bakso sederhana, kamu dapat membersihkan dengan menggunakan air bersih dan sabun cuci piring. Bersihkan bagian-bagian mesin bakso yang mudah terkena sisa adonan atau bahan-bahan lainnya.

3. Apakah ada risiko keamanan saat menggunakan mesin bakso sederhana?

Ya, terdapat risiko keamanan saat menggunakan mesin bakso sederhana, seperti terjadinya kecelakaan akibat penggunaan mesin yang tidak sesuai. Pastikan kamu telah memahami semua tata cara penggunaannya dan memastikan bahwa mesin bakso yang dibuat telah sesuai dengan standar keselamatan.

4. Apakah mesin bakso sederhana dapat digunakan untuk menggiling daging?

Tidak, mesin bakso sederhana tidak dapat digunakan untuk menggiling daging. Mesin bakso sederhana hanya dapat digunakan untuk memproses adonan bakso.

5. Berapa biaya yang diperlukan untuk membuat mesin bakso sederhana?

Biaya yang diperlukan untuk membuat mesin bakso sederhana tergantung pada jenis bahan yang digunakan dan lokasi tempat kamu membeli bahan-bahan tersebut. Namun, biaya yang diperlukan relatif terjangkau dan jauh lebih murah dibandingkan dengan membeli mesin bakso yang sudah jadi.

TRENDING 🔥  Cara Buat Capcay Goreng Sederhana

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Membuat Mesin Bakso Sederhana