Cara Membuat Kue Bolu Kukus Pelangi Sederhana

Hello Sobat Sederhana, kali ini kita akan belajar cara membuat kue bolu kukus pelangi sederhana yang pasti akan membuatnya terlihat cantik dan enak.

1. Bahan-bahan yang Dibutuhkan

Sebelum memulai membuat kue bolu kukus pelangi, Sobat Sederhana perlu menyiapkan bahan-bahan berikut:

100 gram terigu protein rendah
100 gram gula pasir
4 butir telur
100 gram margarin
2 sendok makan susu bubuk
1 sendok teh baking powder
Pewarna makanan merah, kuning, hijau, dan biru
Secukupnya air matang
Secukupnya garam

Bahan-bahan di atas bisa Sobat Sederhana dapatkan di toko bahan kue atau supermarket terdekat.

2. Cara Membuat Kue Bolu Kukus Pelangi Sederhana

2.1. Membuat Adonan Dasar

Pertama-tama, Sobat Sederhana perlu membuat adonan dasar kue bolu kukus. Caranya, campurkan terigu, susu bubuk, dan baking powder. Aduk rata.

Setelah itu, kocok telur dan gula pasir dengan mixer hingga mengembang dan berwarna putih. Tambahkan margarin cair, aduk rata dengan spatula.

Selanjutnya, masukkan campuran terigu sedikit-sedikit ke dalam adonan telur sambil terus diaduk hingga tercampur rata. Tambahkan sedikit garam, aduk kembali hingga rata.

2.2. Membuat Adonan Pelangi

Bagi adonan dasar menjadi beberapa bagian yang sama banyak. Kemudian tambahkan 1-2 tetes pewarna makanan merah pada satu bagian adonan, aduk hingga rata.

Lakukan hal yang sama pada bagian adonan lain menggunakan pewarna makanan kuning, hijau, dan biru masing-masing. Aduk hingga rata.

2.3. Mengisi Loyang Kue

Siapkan loyang kue ukuran sedang dengan diolesi margarin dan taburi tepung terigu. Setelah itu, tuang adonan merah secara perlahan di bagian tengah loyang. Kemudian, tuang adonan hijau di atasnya.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Saus Padang Sederhana

Ulangi langkah tersebut hingga semua adonan habis. Pastikan urutan warna adonan selalu bergantian agar menghasilkan pola/kekacauan yang baik.

2.4. Mengukus Kue Bolu Kukus Pelangi

Masukkan loyang kue ke dalam kukusan yang sudah dipanaskan terlebih dahulu. Kukus kue dengan api sedang selama 30-40 menit atau hingga matang.

Cara mengetahui apakah kue sudah matang atau belum adalah dengan memasukkan tusuk gigi atau lidi ke dalam kue. Jika keluar bersih, artinya kue sudah matang.

3. Tips Membuat Kue Bolu Kukus Pelangi

3.1. Pilih Pewarna Makanan Yang Aman

Sebelum memilih pewarna makanan yang akan digunakan, pastikan pewarna tersebut aman dan telah terdaftar di BPOM. Hindari menggunakan pewarna makanan yang berbahaya bagi kesehatan.

3.2. Gunakan Terigu Protein Rendah

Untuk membuat kue bolu kukus yang lembut dan empuk, gunakan terigu protein rendah. Terigu ini menghasilkan kue yang lebih ringan dan tidak mudah bantat.

3.3. Pastikan Konsistensi Adonan Tepat

Sebelum mengisi adonan ke dalam loyang kue, pastikan konsistensi adonan tepat. Jangan terlalu encer atau kental karena akan mempengaruhi hasil akhir kue.

4. FAQ (Frequently Asked Questions)

4.1. Bisa Pakai Oven Biasa Untuk Membuat Kue Bolu Kukus Pelangi?

Untuk membuat kue bolu kukus pelangi, biasanya menggunakan alat kukus. Namun, jika Sobat Sederhana tidak memiliki kukusan, bisa menggunakan oven dengan suhu 160-180 derajat celcius selama 30-40 menit. Namun, hasil kue tidak akan seempuk kue kukus.

4.2. Harus Menggunakan Susu Bubuk?

Susu bubuk digunakan untuk memberikan rasa yang lebih lezat pada kue. Namun, jika Sobat Sederhana tidak memiliki susu bubuk, bisa dihilangkan atau diganti dengan menggunakan susu cair.

4.3. Berapa Lama Menit Sampai Kue Matang?

Waktu yang dibutuhkan untuk mengukus kue bolu kukus pelangi adalah 30-40 menit. Namun, waktu bisa berbeda-beda tergantung pada ukuran loyang dan api yang digunakan.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Mihrab Sederhana - Sobat Sederhana

5. Kesimpulan

Itulah cara membuat kue bolu kukus pelangi sederhana yang bisa Sobat Sederhana coba di rumah. Jangan lupa untuk memperhatikan tips-tips di atas agar kue bolu kukus pelangi nya sukses dan enak. Selamat mencoba!

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Cara Membuat Kue Bolu Kukus Pelangi Sederhana