Cara Membuat Kompor Sederhana Tenaga Surya dari Kardus

Halo Sobat Sederhana, apakah kamu pernah merasa kesulitan saat memasak karena tidak ada gas atau listrik? Tenang saja, kali ini kita akan belajar cara membuat kompor sederhana tenaga surya dari kardus. Selain ramah lingkungan karena menggunakan energi matahari, membuat kompor ini juga sangat mudah dan hemat biaya. Yuk, simak tutorialnya!

Bahan dan Alat yang Dibutuhkan

Sebelum memulai membuat kompor tenaga surya, pastikan kamu sudah menyiapkan bahan dan alat yang dibutuhkan. Berikut adalah daftar bahan dan alat yang diperlukan:

Bahan
Alat
Kardus bekas
Spidol
Aluminium foil
Pisau cutter
Lem tembak
Gunting
Plastik transparan
Rangkaian kawat
Kertas aluminium
Penggaris
Kain atau serbet
Meja kerja
Isolasi atau selotip

Langkah-langkah Membuat Kompor Tenaga Surya

Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat kompor tenaga surya dari kardus:

1. Membuat Pola

Pertama-tama, buat pola dengan menggambar bentuk segitiga pada kardus bekas menggunakan spidol. Buatlah dua buah pola dengan ukuran yang sama. Kemudian, guntinglah pola tersebut dengan menggunakan pisau cutter.

2. Menyiapkan Reflektor

Selanjutnya, siapkan aluminium foil dan guntinglah dengan bentuk yang sama persis dengan pola kardus yang sudah dipotong. Tempelkan aluminium foil pada kardus menggunakan lem tembak.

3. Menyiapkan Kardus Pembawa Bahan Bakar

Gambar bentuk persegi panjang pada kardus bekas lalu gunting dan lipat sesuai pola. Tempelkan dengan lem tembak agar tidak berantakan.

4. Merakit Kardus Pola

Ambil pola kardus dan tempelkan rangkaian kawat pada bagian bawahnya untuk menjaga keseimbangan. Selanjutnya tempelkan plastik transparan pada bagian depan pola kardus menggunakan lem tembak. Ini untuk membiarkan sinar matahari masuk.

5. Memasang Reflektor

Masukkan kardus pembawa bahan bakar pada kardus pola yang sudah dirakit tadi. Tempelkan reflektor yang sudah dibuat tadi pada bagian belakang kardus pola dengan menggunakan lem tembak.

TRENDING 🔥  Cara Menghitung Analisis Regresi Linear Sederhana dengan Excel

6. Melapis Bagian Dalam Pola Kardus

Gunakan kertas aluminium untuk melapisi bagian dalam pola kardus. Sisi berwarna cerah harus menghadap ke dalam untuk memantulkan cahaya matahari. Gunakan isolasi atau selotip untuk menempelkannya.

7. Menyiapkan Bahan Bakar

Potonglah kain atau serbet menjadi ukuran kecil-kecil dan letakkan di dalam kardus pembawa bahan bakar. Bahan bakar ini nantinya akan dibakar oleh sinar matahari.

Cara Menggunakan Kompor Tenaga Surya

Setelah berhasil membuat kompor tenaga surya, kamu bisa langsung mencobanya. Berikut adalah cara menggunakan kompor tenaga surya:

1. Letakkan di Tempat yang Terkena Sinar Matahari

Pastikan kamu meletakkan kompor tenaga surya di tempat yang terkena sinar matahari langsung, seperti di luar rumah atau di atap rumah. Semakin terang sinar matahari yang diterima, semakin baik hasilnya.

2. Tunggu beberapa Menit

Tunggu beberapa menit hingga kompor terlihat mulai memanas. Jangan menempatkan bahan bakar terlalu awal sebelum kompor terlihat mulai panas.

3. Tambahkan Bahan Bakar

Setelah kompor terlihat mulai panas, tambahkan bahan bakar yang sudah disiapkan sebelumnya. Jangan terlalu banyak agar tidak membuat kompor kepanasan dan merusak bahan bakar.

4. Masak Sesuai Kebutuhan

Kini, kompor tenaga surya sudah siap untuk digunakan memasak. Masaklah masakanmu seperti biasa dan nikmati hasilnya!

FAQ (Frequently Asked Questions)

Q: Apa saja bahan yang dibutuhkan untuk membuat kompor tenaga surya?

A: Bahan-bahan yang dibutuhkan antara lain kardus bekas, aluminium foil, lem tembak, plastik transparan, kertas aluminium, kain atau serbet, dan isolasi atau selotip.

Q: Apakah sulit membuat kompor tenaga surya?

A: Tidak sulit. Dengan panduan yang tepat dan bahan yang cukup, kamu bisa membuat kompor tenaga surya dengan mudah.

TRENDING 🔥  Cara Menjernihkan Air Kolam Ikan dengan Filter Sederhana

Q: Apakah kompor tenaga surya bisa digunakan di dalam rumah?

A: Sebaiknya tidak. Kompor tenaga surya sebaiknya dipakai di luar rumah atau di atap rumah yang terkena sinar matahari langsung agar hasilnya lebih baik dan aman.

Q: Apakah bahan bakar untuk kompor tenaga surya bisa diganti?

A: Ya, kamu bisa menggunakan bahan bakar yang sesuai dengan kebutuhanmu. Namun, pastikan bahan bakar yang dipilih memang bisa dibakar oleh sinar matahari.

Q: Berapa lama waktu yang diperlukan untuk membuat kompor tenaga surya?

A: Waktu yang dibutuhkan tergantung tingkat kesulitan dan keahlian kamu dalam membuatnya. Namun, rata-rata membutuhkan waktu sekitar 2-3 jam.

Kesimpulan

Itulah tadi cara membuat kompor sederhana tenaga surya dari kardus. Meskipun terlihat mudah, kamu tetap harus hati-hati saat membuat dan menggunakan kompor ini. Jangan lupa untuk selalu memperhatikan faktor keamanan dan kesehatan. Semoga artikel ini bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Membuat Kompor Sederhana Tenaga Surya dari Kardus