Cara Membuat Las Sederhana

Halo Sobat Sederhana! Kali ini kita akan membahas cara membuat las yang sederhana. Mungkin kita pernah mengalami suatu situasi di mana terdapat benda yang rusak dan kita ingin memperbaikinya sendiri tetapi tidak punya alat untuk melakukan hal tersebut. Di sinilah kegunaan las sangat penting, terutama bagi Anda yang hobi membuat kerajinan tangan atau suka melakukan perbaikan rumah tangga. Dalam artikel ini, kita akan membahas cara membuat las sederhana sendiri dirumah tanpa harus mengeluarkan biaya yang besar. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Sobat Sederhana yang sedang membutuhkan informasi mengenai cara membuat las.

1. Apa itu Las?

Las merupakan singkatan dari “Lampu Sulap” (Lampu Solder). Las digunakan untuk menyambung logam atau material lainnya dengan menggunakan suhu panas. Dalam pembuatan las, ada beberapa peralatan yang diperlukan seperti solder, kawat las, dan juga alat untuk memanaskan bahan tersebut. Las bisa dibuat dengan menggunakan baterai, charger atau bahkan gas elpiji sebagai sumber energinya.

1.1 Apa Saja Jenis-jenis Las?

Dalam dunia las, terdapat beberapa jenis las yang digunakan oleh para ahli. Berikut adalah beberapa jenis las yang biasa digunakan:

Jenis Las
Keterangan
Las Listrik
Las listrik adalah jenis las yang paling umum digunakan. Las ini dapat dipakai untuk menyambung berbagai jenis logam, mulai dari besi, tembaga, aluminium, hingga stainless steel.
Las Gas
Lasje jenis ini menggunakan gas argon yang diarahkan ke titik pengerjaan dengan menggunakan pistol. Gunanya untuk menjaga kebersihan dan kekuatan pengelasan lebih optimal.
Las MIG
Metal Inert Gas atau MIG adalah salah satu jenis las yang menggunakan proses pengelasan dengan gas inert. Biasanya las ini digunakan untuk pengelasan produk-produk yang terbuat dari logam ringan seperti aluminium,magnesium, dan tembaga.
Las TIG
Tungsten Inert Gas atau TIG menggunakan elektroda tungsten yang tidak dapat terbakar sebagai pembuat busur las. Biasanya, las ini digunakan untuk proses pengelasan yang membutuhkan presisi dan kehalusan.
TRENDING 🔥  Cara Buat Sop Daging Sederhana Dan Gambarnya

2. Alat dan Bahan yang Dibutuhkan

Sebelum kita membahas cara membuat las sederhana, ada beberapa alat dan bahan yang perlu disiapkan. Berikut adalah daftar alat dan bahan yang diperlukan:

2.1 Alat yang Dibutuhkan

  1. Solder
  2. Kawat Las/Besi
  3. Alat Pemotong/Cutter
  4. Plat Tembaga atau Plat PCB
  5. Pisau Cutter
  6. Obeng (+)
  7. Obeng (-)
  8. Pinset
  9. Silinder Gas Butane
  10. Penjepit Besi

2.2 Bahan yang Dibutuhkan

  1. Gas Butane
  2. Solder
  3. Kawat Las/Besi
  4. Plat Tembaga/PCB

3. Cara Membuat Las Sederhana

Setelah menyiapkan alat dan bahan yang diperlukan, berikut adalah cara membuat las sederhana:

3.1 Memotong Plat Tembaga atau PCB

Langkah pertama adalah memotong plat tembaga atau PCB sesuai dengan ukuran yang diinginkan. Plat ini berfungsi sebagai penghantar listrik pada kawat las.

3.2 Menyolder Kawat Las dengan Plat Tembaga

Langkah selanjutnya adalah menyolder kawat las dengan plat tembaga. Kawat las harus diikat pada plat tembaga menggunakan solder. Pastikan kawat las berada pada posisi yang tepat dan tidak mudah terlepas.

3.3 Menyolder Kawat Las dengan Obeng (+) dan (-)

Selanjutnya, solder kawat las pada obeng (+) dan (-). Kabel ini berfungsi sebagai penghubung utama antara kawat las dan baterai. Pastikan kabel tersebut terpasang dengan kuat agar tidak mudah lepas.

3.4 Memasang Gas Butane untuk Membuat Api Las

Buka tutup silinder gas butane dan pasang ke alat las sederhana yang telah Anda buat. Putar tombol gas butane dan arahkan ke kawat las yang telah dipasang tadi. Dalam beberapa detik, api las akan tercipta dan siap digunakan.

3.5 Menggunakan Las Sederhana

Setelah api las tercipta, Anda siap menggunakannya. Pastikan pengguna menggunakan kacamata pelindung serta sarung tangan khusus pengelasan untuk menghindari cairan las yang masuk ke mata dan kulit. Letakkan kawat las pada benda yang hendak dilas, dan biarkan kawat las meleleh pada titik tersebut hingga terjadi pengikatan antara keduanya.

TRENDING 🔥  Cara Mudah Membuat Musik Box Sederhana

4. FAQ (Frequently Asked Questions)

4.1 Apakah Las Sederhana Ini Aman Digunakan?

Las sederhana ini dapat digunakan untuk pengelasan logam dengan keamanan yang terjamin. Namun, pengguna harus selalu menggunakan alat pelindung seperti kacamata pengaman dan sarung tangan khusus pengelasan untuk mencegah cairan las masuk ke mata dan ke kulit. Pengguna juga harus memastikan bahan yang akan di las telah dipersiapkan dengan benar.

4.2 Berapa Harga Alat Las Sederhana?

Alat las sederhana dapat dibuat dengan biaya yang murah, yaitu sekitar Rp50.000. Anda juga dapat memanfaatkan bahan bekas atau tidak terpakai sebagai bahan dasar dari alat las sederhana yang Anda buat.

4.3 Apa Saja Kelebihan Las Sederhana Dibandingkan Las Elektrik?

Kelebihan las sederhana dibandingkan las elektrik adalah alat ini lebih mudah dibuat dan harganya lebih terjangkau. Las sederhana juga lebih efektif dalam pengelasan suatu benda jika digunakan dengan benar.

4.4 Apakah Alat Ini Bisa Digunakan Untuk Pengelasan Profesional?

Alat las sederhana ini lebih cocok digunakan untuk pengelasan rumah tangga atau hobi saja. Jika digunakan untuk pengelasan profesional, mungkin hasilnya tidak akan sebaik jika menggunakan las listrik atau gas.

4.5 Bagaimana Membuat Kawat Las?

Untuk membuat kawat las sendiri, Anda memerlukan material seperti besi tua atau kawat untuk dijadikan bahan dasar. Potong bahan tersebut dengan ukuran yang diinginkan dan lakukan pengamplikan dengan menggunakan mesin amplikasi atau dengan cara manual. Setelah itu, kawat las siap digunakan.

5. Kesimpulan

Demikianlah cara membuat las sederhana yang dapat digunakan untuk pengelasan logam di rumah. Dengan menggunakan alat dan bahan yang tepat, Anda bisa membuat alat las sederhana sendiri dan menggunakannya dengan aman dan terpercaya. Jangan lupa selalu menggunakan alat pelindung saat menggunakannya. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

TRENDING 🔥  Cara Membuat Hologram Sederhana

Cara Membuat Las Sederhana