Cara Membuat Korek Api Listrik Sederhana untuk Sobat Sederhana

Halo Sobat Sederhana, dalam artikel ini kita akan membahas cara membuat korek api listrik sederhana. Korek api listrik adalah alat yang sangat berguna untuk membantu memasak atau menyalakan lilin yang sulit dijangkau oleh tangan. Biasanya korek api listrik dibeli di toko dengan harga yang cukup mahal. Namun, dengan sedikit usaha, kita bisa membuat korek api listrik sendiri di rumah dengan bahan-bahan yang mudah didapatkan dan dengan biaya yang relatif lebih murah. Yuk, simak cara membuat korek api listrik sederhana berikut ini!

Bahan-Bahan yang Diperlukan

Sebelum memulai membuat korek api listrik sederhana, kamu perlu menyiapkan beberapa bahan berikut:

Bahan
Jumlah
Baterai 9V
1 buah
Kabel tembaga
2 buah
Baut
1 buah
Isolasi listrik
secukupnya

Selain itu, kamu juga perlu mempersiapkan alat-alat berikut:

  • Gunting
  • Pisau
  • Obeng

Langkah-Langkah Membuat Korek Api Listrik Sederhana

1. Persiapkan Bahan-Bahan

Langkah pertama adalah menyiapkan semua bahan yang dibutuhkan seperti yang sudah disebutkan di atas. Pastikan semua bahan yang kamu beli berkualitas baik dan tidak cacat.

2. Potong Kabel Tembaga

Potong kedua kabel tembaga menjadi dua bagian dengan ukuran yang sama yaitu sekitar 15 cm. Setelah itu, kupas bagian ujung kabel sekitar 2 cm dan bersihkan dengan obeng agar tidak ada sisa isolasi listrik.

3. Sambungkan Kabel ke Baterai

Sambungkan ujung salah satu kabel tembaga ke kutub positif baterai. Kemudian, sambungkan ujung kabel yang lain ke kutub negatif baterai. Pastikan kabel dan baterai terhubung dengan baik.

4. Pasang Baut pada Kabel Tembaga

Sekarang, masukkan baut pada ujung kabel tembaga yang terhubung ke kutub positif baterai. Baut ini nantinya akan berfungsi sebagai penghantar listrik untuk menyalakan api.

TRENDING 🔥  Cara Sederhana Menghilangkan Penyakit Daun

5. Selipkan Isolasi Listrik pada Baut

Selipkan sedikit isolasi listrik pada baut agar hanya ujung baut yang terlihat dan bisa menyalakan api.

6. Pasang Isolasi pada Kabel Tembaga

Pasang isolasi listrik pada bagian kabel tembaga yang tidak terhubung ke baut. Hal ini untuk mencegah kabel tembaga yang tidak terpakai tidak mengalami korsleting dengan kabel yang terhubung ke baterai.

7. Korek Api Listrik Siap Digunakan

Setelah semua langkah di atas selesai, korek api listrik sederhana sudah bisa digunakan. Caranya cukup dengan menempelkan ujung baut yang diselimuti isolasi pada objek yang ingin dinyalakan seperti lilin atau kompor gas dan melakukan kontak dengan benda tersebut. Korek api listrik sederhana akan mengeluarkan api yang cukup kuat.

FAQ

1. Apakah aman membuat korek api listrik sendiri?

Jawab: Jika bahan-bahan yang digunakan berkualitas baik dan diikuti dengan benar, membuat korek api listrik sendiri cukup aman. Namun, pastikan untuk tetap berhati-hati dan mengikuti langkah-langkah dengan seksama.

2. Baterai apa yang sebaiknya digunakan?

Jawab: Sebaiknya menggunakan baterai jenis alkaline 9V. Baterai jenis ini sangat umum tersedia di toko-toko elektronik dan memiliki daya tahan yang cukup lama.

3. Apakah korek api listrik sederhana bisa digunakan untuk keperluan lain selain menyalakan lilin atau kompor gas?

Jawab: Ya, korek api listrik sederhana bisa digunakan untuk berbagai keperluan yang memerlukan api kecil seperti menyalaan rokok atau membuat api dalam permainan.

Semoga Bermanfaat dan Sampai Jumpa di Artikel Menarik Lainnya

Cara Membuat Korek Api Listrik Sederhana untuk Sobat Sederhana