Cara Membuat Kue Nastar Nanas Sederhana

Halo Sobat Sederhana! Kali ini kita akan membahas cara membuat kue nastar nanas yang sederhana dan mudah untuk diikuti. Kue nastar nanas merupakan salah satu jenis kue yang paling populer di Indonesia. Selain rasanya yang enak, kue ini juga terkenal akan teksturnya yang renyah dan empuk. Yuk, simak langkah-langkahnya!

Bahan-Bahan yang Diperlukan

Sebelum memulai proses pembuatan kue nastar, pastikan Sobat Sederhana telah menyiapkan semua bahan yang dibutuhkan. Berikut adalah bahan-bahan yang diperlukan:

Bahan
Jumlah
Tepung terigu
250 gram
Margarin
200 gram
Gula halus
100 gram
Kuning telur
3 butir
Keju cheddar parut
100 gram
Nanas parut
100 gram
Maizena
50 gram
Susu kental manis
100 ml

Pastikan semua bahan dalam kondisi suhu ruang, sehingga mudah untuk dicampur dan diolah. Selain itu, pastikan juga alat-alat yang digunakan seperti mixer, loyang, dan baskom dalam keadaan bersih dan kering.

Cara Membuat Adonan Kue Nastar

Setelah semua bahan telah disiapkan dengan baik, langkah berikutnya adalah membuat adonan kue nastar. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Kocok Margarin dan Gula Halus

Ambil baskom dan masukkan margarin serta gula halus. Kocok hingga mengembang dan adonan terlihat putih pucat.

2. Tambahkan Kuning Telur

Tambahkan kuning telur satu per satu sambil terus dikocok. Pastikan telur benar-benar tercampur dengan baik dengan adonan margarin dan gula halus.

3. Masukkan Tepung Terigu

Masukkan tepung terigu secara bertahap sambil terus diaduk dengan mixer. Jangan terlalu lama mengaduknya agar teksturnya tetap renyah.

4. Campurkan Keju Cheddar Parut

Tambahkan keju cheddar parut ke dalam adonan dan aduk rata.

5. Tambahkan Maizena

Siapkan maizena dan masukkan sedikit-sedikit ke dalam adonan. Aduk hingga semua bahan tercampur rata.

TRENDING 🔥  Cara Kerja Turbin Air Sederhana

Membuat Isian Kue Nastar

Setelah adonan kue nastar selesai dibuat, langkah berikutnya adalah membuat isian kue. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Campurkan Nanas Parut dan Susu Kental Manis

Ambil baskom dan campurkan nanas parut dengan susu kental manis. Aduk hingga bahan tercampur rata.

2. Masukkan Isian ke dalam Adonan Kue

Ambil sedikit adonan kue nastar dan pipihkan. Tambahkan sedikit isian nanas di atasnya. Lipat adonan kue dan bentuk seperti bola kecil.

3. Tata di atas Loyang

Siapkan loyang yang telah dioles margarin dan susu bubuk. Tata bola-bola kue di atas loyang dengan jarak yang cukup antara satu dan lainnya.

Memanaskan Oven dan Memanggang Kue Nastar

Setelah semua bola kue nastar telah diisi dan tertata di atas loyang, langkah berikutnya adalah memanggang kue. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Panaskan Oven

Panaskan oven dengan suhu 150 derajat Celsius selama kurang lebih 10 menit.

2. Panggang Kue Nastar

Setelah oven panas, masukkan loyang kue nastar dan panggang selama kurang lebih 20-25 menit atau hingga kue matang dan berwarna kekuningan.

3. Dinginkan Kue Nastar

Setelah matang, keluarkan loyang dari dalam oven dan biarkan kue dingin di atas rak kawat. Pastikan kue telah dingin sebelum dihidangkan.

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Apa yang membuat kue nastar empuk?

Kue nastar menjadi empuk karena adonannya dikocok hingga mengembang, menggunakan margarin sebagai bahan dasar, dan isian nanas yang lembut.

2. Bolehkah mengganti nanas dengan buah lain?

Tentu saja. Sobat Sederhana dapat mengganti nanas dengan buah lain seperti strawberry, kiwi, atau blueberry sesuai dengan selera.

3. Mengapa harus memanaskan oven terlebih dahulu?

Memanaskan oven terlebih dahulu penting dilakukan agar suhu dapat merata dan kue dapat matang secara merata tanpa terbakar atau tidak matang.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Meja Sablon Sederhana

Semoga Bermanfaat dan Sampai Jumpa di Artikel Menarik Lainnya

Cara Membuat Kue Nastar Nanas Sederhana