Cara Membuat Kue Cake Kukus Sederhana

Halo Sobat Sederhana, apakah kalian suka dengan kue cake kukus? Kalau iya, kali ini kita akan belajar cara membuat kue cake kukus sederhana yang enak dan lezat. Tidak perlu khawatir, resep ini mudah diikuti dan bahan-bahannya tidak sulit dicari. Yuk, kita mulai membuat kue cake kukus sederhana!

Bahan-bahan

Bahan-bahan yang dibutuhkan dalam membuat kue cake kukus sederhana ini cukup standar dan mudah didapatkan di pasar tradisional atau supermarket terdekat. Berikut adalah bahan-bahan yang dibutuhkan:

Bahan
Jumlah
Tepung terigu
200 gram
Gula pasir
150 gram
Telur ayam
4 butir
Santan kental
100 ml
Margarin
100 gram
SP/TBM
1 sdt
Baking powder
1 sdm
Vanili bubuk
1 sdt
Garam
1/4 sdt
Pewarna makanan
sukai

Bahan-bahan tersebut sudah dapat digunakan untuk membuat kue cake kukus sederhana yang enak dan lezat. Selanjutnya, mari kita mulai membuatnya.

Cara Membuat

Berikut adalah cara membuat kue cake kukus sederhana:

1. Siapkan Wadah

Pertama-tama, siapkan wadah yang bersih dan kering untuk mencampurkan semua bahan yang dibutuhkan. Pastikan wadah yang digunakan tidak ada bekas minyak atau bahan lainnya agar tidak mempengaruhi rasa kue.

2. Campurkan Bahan-bahan

Setelah wadah siap, campurkan semua bahan ke dalam wadah tersebut secara merata. Aduk rata hingga tercampur dengan baik, tapi jangan terlalu sering mengaduk agar adonan tidak menjadi terlalu berbusa.

3. Adonan Siap Dipanggang

Setelah semua bahan tercampur dengan baik, adonan siap untuk dipanggang. Siapkan loyang yang sudah dilumuri dengan margarin tipis-tipis. Tuangkan adonan ke dalam loyang dan ratakan permukaannya.

4. Panggang Kue

Panaskan kukusan terlebih dahulu selama kurang lebih 10 menit. Setelah itu, masukkan loyang yang diisi dengan adonan ke dalam kukusan dan tutup kukusan. Panggang selama kurang lebih 1 jam dengan api sedang.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Termometer Digital Sederhana

5. Kue Siap Dinikmati

Jika kue sudah matang, keluarkan loyang dari kukusan dan tunggu hingga kue agak dingin. Setelah itu, potong-potong dan kue siap dinikmati dengan teh atau kopi. Selamat mencoba!

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Bisa Gak Pakai Pewarna Makanan?

Tentu bisa, Sobat Sederhana. Pewarna makanan hanya digunakan untuk memberikan warna pada kue. Jika tidak ingin menggunakan pewarna makanan, kue tetap bisa dibuat dan rasanya tetap enak dan lezat.

2. Apakah Bisa Menggunakan Oven?

Bisa, tapi hasilnya akan berbeda. Jika menggunakan oven, suhu yang diperlukan harus lebih tinggi dan waktu memanggang lebih singkat. Kue juga akan lebih kering, tidak seperti ketika menggunakan kukusan. Namun, tetap bisa mencoba membuat kue dengan cara digoreng atau dipanggang dalam oven.

3. Apa Bedanya Kue Kukus dengan Kue Biasa?

Kue kukus memiliki tekstur yang lebih lembut dan moist dibandingkan dengan kue biasa. Hal ini disebabkan karena adonan kue kukus dipanggang dengan menggunakan uap air sehingga kelembaban pada kue lebih terjaga.

4. Apakah Bisa Menambahkan Toping pada Kue?

Bisa, Sobat Sederhana. Anda bisa menambahkan toping di atas kue kukus sederhana ini seperti keju, kacang-kacangan, coklat, atau buah-buahan sesuai dengan selera. Selamat bereksperimen dengan kue kukus sederhana buatan Anda sendiri!

Kesimpulan

Dengan menggunakan resep di atas, kue cake kukus sederhana sudah bisa dibuat dengan mudah dengan bahan sederhana. Selain itu, kue ini juga bisa dijadikan alternatif untuk teman ngopi atau teh di sore hari. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Membuat Kue Cake Kukus Sederhana