Cara Membuat Makalah yang Sederhana untuk Sobat Sederhana

Halo Sobat Sederhana! Selamat datang di artikel kami tentang cara membuat makalah yang sederhana. Apakah kamu pernah merasa kesulitan saat harus membuat makalah? Jangan khawatir, kami akan memberikan tips dan trik yang mudah dipahami dan dilakukan.

Pengertian Makalah

Sebelum memulai membuat makalah, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu pengertian makalah. Makalah merupakan tulisan ilmiah yang berisi tentang suatu topik tertentu. Makalah sering digunakan sebagai salah satu bentuk tugas akademik di sekolah atau perguruan tinggi.

Sebuah makalah harus disusun dengan baik dan benar agar hasilnya memuaskan. Berikut adalah 20 langkah mudah untuk membuat makalah yang sederhana:

1. Pilih Topik yang Menarik

Hal pertama yang harus dilakukan adalah memilih topik yang menarik. Pilih topik yang kamu sukai atau yang memiliki relevansi dengan bidang studi kamu. Ini akan membuatmu lebih termotivasi dan lebih mudah dalam menulisnya.

FAQ

Pertanyaan
Jawaban
Bagaimana cara memilih topik yang sesuai?
Pilih topik yang kamu sukai atau yang memiliki relevansi dengan bidang studimu.
Apakah harus memilih topik yang sulit?
Tidak, kamu bisa memilih topik yang mudah namun tetap menarik.

2. Tentukan Tujuan Makalah

Tentukan tujuan makalahmu. Apakah untuk tujuan akademik, mengajukan suatu ide, atau untuk tujuan tertentu lainnya? Hal ini akan membantumu dalam menentukan fokus dan arah makalah.

3. Buat Kerangka Makalah

Buat kerangka makalah terlebih dahulu sebelum mulai menulis. Kerangka ini akan membantumu dalam menentukan struktur makalah. Buatlah kerangka yang rapi dan mudah dipahami.

4. Kumpulkan Informasi

Kumpulkan informasi tentang topik yang kamu pilih. Gunakan berbagai sumber informasi seperti buku, artikel, jurnal, atau situs web yang terpercaya. Pastikan informasi yang kamu kumpulkan relevan dengan topik yang kamu pilih.

TRENDING 🔥  Cara Menggunakan Power Supply Variable Sederhana

5. Buat Daftar Referensi

Buat daftar referensi tentang sumber informasi yang kamu gunakan. Pastikan semua sumber informasi yang kamu gunakan tercantum dengan lengkap dan akurat.

6. Tentukan Gaya Penulisan

Tentukan gaya penulisan yang sesuai dengan jenis makalah yang kamu buat. Ada beberapa jenis gaya penulisan seperti gaya penulisan ilmiah, gaya penulisan novel, atau gaya penulisan berita.

7. Buat Pendahuluan

Buat pendahuluan yang menarik dan mudah dipahami. Di dalam pendahuluan, jelaskan tentang topik yang kamu pilih, tujuan makalah, dan kerangka makalah.

8. Buat Isi Makalah

Buat isi makalah yang komprehensif dan terstruktur. Buatlah paragraf terpisah untuk setiap ide utama dan gunakan bahasa yang mudah dipahami.

9. Buat Kesimpulan

Buat kesimpulan yang mengarah pada tujuan makalah. Jangan menambahkan ide baru di bagian kesimpulan.

10. Gunakan Bahasa yang Mudah Dipahami

Gunakan bahasa yang mudah dipahami dan hindari penggunaan kalimat yang rumit. Jangan gunakan bahasa yang terlalu formal atau terlalu informal.

11. Gunakan Referensi yang Tepat

Gunakan referensi yang tepat dan akurat. Pastikan semua sumber referensi yang digunakan tercantum dengan lengkap pada daftar referensi.

12. Gunakan Kata-kata Kunci

Gunakan kata-kata kunci yang tepat pada judul dan isi makalah. Ini akan membantu agar makalahmu muncul di hasil pencarian mesin pencari seperti Google.

13. Buatlah Paragraf yang Pendek

Buatlah paragraf yang pendek dan mudah dipahami. Hindari penggunaan paragraf yang terlalu panjang dan menjadikan makalah terlihat monoton.

14. Gunakan Tanda Baca yang Tepat

Gunakan tanda baca yang tepat dan benar. Hindari penggunaan tanda baca yang berlebihan atau kurang.

15. Gunakan Singkatan dengan Bijak

Gunakan singkatan dengan bijak dan pastikan singkatan tersebut umum dipahami. Jangan menggunakannya terlalu banyak dan pastikan singkatannya sudah diperkenalkan sebelumnya.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Program Delphi Sederhana

16. Periksa Kembali Makalah

Setelah selesai menulis, periksa kembali makalahmu. Pastikan tidak ada kesalahan ejaan, tata bahasa, atau kelengkapan referensi.

17. Ganti Istilah yang Berulang

Hindari penggunaan istilah yang sama berulang kali dalam satu kalimat. Ganti istilah tersebut dengan sinonim atau ciptakan kalimat yang baru.

18. Buatlah Paragraf yang Jelas dan Logis

Buatlah paragraf yang jelas dan logis. Jangan membuat paragraf yang terlalu rumit dan sulit dipahami.

19. Hindari Penggunaan Bahasa Asing

Hindari penggunaan bahasa asing kecuali untuk istilah teknis atau istilah yang belum memiliki padanan dalam bahasa Indonesia. Gunakan padanan dalam bahasa Indonesia jika sudah ada.

20. Buatlah Makalah yang Unik

Buatlah makalah yang unik dan berbeda dengan makalah yang lain. Gunakan gaya penulisan yang berbeda dan jangan menjiplak makalah dari sumber lain.

Kesimpulan

Dengan mengikuti 20 langkah mudah di atas, kamu dapat membuat makalah yang sederhana namun berkualitas. Ingat, kesederhanaan bukan berarti kurang berkualitas. Selamat mencoba!

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Cara Membuat Makalah yang Sederhana untuk Sobat Sederhana