Cara Membuat Kue Kaktus Sederhana

Halo Sobat Sederhana! Kali ini kita akan membahas cara membuat kue kaktus yang sederhana dan mudah untuk dibuat di rumah. Kue kaktus ini sangat cocok untuk dihidangkan di berbagai acara seperti ulang tahun, pernikahan atau bahkan untuk camilan sehari-hari. Yuk, simak langkah-langkahnya!

Bahan-bahan

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat kue kaktus sederhana ini sangat mudah didapat dan tidak terlalu banyak. Berikut adalah bahan-bahan yang dibutuhkan:

Bahan
Jumlah
Tepung terigu
250 gram
Gula pasir
150 gram
Mentega
100 gram
Susu cair
100 ml
Kuning telur
2 butir
Pewarna hijau dan merah
secukupnya
Margarin
secukupnya
Garam
secukupnya

Cara Membuat

1. Campurkan Tepung Terigu dan Gula Pasir

Pertama-tama, campurkan tepung terigu dan gula pasir di dalam wadah yang besar. Aduk hingga tercampur rata.

2. Tambahkan Mentega dan Kuning Telur

Setelah itu, tambahkan mentega yang sudah dicairkan dan kuning telur ke dalam wadah yang berisi campuran tepung terigu dan gula pasir. Aduk hingga tercampur rata.

3. Tambahkan Susu Cair dan Garam

Langkah selanjutnya, tambahkan susu cair dan garam ke dalam adonan. Aduk hingga tercampur rata dan membentuk adonan yang kalis.

4. Bagi Adonan Menjadi Dua Bagian

Bagi adonan menjadi dua bagian yang sama besar. Satu bagian diberikan pewarna hijau dan satu bagian lagi diberikan pewarna merah. Aduk hingga pewarna tercampur rata.

5. Bentuk Adonan Menjadi Bola-bola Kecil

Setelah adonan sudah tercampur rata dengan pewarna, bulatkan adonan menjadi bola-bola yang kecil. Lakukan juga pada adonan yang diberi pewarna merah.

6. Pipihkan Bola-bola Adonan

Pipihkan bola-bola adonan yang sudah dibentuk tadi menggunakan telapak tangan atau dengan menggunakan rolling pin. Pastikan ketebalan adonan sekitar 1 cm.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Mesin Jet Sederhana dari Kaleng

7. Potong Adonan Menjadi Segitiga

Potong adonan yang sudah dipipihkan menjadi segitiga kecil-kecil. Buatlah lipatan pada setiap sisi segitiga agar menyerupai bentuk daun kaktus yang sebenarnya.

8. Panggang Adonan di Dalam Oven

Letakkan adonan yang sudah dipotong-potong tadi pada loyang yang sudah diolesi margarin. Panggang adonan dalam oven dengan suhu 160 derajat Celcius selama sekitar 15-20 menit. Jangan lupa untuk memantau adonan agar tidak gosong.

9. Kue Kaktus Sederhana Siap di Hidangkan

Setelah dipanggang, kue kaktus sederhana siap dihidangkan. Kue ini bisa disajikan saat masih hangat atau bisa juga disimpan dalam toples agar tetap awet dan enak untuk di makan.

FAQ

1. Apa keistimewaan dari kue kaktus sederhana ini?

Kue kaktus sederhana ini memiliki bentuk yang unik dan menarik sehingga cocok untuk dihidangkan di berbagai acara. Selain itu, rasanya juga enak dan mudah untuk dibuat di rumah.

2. Apakah kue kaktus sederhana ini sulit untuk dibuat?

Tidak, kue kaktus sederhana ini sangat mudah untuk dibuat di rumah dan tidak memerlukan banyak waktu dan bahan-bahan yang sulit ditemukan.

3. Bisakah kue kaktus sederhana ini disimpan dalam waktu yang lama?

Ya, kue kaktus sederhana ini bisa disimpan dalam toples dan bisa awet untuk beberapa hari.

4. Apakah ada variasi rasa untuk kue kaktus ini?

Ya, kue kaktus sederhana ini bisa dimodifikasi dengan menambahkan berbagai macam rasa seperti coklat, stroberi, pandan atau rasa lainnya.

5. Adakah tips agar kue kaktus sederhana ini tidak mudah hancur atau rusak?

Untuk membuat kue kaktus sederhana tidak mudah hancur atau rusak, sebaiknya gunakan tepung terigu yang berkualitas baik dan jangan terlalu sering membuka oven saat kue sedang dipanggang.

TRENDING 🔥  Cara Menyederhanakan Alamat URL DDNS

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Membuat Kue Kaktus Sederhana