Cara Membuat Kursi Bambu Sederhana

Halo Sobat Sederhana! Kursi bambu sederhana bisa menjadi pilihan yang tepat untuk mempercantik taman atau ruang santai Anda. Selain itu, membuat kursi bambu juga dapat menjadi kegiatan yang menyenangkan dan bermanfaat bagi kesehatan mental Anda. Dalam artikel ini, kami akan membahas cara membuat kursi bambu sederhana dengan 20 langkah mudah yang dapat diikuti. Yuk, simak penjelasannya!

1. Menyiapkan Bahan dan Alat

Sebelum memulai pembuatan kursi bambu, ada baiknya Anda menyiapkan bahan dan alat yang diperlukan terlebih dahulu. Berikut bahan dan alat yang harus disiapkan:

Bahan
Alat
3 batang bambu ukuran besar
Gergaji
2 batang bambu ukuran kecil
Pisau cukur
Rotan
Cutter
Sekrup
Kunci inggris
Paku bambu
Palu
Tali raffia
Tali ukir

Setelah semua bahan dan alat tersedia, mari kita mulai membuat kursi bambu sederhana.

2. Membuat Bahan Dasar Kursi

Langkah pertama dalam pembuatan kursi bambu sederhana adalah membuat bahan dasar kursi. Caranya adalah sebagai berikut:

2.1. Mempersiapkan Batang Bambu Besar

Siapkan tiga batang bambu besar dengan ukuran yang sama. Kemudian, potong setiap batang bambu menjadi panjang 70 cm menggunakan gergaji. Setelah itu, potong lagi masing-masing batang bambu menjadi 3 bagian yang sama panjang, yaitu 1 bagian panjang 35 cm dan 2 bagian panjang 20 cm. Jadi, total ada 9 potongan batang bambu.

2.2. Membentuk Kerangka Kursi

Setelah memotong batang bambu menjadi beberapa bagian, kita akan membuat kerangka kursi. Letakkan 2 potongan bambu dengan ukuran 35 cm sebagai sandaran kursi. Kemudian, ambil 4 potongan bambu dengan ukuran 20 cm dan letakkan di antara kedua bagian sandaran kursi. Fungsinya adalah sebagai penyangga kursi.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Tempat Kosmetik Sederhana

Selanjutnya, ambil lagi 2 potongan bambu dengan ukuran 35 cm dan letakkan di depan. Fungsinya adalah sebagai kaki kursi. Gabungkan kedua bagian kaki kursi dengan menggunakan paku bambu dan palu. Pastikan semua sambungan kuat dan rapi.

2.3. Menyelesaikan Bagian Kaki Kursi

Setelah kerangka kursi selesai, kita akan menyelesaikan bagian kaki kursi. Caranya adalah sebagai berikut:

Siapkan 2 batang bambu kecil dengan panjang 50 cm. Potong menjadi 4 bagian sama panjang. Kemudian, ambil 2 potongan bambu kecil dan letakkan di bagian depan kursi dengan jarak 30 cm agar dapat menopang kaki. Tempelkan bambu kecil pada kerangka dengan menggunakan sekrup dan kunci inggris.

Setelah itu, ambil 2 potongan bambu kecil lainnya dan letakkan pada bagian belakang kursi. Tujuannya adalah agar kursi lebih stabil saat digunakan. Tempelkan bambu kecil pada kerangka dengan menggunakan sekrup dan kunci inggris.

3. Memasang Rotan pada Kursi Bambu

Setelah kerangka kursi selesai, langkah selanjutnya adalah memasang rotan pada kursi bambu. Caranya adalah sebagai berikut:

3.1. Menyiapkan Rotan yang Dibutuhkan

Siapkan rotan sebanyak 8 buah. Potong rotan dengan panjang 3 meter untuk bagian sandaran kursi dan potong dengan panjang 2 meter untuk bagian tempat duduk kursi. Anda dapat memotong rotan menggunakan cutter.

3.2. Memasang Rotan pada Bagian Sandaran Kursi

Tempatkan rotan pada bagian sandaran kursi dan ikat dengan tali raffia atau tali ukir pada bagian ujung rotan yang sudah dipotong. Pastikan rotan terpasang dengan kuat dan rapat. Lakukan sampai semua rotan terpasang pada bagian sandaran kursi.

3.3. Memasang Rotan pada Bagian Tempat Duduk Kursi

Tempatkan rotan pada bagian tempat duduk kursi dan ikat dengan tali raffia atau tali ukir pada bagian ujung rotan yang sudah dipotong. Pastikan rotan terpasang dengan kuat dan rapat. Lakukan sampai semua rotan terpasang pada bagian tempat duduk kursi.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Peledak Sederhana

4. Finishing Kursi Bambu

Setelah semua rotan terpasang pada kursi bambu, langkah terakhir adalah melakukan finishing. Caranya adalah sebagai berikut:

4.1. Menyelesaikan Bagian Kursi

Potong rotan yang sudah terpasang pada bagian tempat duduk kursi sampai menyerupai bentuk kursi yang diinginkan. Potong juga rotan yang terpasang pada bagian sandaran kursi hingga sejajar dengan bagian tempat duduk kursi.

4.2. Memotong Sisa Rotan

Setelah semua rotan terpasang, pasti ada sisa rotan yang menonjol pada bagian kursi. Potong sisa rotan tersebut hingga sejajar dengan bagian rotan lainnya.

Sekarang, kursi bambu sederhana sudah selesai dibuat. Anda dapat menambahkan bantal pada bagian tempat duduk kursi untuk membuatnya lebih nyaman saat digunakan.

Frequently Asked Questions (FAQ)

1. Apakah kursi bambu sederhana sulit dibuat?

Tidak, kursi bambu sederhana cukup mudah dibuat asalkan Anda menyiapkan bahan dan alat yang diperlukan dan mengikuti langkah-langkah dengan teliti.

2. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk membuat kursi bambu sederhana?

Waktu yang dibutuhkan untuk membuat kursi bambu sederhana tergantung pada kemampuan dan pengalaman Anda. Namun, secara rata-rata, pembuatan kursi bambu sederhana dapat dilakukan dalam waktu 4-6 jam.

3. Apa saja bahan dan alat yang harus disiapkan untuk membuat kursi bambu sederhana?

Bahan yang harus disiapkan antara lain batang bambu besar dan kecil, rotan, sekrup, dan tali raffia atau tali ukir. Sedangkan alat yang harus disiapkan antara lain gergaji, pisau cukur, cutter, kunci inggris, palu, dan tali ukir.

4. Apakah kursi bambu sederhana dapat digunakan sebagai kursi santai?

Ya, kursi bambu sederhana dapat digunakan sebagai kursi santai. Bahkan, dengan menambahkan bantal pada bagian tempat duduk kursi, kursi bambu sederhana akan menjadi lebih nyaman dan cocok digunakan sebagai tempat bersantai.

TRENDING 🔥  Cara Masak Ikan Mas Enak Sederhana

Semoga Bermanfaat dan Sampai Jumpa di Artikel Menarik Lainnya

Cara Membuat Kursi Bambu Sederhana