Cara Membuat Kunci Rahasia Motor Sederhana

Cara Membuat Kunci Rahasia Motor Sederhana – Sobat Sederhana

Halo Sobat Sederhana! Apakah kamu pernah mengalami kejadian motormu hilang dicuri atau dibawa orang tanpa izin? Tentunya sangat menyebalkan, bukan? Nah, kali ini kita akan membahas tentang cara membuat kunci rahasia motor sederhana yang dapat membantu mencegah kejadian tersebut terjadi lagi. Yuk simak artikel ini sampai selesai!

Apa Itu Kunci Rahasia Motor?

Sebelum membahas tentang cara membuat kunci rahasia motor sederhana, sebaiknya kita mengenal terlebih dahulu apa itu kunci rahasia motor. Kunci rahasia motor merupakan sistem pengamanan untuk motor yang memungkinkan hanya pemiliknya saja yang dapat menghidupkan mesin. Sistem ini bekerja dengan cara menghubungkan kabel tertentu pada motor yang hanya akan terhubung ketika kunci yang tepat dimasukkan pada lubang kunci.

Bagaimana Kunci Rahasia Motor Bekerja?

Untuk memahami bagaimana kunci rahasia motor bekerja, perhatikan tabel berikut:

Langkah
Kunci Dimasukkan
Kunci Dikeluarkan
1
Tidak Ada Hubungan
Tidak Ada Hubungan
2
Kabel A dan B Terhubung
Tidak Ada Hubungan
3
Kabel A dan C Terhubung
Tidak Ada Hubungan
4
Kabel A dan D Terhubung
Tidak Ada Hubungan
5
Kabel A, B, C, dan D Terhubung
Tidak Ada Hubungan
6
Kabel A, B, C, dan D Terhubung
Kabel A dan D Terhubung
7
Tidak Ada Hubungan
Tidak Ada Hubungan

Dari tabel di atas, dapat dilihat bahwa saat kunci dimasukkan, kabel tertentu pada motor akan terhubung dan membuat mesin dapat dinyalakan. Sedangkan saat kunci dikeluarkan, kabel tersebut akan terputus dan membuat mesin tidak dapat dinyalakan.

Cara Membuat Kunci Rahasia Motor Sederhana

Setelah mengetahui apa itu kunci rahasia motor dan bagaimana cara kerjanya, sekarang saatnya untuk membahas tentang cara membuat kunci rahasia motor sederhana. Berikut adalah langkah-langkahnya:

TRENDING 🔥  Resep Makanan Sederhana dengan Cara Menggunakan Oven

Alat dan Bahan yang Diperlukan

Sebelum memulai pembuatan kunci rahasia motor, pastikan kamu sudah menyiapkan alat dan bahan yang diperlukan. Berikut adalah daftarnya:

  • Lubang kunci bekas
  • Kabel tembaga
  • Relay 5 kaki
  • Baterai 9V
  • Saklar
  • Isolasi plastik
  • Timah solder

Langkah-langkah Pembuatan

Berikut adalah langkah-langkah cara membuat kunci rahasia motor sederhana:

  1. Buka lubang kunci bekas dan keluarkan mekanisme kunci yang ada di dalamnya.
  2. Potong kabel tembaga menjadi beberapa bagian dengan ukuran yang sama.
  3. Solderkan kabel tembaga ke bagian-bagian yang berbeda pada mekanisme kunci. Pastikan kabel terhubung dengan baik dan tidak ada kabel yang terputus.
  4. Selanjutnya, solderkan kabel tembaga yang sudah terhubung pada mekanisme kunci ke relay 5 kaki. Pastikan kabel terhubung dengan benar sesuai dengan diagram pada relay.
  5. Solderkan kabel tembaga yang terhubung pada relay ke baterai 9V.
  6. Terakhir, hubungkan relay dengan saklar dan isolasi kabel-kabel yang sudah terhubung menggunakan isolasi plastik.
  7. Cara membuat kunci rahasia motor sederhana sudah selesai!

FAQ

Apakah Kunci Rahasia Motor Sederhana Ini Efektif?

Ya, kunci rahasia motor sederhana yang telah kamu buat dapat membantu mencegah motormu dicuri atau dibawa orang tanpa izin. Namun, tetap saja tidak ada jaminan sepenuhnya bahwa motormu tidak akan dicuri, terlebih jika pencuri tersebut sudah ahli dalam membobol sistem kunci rahasia.

Apakah Saya Harus Mengganti Kunci Asli Motor?

Tidak perlu mengganti kunci asli motormu. Kunci rahasia motor sederhana yang sudah kamu buat dapat dipasangkan pada kabel yang ada pada motormu tanpa merusak atau mengganti bagian apapun pada motor.

Apakah Ada Risiko Terjadi Kerusakan pada Motor?

Tidak, selama kamu memasang kunci rahasia motor sederhana dengan benar dan sesuai dengan petunjuk yang sudah disediakan, tidak akan terjadi kerusakan pada motormu. Namun, tetap perlu berhati-hati dan pastikan kunci rahasia motor sederhana yang sudah kamu buat tidak mengganggu sistem kelistrikan pada motormu.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Filter Air Sumur Bor Sederhana

Apakah Saya Bisa Membuat Kunci Rahasia Motor Sederhana Tanpa Solder?

Tidak bisa. Solder dibutuhkan untuk menghubungkan kabel tembaga pada mekanisme kunci dan relay. Tanpa solder, kabel tidak akan terhubung dengan benar dan dapat mempengaruhi kinerja kunci rahasia motor.

Kesimpulan

Dalam artikel ini, kita telah membahas tentang cara membuat kunci rahasia motor sederhana yang dapat membantu mencegah motormu dari pencurian atau kehilangan. Pastikan kamu sudah menyiapkan alat dan bahan yang diperlukan sebelum memulai pembuatan, dan ikuti langkah-langkah dengan benar agar kunci rahasia motor sederhana yang kamu buat dapat berfungsi dengan baik.

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Membuat Kunci Rahasia Motor Sederhana