Cara Membuat Kompor Minyak Tanah Sederhana

Halo Sobat Sederhana, pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang cara membuat kompor minyak tanah sederhana. Kompor minyak tanah merupakan salah satu alat masak yang paling banyak digunakan di Indonesia. Meskipun sekarang sudah ada kompor gas, tetapi kompor minyak tanah masih diminati oleh sebagian besar masyarakat Indonesia yang tinggal di pedesaan. Kelebihan dari kompor minyak tanah adalah harganya yang terjangkau dan mudah digunakan. Nah, untuk Sobat Sederhana yang ingin membuat kompor minyak tanah sendiri, berikut ini adalah langkah-langkahnya.

1. Persiapan Alat dan Bahan

Sebelum memulai membuat kompor minyak tanah, ada beberapa alat dan bahan yang harus disiapkan terlebih dahulu. Berikut ini adalah beberapa alat dan bahan yang dibutuhkan:

Alat
Bahan
Penjepit
Kaleng bekas
Gunting
Kawat
Bor
Batok kelapa
Obeng
Selotip
Paku

Setelah semua alat dan bahan sudah disiapkan, langkah selanjutnya adalah melakukan tahap-tahap berikutnya.

2. Memotong Kaleng Bekas

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah memotong kaleng bekas menjadi dua bagian. Bagian yang pertama akan digunakan sebagai tempat minyak, sedangkan bagian yang kedua akan digunakan sebagai tempat api. Untuk memotong kaleng bekas, Sobat Sederhana dapat menggunakan gunting atau gergaji. Setelah dipotong, kaleng bekas akan terlihat seperti gambar dibawah ini:

3. Menbuat Rangkaian Kawat untuk Gas

Langkah selanjutnya adalah membuat rangkaian kawat untuk gas. Rangkaian kawat ini nantinya akan dipasang di atas bagian kedua kaleng bekas sebagai tempat api. Untuk membuat rangkaian kawat, Sobat Sederhana dapat menggunakan kawat yang sudah disediakan. Setelah rangkaian kawat selesai dibuat, pasanglah di atas bagian kedua kaleng bekas sebagai tempat api.

TRENDING 🔥  Cara Menyederhanakan Penyebaran Data di SPSS Hasil Penelitian

4. Memasang Batok Kelapa sebagai Penyangga

Langkah berikutnya adalah memasang batok kelapa sebagai penyangga agar kompor tidak mudah terjatuh. Untuk memasangnya, Sobat Sederhana dapat menggunting batok kelapa menjadi beberapa potongan dan menempelkannya di bagian bawah kaleng bekas sebagai tempat api.

5. Menyambung Bagian Pertama dan Kedua Kaleng Bekas

Langkah terakhir adalah menyambung bagian pertama dan kedua kaleng bekas. Caranya adalah dengan menempatkan bagian kedua di atas bagian pertama dan mengunci dengan menggunakan paku. Setelah itu, sobeklah sedikit bagian pinggir kaleng bekas sebagai tempat api sehingga nantinya api dapat keluar dari sana.

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Apa saja bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat kompor minyak tanah sederhana?

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat kompor minyak tanah sederhana antara lain: kaleng bekas, kawat, batok kelapa, selotip, paku, dan minyak tanah.

2. Apa kelebihan dari kompor minyak tanah dibandingkan dengan kompor gas?

Kelebihan dari kompor minyak tanah adalah harganya yang lebih terjangkau dan mudah digunakan, terutama bagi masyarakat yang tinggal di pedesaan.

3. Apakah kompor minyak tanah aman digunakan?

Selama penggunaannya dilakukan dengan benar dan hati-hati, kompor minyak tanah aman digunakan.

4. Apakah kompor minyak tanah hemat energi?

Tidak, kompor minyak tanah tidak termasuk dalam kategori kompor hemat energi karena membutuhkan bahan bakar yang banyak.

5. Apa yang harus dilakukan jika kompor minyak tanah mengeluarkan asap dan bau tak sedap?

Jika kompor minyak tanah mengeluarkan asap dan bau tak sedap, segeralah mematikan kompor dan memeriksanya. Kemungkinan penyebabnya adalah minyak tanah yang digunakan telah kadaluwarsa atau kualitasnya buruk.

Itulah cara membuat kompor minyak tanah sederhana yang bisa Sobat Sederhana coba di rumah. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Las Karbit Mini Sederhana

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Cara Membuat Kompor Minyak Tanah Sederhana