Cara Membuat Kue Bolu Kukus Sederhana

Hai Sobat Sederhana, siapa yang tidak suka makanan manis seperti kue bolu kukus? Kue ini memang menjadi salah satu camilan favorit banyak orang, terutama saat bersantai di rumah atau merayakan sesuatu. Namun, terkadang membuat kue bolu kukus bisa menjadi tantangan tersendiri, terutama bagi pemula.

Nah, dalam artikel ini kami akan berbagi cara membuat kue bolu kukus sederhana yang bisa kamu coba di rumah. Yuk, simak informasinya lebih lanjut!

Bahan-bahan yang Dibutuhkan

Sebelum memulai proses pembuatan kue bolu kukus, pastikan kamu sudah mempersiapkan bahan-bahan berikut ini:

Bahan
Jumlah
Tepung terigu
250 gram
Maizena
50 gram
Gula pasir
200 gram
Putih telur
6 butir
Kuning telur
6 butir
Pewarna makanan
secukupnya
Essence vanilla
1 sendok teh
Baking powder
1 sendok teh
Santan kental
180 ml
Margarin
100 gram
Garam
1/4 sendok teh

Cara Membuat Kue Bolu Kukus Sederhana

1. Siapkan Loyang dan Olesi dengan Margarin

Siapkan loyang yang akan digunakan untuk mengukus kue bolu. Olesi loyang dengan margarin agar adonan tidak lengket dan mudah untuk dikeluarkan nantinya. Jangan lupa untuk menyiapkan kukusan dan panaskan air di dalamnya agar siap digunakan.

2. Campurkan Bahan Kering

Campurkan tepung terigu, maizena, dan baking powder ke dalam sebuah wadah. Aduk rata dan sisihkan.

3. Kocok Putih Telur

Kocok putih telur dengan kecepatan tinggi menggunakan mixer hingga berbusa. Kemudian, tambahkan gula pasir sedikit-sedikit sambil terus dikocok hingga kaku dan mengembang. Pisahkan sekitar 1/3 bagian dari adonan putih telur dan sisihkan.

4. Kocok Kuning Telur

Kocok kuning telur dengan kecepatan sedang hingga mengembang dan berwarna kuning pucat. Setelah itu, tambahkan santan kental, garam, essence vanilla, dan margarin yang sudah dilelehkan. Aduk rata.

TRENDING 🔥  Cara Merawat Kulit Wajah dengan Sederhana untuk Sobat Sederhana

5. Campurkan Bahan Kering ke dalam Adonan Kuning Telur

Tuang campuran bahan kering yang sudah disiapkan ke dalam adonan kuning telur. Aduk rata hingga tidak ada lagi adonan yang menggumpal.

6. Campurkan Adonan dengan Putih Telur

Tuang sekitar 1/3 bagian dari adonan putih telur yang sudah disisihkan ke dalam adonan kuning telur. Aduk perlahan menggunakan spatula hingga tercampur rata. Setelah itu, tuang kembali sisa adonan putih telur ke dalam adonan kuning telur. Aduk rata lagi hingga merata.

7. Tambahkan Pewarna Makanan

Untuk membuat kue bolu kukus lebih menarik, kamu bisa menambahkan pewarna makanan sesuai dengan selera. Aduk rata hingga warna merata.

8. Tuangkan Adonan ke dalam Loyang

Tuang adonan ke dalam loyang yang sudah diolesi dengan margarin hingga setengah bagian. Jangan terlalu penuh karena adonan akan mengembang saat dikukus.

9. Kukus Adonan selama 30-40 Menit

Setelah itu, kukus adonan selama 30-40 menit atau hingga matang. Gunakan tusuk gigi untuk mengetahui apakah kue bolu kukus sudah matang atau belum. Jika tusuk gigi keluar bersih, berarti kue sudah matang.

10. Angkat dan Biarkan Hingga Dingin

Angkat kue bolu kukus dari loyang dan biarkan hingga dingin. Setelah itu, kue bolu kukus siap disajikan.

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Apa yang Salah Jika Kue Bolu Kukus Tidak Mengembang?

Jika kue bolu kukus tidak mengembang, kemungkinan ada beberapa hal yang salah, seperti terlalu banyak atau terlalu sedikit gula, putih telur tidak dikocok dengan benar, atau baking powder yang sudah kadaluarsa.

2. Apa yang Harus Dilakukan Jika Adonan Kue Bolu Kukus Terasa Berat?

Jika adonan kue bolu kukus terasa berat, kamu bisa menambahkan beberapa sendok teh baking powder ke dalam adonan.

TRENDING 🔥  Cara Mengupas Cat Kayu Sederhana

3. Apakah Harus Menggunakan Pewarna Makanan?

Tidak harus. Pewarna makanan hanya digunakan untuk memberi warna pada kue bolu kukus agar terlihat lebih menarik. Jika kamu tidak suka menggunakan pewarna makanan, kamu bisa menghilangkannya dari resep.

4. Apa yang Harus Dilakukan Jika Kue Bolu Kukus Terasa Keras?

Jika kue bolu kukus terasa keras, kemungkinan adonan sudah terlalu lama dikocok atau terlalu banyak tepung terigu yang digunakan.

5. Bisakah Membuat Kue Bolu Kukus Tanpa Mixer?

Bisa saja. Kamu bisa mengocok putih telur dan kuning telur menggunakan whisk atau garpu. Namun, pastikan kamu mengocok dengan kencang dan terus menerus hingga mengembang.

Penutup

Itulah tadi cara membuat kue bolu kukus sederhana yang bisa kamu coba di rumah. Selain enak, kue bolu kukus juga mudah untuk dibuat dan tidak memerlukan oven. Semoga artikel ini bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Membuat Kue Bolu Kukus Sederhana