Cara Membuat Mendoan Tempe Sederhana

Halo Sobat Sederhana, kali ini kita akan membahas tentang cara membuat mendoan tempe sederhana. Mendoan tempe merupakan salah satu jajanan khas dari daerah Jawa Tengah dan Yogyakarta yang terbuat dari tempe yang digoreng dengan adonan tepung. Rasanya yang renyah dan gurih membuat mendoan tempe menjadi camilan favorit bagi banyak orang. Yuk, simak cara membuatnya.

Bahan-bahan yang Diperlukan

Sebelum memulai membuat mendoan tempe, pastikan Sobat Sederhana menyiapkan semua bahan yang dibutuhkan. Berikut adalah bahan-bahan yang perlu dipersiapkan:

Bahan
Jumlah
Tempe
250 gram
Tepung terigu
150 gram
Tepung beras
50 gram
Bawang putih (haluskan)
2 siung
Garam
secukupnya
Kaldu bubuk
secukupnya
Air matang
200 ml
Minyak goreng
secukupnya

Cara Membuat Mendoan Tempe Sederhana

1. Potong-potong Tempe

Pertama-tama, potong tempe menjadi irisan tipis atau sesuai selera Sobat Sederhana. Setelah dipotong, rendam tempe dalam air selama kurang lebih 10-15 menit. Tujuannya agar tempe lebih empuk saat digoreng.

2. Buat Adonan Tepung

Campurkan tepung terigu, tepung beras, bawang putih yang telah dihaluskan, garam, kaldu bubuk, dan air secukupnya dalam wadah. Aduk rata hingga terbentuk adonan tepung yang tidak terlalu cair dan tidak terlalu kental.

3. Goreng Tempe

Panaskan minyak goreng dalam wajan. Setelah minyak cukup panas, celupkan irisan tempe pada adonan tepung hingga tertutupi seluruhnya lalu masukkan ke dalam wajan. Goreng tempe hingga matang dan berwarna keemasan, angkat dan tiriskan.

4. Sajikan

Mendoan tempe sederhana siap disajikan. Nikmati mendoan tempe sederhana bersama saus cabai atau sambal pecel. Selamat mencoba!

FAQ

Q: Apa itu mendoan tempe?

A: Mendoan tempe adalah jajanan khas dari daerah Jawa Tengah dan Yogyakarta yang terbuat dari tempe yang digoreng dengan adonan tepung.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Kandang Ternak Kenari Sederhana

Q: Apa saja bahan yang dibutuhkan untuk membuat mendoan tempe sederhana?

A: Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat mendoan tempe sederhana antara lain adalah tempe, tepung terigu, tepung beras, bawang putih, garam, kaldu bubuk, air matang, dan minyak goreng.

Q: Bagaimana cara membuat adonan tepung untuk mendoan tempe sederhana?

A: Untuk membuat adonan tepung mendoan tempe sederhana, campurkan tepung terigu, tepung beras, bawang putih yang telah dihaluskan, garam, kaldu bubuk, dan air secukupnya dalam wadah. Aduk rata hingga terbentuk adonan tepung yang tidak terlalu cair dan tidak terlalu kental.

Q: Apakah harus merendam tempe sebelum digoreng?

A: Iya, tujuannya agar tempe lebih empuk saat digoreng.

Penutup

Itulah cara membuat mendoan tempe sederhana yang bisa Sobat Sederhana praktikkan di rumah. Selain mudah dibuat, mendoan tempe juga dapat menjadi camilan yang lezat dan mengenyangkan. Selamat mencoba dan jangan lupa, Simak artikel menarik lainnya di situs kami. Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Membuat Mendoan Tempe Sederhana