Cara Membuat Login Sederhana

Hello Sobat Sederhana! Apakah kamu ingin membuat login sederhana untuk website atau aplikasimu? Login adalah salah satu fitur yang diperlukan untuk memberikan akses khusus pada pengguna yang telah terdaftar. Di dalam artikel ini, kamu akan belajar cara membuat login sederhana menggunakan bahasa pemrograman PHP dan MySQL. Simak terus artikel ini ya!

Persiapan

Sebelum memulai membuat login sederhana, terlebih dahulu kita harus mempersiapkan beberapa hal berikut:

Item
Keterangan
Web server
Kamu bisa menggunakan Apache atau Nginx
Database server
Kamu bisa menggunakan MySQL atau MariaDB
Text editor
Kamu bisa menggunakan Notepad++, Sublime Text, atau VSCode
Browser
Kamu bisa menggunakan Chrome, Firefox, atau Safari

Dengan persiapan yang cukup, mari kita mulai membuat login sederhana.

Membuat Database

Langkah pertama adalah membuat database di MySQL atau MariaDB. Kamu bisa menggunakan phpMyAdmin atau aplikasi sejenisnya untuk memudahkan proses pembuatan database dan tabel. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka phpMyAdmin di browser kamu
  2. Log in menggunakan username dan password MySQL atau MariaDB
  3. Pilih menu “Databases”
  4. Masukkan nama database pada form “Create database”
  5. Klik “Create”
  6. Pilih database yang telah dibuat
  7. Klik menu “SQL”
  8. Masukkan query berikut:
CREATE TABLE users (id INT(11) NOT NULL AUTO_INCREMENT,username VARCHAR(50) NOT NULL,password VARCHAR(255) NOT NULL,email VARCHAR(100) NOT NULL,PRIMARY KEY (id));

Query di atas akan membuat tabel “users” dengan kolom-kolom “id”, “username”, “password”, dan “email”. Kolom “id” dijadikan sebagai primary key, sehingga membuatnya menjadi unique dan auto increment.

Membuat Form Login

Setelah membuat database dan tabel, selanjutnya adalah membuat form login yang akan ditampilkan pada halaman login. Kamu bisa memanfaatkan HTML dan CSS untuk membuat form yang terlihat menarik. Berikut adalah contoh kode HTML untuk membuat form login:

<form method="POST" action="login.php"><input type="text" name="username" placeholder="Username"><input type="password" name="password" placeholder="Password"><input type="submit" name="submit" value="Login"></form>

Pada kode di atas, terdapat form dengan method “POST” dan action “login.php”. Form ini memiliki dua input yaitu username dan password dengan tipe “text” dan “password”. Terakhir, terdapat submit button dengan nama “submit” dan nilai “Login”.

TRENDING 🔥  Cara Nembuat Telur Asin yang Sederhana

Membuat Script Login

Setelah membuat form login, selanjutnya adalah membuat script untuk memproses login. Kamu bisa memanfaatkan bahasa pemrograman PHP untuk menghubungkan form login dengan database dan melakukan validasi login. Berikut adalah contoh script PHP untuk memproses login:

Pada kode di atas, pertama-tama kita mengecek apakah form telah di submit dengan method “POST”. Selanjutnya, kita mengambil data username dan password dari form login menggunakan fungsi mysqli_real_escape_string untuk mencegah SQL injection.

Kemudian, kita melakukan query pada tabel “users” untuk mencari data dengan username dan password yang sesuai. Jika data ditemukan, kita membuat session dengan nama “login_user” dan nilai username, kemudian redirect ke halaman dashboard. Jika data tidak ditemukan, kita membuat variabel error dengan pesan yang sesuai.

Membuat Halaman Dashboard

Setelah berhasil login, pengguna akan di redirect ke halaman dashboard. Halaman ini bisa berisi informasi yang spesifik untuk pengguna yang telah login, seperti data diri, informasi transaksi, dan lain sebagainya. Berikut adalah contoh kode HTML untuk membuat halaman dashboard:

<h2>Welcome, <?php echo $_SESSION['login_user']; ?></h2><a href="logout.php">Logout</a>

Pada kode di atas, terdapat pesan “Welcome” yang berisi username yang telah di set pada session. Selain itu, terdapat link untuk logout yang akan menghapus session dan mengembalikan pengguna ke halaman login.

FAQ

1. Apa itu SQL injection?

SQL injection adalah teknik hacking yang dilakukan dengan menyisipkan kode SQL pada form atau parameter yang dimasukkan pada website, dengan tujuan untuk melakukan manipulasi database dan mendapatkan akses yang tidak seharusnya. Untuk mencegah SQL injection, kita bisa menggunakan teknik seperti mysqli_real_escape_string dan prepared statements.

2. Apa itu session?

Session adalah cara untuk menyimpan data pada server yang berhubungan dengan pengguna yang sedang aktif. Session biasanya digunakan untuk menyimpan data login atau data yang bersifat private lainnya. Session akan dihapus saat pengguna logout atau saat waktu session habis.

3. Apa itu prepared statements?

Prepared statements adalah cara untuk melakukan query pada database dengan parameter yang sudah di set sebelumnya. Prepared statements sangat berguna untuk mencegah SQL injection, karena parameter yang dimasukkan tidak akan langsung dieksekusi sebagai query SQL, melainkan akan diproses terlebih dahulu.

4. Apa itu mysqli?

mysqli adalah ekstensi PHP yang digunakan untuk melakukan koneksi ke database MySQL atau MariaDB. mysqli memiliki beberapa fitur yang lebih lengkap dan lebih aman dibandingkan mysql, seperti mysqli_real_escape_string, prepared statements, dan lain sebagainya.

5. Apa itu web server?

Web server adalah software yang digunakan untuk menghubungkan aplikasi atau website dengan browser pengguna. Contoh web server yang banyak digunakan adalah Apache dan Nginx.

Penutup

Demikianlah artikel tentang cara membuat login sederhana menggunakan PHP dan MySQL. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kamu dapat dengan mudah membuat login pada website atau aplikasimu. Jangan lupa untuk selalu mengimplementasikan teknik keamanan yang baik untuk menjaga data pengguna. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Cara Membuat Login Sederhana