Cara Membuat Kue Donat Goreng Sederhana

Hello Sobat Sederhana, kali ini kita akan belajar cara membuat kue donat goreng sederhana yang lezat dan bisa menjadi alternatif untuk cemilan di rumah. Kue donat goreng adalah salah satu jenis kue yang banyak disukai oleh masyarakat Indonesia, baik dari anak-anak hingga dewasa. Yuk, simak cara membuatnya di bawah ini!

Bahan-Bahan yang diperlukan

Sebelum memulai, pastikan semua bahan sudah tersedia di rumah. Berikut ini bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat kue donat goreng sederhana:

Bahan
Jumlah
Tepung Terigu
250 gram
Ragi Instant
1 sdt
Gula Pasir
50 gram
Mentega
50 gram
Telur Ayam
2 butir
Air Putih
100 ml
Garam
1/2 sdt
Minyak Goreng
Secukupnya

Langkah-Langkah Membuat Kue Donat Goreng Sederhana

Langkah 1: Mengadon Tepung Terigu dan Bahan-Bahan lainnya

Langkah pertama adalah mengadon tepung terigu dan bahan-bahan lainnya dalam sebuah wadah. Tambahkan ragi instant, gula pasir, mentega, telur ayam, air putih dan garam ke dalam wadah tersebut.

Aduk semua bahan hingga tercampur rata. Pastikan adonan tidak terlalu kental atau terlalu cair. Jika terlalu kental, tambahkan sedikit air putih. Jika terlalu cair, tambahkan sedikit tepung terigu.

Langkah 2: Menguleni Adonan

Setelah semua bahan tercampur rata, letakkan adonan di atas permukaan meja yang telah ditaburi tepung terigu. Knead adonan selama beberapa menit hingga adonan terlihat elastis dan tidak lengket di tangan.

Langkah 3: Membentuk Adonan Menjadi Donat

Setelah adonan telah selesai diuleni, bagi adonan menjadi beberapa bagian yang sama besar. Giling adonan menjadi bentuk bulat dengan ketebalan sekitar 1 cm.

Gunakan cetakan donat untuk membuat bentuk donat pada adonan. Jika tidak ada cetakan donat, kamu dapat menggunakan gelas atau toples untuk membuat bentuk bulat di tengah adonan dan membuat lubang kecil di tengahnya untuk memberikan bentuk donat.

TRENDING 🔥  Tips Menggambar Bunga Sederhana untuk Pemula

Langkah 4: Fermentasi Donat

Setelah adonan dibentuk menjadi donat, diamkan selama 30 menit hingga adonan mengembang dua kali lipat ukurannya. Letakkan adonan di tempat yang hangat dan terhindar dari angin.

Langkah 5: Menggoreng Donat

Panaskan minyak goreng dalam wajan hingga suhu mencapai 180 derajat celcius. Masukkan donat ke dalam minyak goreng yang sudah dipanaskan dan goreng hingga berwarna kecoklatan.

Setelah itu, angkat donat dan tiriskan minyaknya. Kue donat goreng sederhana siap disajikan. Kamu dapat menambahkan topping seperti gula halus, meses atau cokelat leleh untuk memberikan rasa yang lebih lezat pada kue donat goreng sederhana tersebut.

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Berapa lama adonan harus diuleni?

Adonan sebaiknya diuleni selama 10-15 menit agar merata dan mengembang. Pastikan juga adonan tidak terlalu kering atau terlalu basah.

2. Apa saja topping yang bisa ditambahkan pada kue donat goreng sederhana ini?

Kamu bisa menambahkan gula halus, meses atau cokelat leleh pada kue donat goreng sederhana ini untuk memberikan rasa yang lebih lezat dan menarik.

3. Berapa lama waktu fermentasi yang diperlukan untuk adonan?

Waktu fermentasi sebaiknya dilakukan selama 30-60 menit agar adonan mengembang dua kali lipat ukurannya. Namun, waktu fermentasi dapat bervariasi tergantung suhu dan kelembapan di tempat kamu berada.

4. Bolehkah menggunakan ragi instan?

Ya, kamu bisa menggunakan ragi instan sebagai pengganti ragi biasa. Namun, pastikan kamu menggunakan ragi instan yang berkualitas agar hasilnya lebih lezat.

5. Apakah kue donat goreng sederhana ini dapat disimpan?

Kue donat goreng sederhana ini dapat disimpan dalam wadah kedap udara dan ditempatkan dalam kulkas hingga 2-3 hari.

TRENDING 🔥  Cara Membuat AC Sederhana untuk Mobil: Tips dan Trik dari Sobat Sederhana

Kesimpulan

Sekarang Sobat Sederhana sudah tahu cara membuat kue donat goreng sederhana yang lezat dan mudah di rumah. Jangan lupa untuk mencoba resep ini di rumah ya.

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Membuat Kue Donat Goreng Sederhana