Cara Membuat Manisan Pepaya Basah Sederhana

Selamat datang Sobat Sederhana! Artikel kali ini akan membahas tentang cara membuat manisan pepaya basah sederhana. Manisan pepaya basah merupakan salah satu makanan ringan yang cukup populer di Indonesia. Selain rasanya yang segar dan manis, manisan pepaya basah juga mudah dibuat. Yuk, simak langkah-langkah membuat manisan pepaya basah sederhana berikut ini!

Bahan-bahan yang Dibutuhkan

Sebelum memulai membuat manisan pepaya basah sederhana, pastikan kamu menyiapkan bahan-bahan berikut ini:

1 buah pepaya
500 ml air
500 gram gula pasir
1 sendok teh garam
2 lembar daun pandan
1 sendok makan air kapur sirih

Pastikan semua bahan yang kamu butuhkan tersedia dan siap digunakan sebelum memulai proses membuat manisan pepaya basah. Setelah itu, langkah selanjutnya adalah:

Langkah-Langkah Membuat Manisan Pepaya Basah

Ikuti langkah-langkah berikut ini untuk membuat manisan pepaya basah sederhana:

1. Kupas dan potong pepaya menjadi irisan tipis

Langkah pertama dalam membuat manisan pepaya basah adalah memotong pepaya menjadi irisan tipis. Pastikan pepaya sudah dicuci bersih sebelum dipotong. Setelah itu, hilangkan bijinya dan potong pepaya menjadi irisan tipis dan lebar.

2. Rendam pepaya dalam air kapur sirih

Setelah dipotong menjadi irisan tipis, rendam pepaya dalam air kapur sirih selama kurang lebih 1 jam. Air kapur sirih berguna untuk menghilangkan getah pada pepaya sehingga manisan pepaya basah yang dihasilkan lebih segar dan tahan lama.

3. Rebus air, gula, dan daun pandan

Setelah 1 jam, tiriskan air kapur sirih dari pepaya. Rebus air, gula, dan daun pandan sampai gula larut dan air mengental. Pastikan api diatur sedang agar gula tidak terbakar dan aduk terus selama merebus.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Kartu Nama Sederhana dengan CorelDraw X5

4. Masukkan pepaya dan garam

Setelah air mengental, masukkan pepaya yang sudah direndam tadi. Tambahkan garam dan aduk rata. Masak lagi sampai air meresap dan pepaya terlihat berwarna kecoklatan dan berkilau.

5. Angkat dan dinginkan

Setelah air meresap dan pepaya terlihat berkilau, angkat dari kompor dan dinginkan. Setelah dingin, manisan pepaya basah siap untuk disajikan atau disimpan di dalam wadah tertutup.

Tips dan FAQ

Berikut adalah beberapa tips dan pertanyaan yang sering ditanyakan tentang cara membuat manisan pepaya basah sederhana:

Q: Apakah saya bisa menggunakan pepaya yang sudah matang?

A: Tidak disarankan karena pepaya yang sudah matang biasanya terlalu lembek dan tidak cocok untuk dijadikan manisan pepaya basah.

Q: Berapa lama manisan pepaya basah dapat disimpan?

A: Manisan pepaya basah dapat disimpan selama 1-2 minggu di dalam wadah tertutup di dalam kulkas. Pastikan tidak ada air yang masuk ke dalam wadah untuk menjaga kesegarannya.

Q: Bisakah saya menggunakan gula merah?

A: Bisa, tetapi warna manisan pepaya basah akan berbeda. Selain itu, gula merah cenderung lebih sulit larut daripada gula pasir.

Q: Bagaimana cara memotong pepaya menjadi irisan tipis?

A: Bisa menggunakan alat pemotong keripik atau pisau yang tajam.

Penutup

Sekian artikel tentang cara membuat manisan pepaya basah sederhana kali ini. Jangan lupa untuk mencoba resep ini di rumah ya Sobat Sederhana! Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Cara Membuat Manisan Pepaya Basah Sederhana