Cara Membuat Mash Potato Sederhana

Sobat Sederhana, siapa yang tidak suka kentang? Kentang adalah salah satu makanan pokok yang sering kita jumpai di dapur. Namun, kali ini kita akan membahas kentang yang sedikit berbeda yaitu mash potato atau kentang tumbuk. Mash potato adalah salah satu hidangan yang sering dimakan sebagai sampingan untuk daging, ayam, atau ikan. Meskipun terdengar cukup rumit, sebenarnya membuat mash potato sangatlah mudah dan simpel. Ikuti langkah-langkah berikut ini untuk membuat mash potato sederhana yang lezat.

Bahan-bahan yang Dibutuhkan

Sebelum kita memulai, pastikan Sobat Sederhana sudah menyiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan. Berikut adalah beberapa bahan yang akan kita gunakan:

Bahan
Jumlah
Kentang
4 – 5 buah
Susu cair
1/2 cup
Mentega
1/4 cup
Garam
1/2 sdt
Lada hitam
1/4 sdt
Peterseli cincang
1 sdm

Langkah-langkah Membuat Mash Potato Sederhana

1. Bersihkan dan Rebus Kentang

Pertama-tama, bersihkan kentang dan kupas kulitnya. Potong kentang menjadi potongan-potongan kecil agar lebih cepat empuk saat direbus. Rebus kentang dalam panci yang sudah diisi air mendidih. Tunggu hingga kentang benar-benar empuk dan matang.

2. Tiriskan dan Tumbuk Kentang

Tiriskan kentang dan tumbuk dengan alat penumbuk atau garpu hingga kentang halus. Jangan lupa untuk membuang bagian kulit yang masih tersisa.

3. Tambahkan Mentega, Susu, dan Bumbu

Tambahkan mentega, susu, garam, dan lada hitam ke dalam kentang yang sudah ditumbuk. Aduk rata hingga semua bahan tercampur sempurna. Tambahkan peterseli cincang untuk memberikan rasa dan aroma yang lebih segar.

4. Aduk Kembali Hingga Rata

Aduk kembali mash potato hingga semua bahan tercampur rata. Pastikan mash potato sudah cukup lembut dan creamy. Jika terlalu kental, tambahkan susu cair sedikit demi sedikit hingga mencapai konsistensi yang diinginkan.

TRENDING 🔥  Makanan Cepat Saji yang Dimasak dengan Cara Dibakar Sederhana

5. Sajikan dan Nikmati

Mash potato sederhana siap untuk disajikan sebagai sampingan hidangan favorit Sobat Sederhana. Rasanya yang creamy dan lembut pasti akan memanjakan lidah. Nikmati mash potato dengan steak, ayam panggang, atau ikan goreng untuk menambah kenikmatan makananmu.

FAQ (Frequently Asked Question)

1. Kenapa mash potato saya terlalu kental?

Hal tersebut bisa disebabkan oleh kurangnya susu cair yang ditambahkan saat proses pembuatan mash potato. Tambahkan susu cair sedikit demi sedikit hingga mencapai konsistensi yang diinginkan.

2. Bolehkah saya menggunakan kentang yang sudah matang?

Tentu saja bisa. Namun, pastikan kentang sudah matang benar dan cukup empuk agar mudah ditumbuk. Kentang yang kurang matang bisa membuat mash potato menjadi keras dan sulit untuk dicerna.

3. Apakah bisa menambahkan bahan lain ke dalam mash potato?

Tentu saja bisa. Beberapa bahan yang bisa ditambahkan seperti keju parut, bawang putih cincang, atau bacon. Tambahkan bahan tersebut saat proses pengadukan mash potato.

Kesimpulan

Itulah cara mudah dan sederhana untuk membuat mash potato yang lezat. Dengan bahan-bahan yang mudah didapat dan langkah-langkah yang simpel, mash potato bisa menjadi hidangan sampingan yang wajib ada di meja makan Sobat Sederhana. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya

Cara Membuat Mash Potato Sederhana