Cara membuat kompor induksi sederhana

Halo Sobat Sederhana, apakah kalian tertarik membuat kompor induksi sederhana sendiri? Kompor induksi merupakan salah satu jenis kompor yang hemat energi dan lebih cepat dalam memasak. Nah, dalam artikel ini kita akan membahas cara membuat kompor induksi sederhana. Yuk, simak pembahasannya!

Persiapan alat dan bahan

Sebelum memulai pembuatan kompor induksi sederhana, Sobat Sederhana perlu menyiapkan beberapa alat dan bahan berikut:

Alat
Bahan
Solder
Kawat tembaga
Obeng
Kaca bening 10mm
Tang potong
IC TDA8932T
Penyolder
Resistor 10 ohm dan 220 ohm
Peralatan elektronik lainnya
Kabel listrik dan soket listrik

Proses pembuatan

1. Potong kawat tembaga

Potong kawat tembaga menjadi 4 bagian dengan panjang yang sama yaitu 10 cm. Kemudian, bentuk kawat tembaga yang telah dipotong menjadi 4 lingkaran dengan diameter 15mm. Setelah itu, posisikan kawat tembaga dan letakkan di atas kaca bening.

2. Pasang IC TDA8932T

Pasang IC TDA8932T di tengah-tengah kawat tembaga yang telah disiapkan tadi. Solder IC TDA8932T dengan baik agar tidak lepas saat digunakan.

3. Solder resistor pada kawat tembaga

Solder resistor 10 ohm dan 220 ohm pada kawat tembaga yang telah dibentuk tadi. Resistor ini berfungsi sebagai pengatur daya listrik agar kompor tidak terlalu panas saat digunakan.

4. Pasang soket listrik

Pasang soket listrik pada bagian bawah kaca bening. Pastikan sambungan antara kawat tembaga dan soket listrik terpasang dengan baik.

5. Finish!

Kompor induksi sederhana telah selesai dibuat. Selanjutnya, tinggal mencoba memasak dengan menggunakan kompor induksi sederhana yang telah dibuat. Setelah memasak, pastikan untuk membersihkan kompor dengan baik agar tahan lama dan awet.

TRENDING 🔥  Cara Sketsa Sederhana

FAQ

1. Apa yang menjadi kelebihan dari kompor induksi sederhana?

Kelebihan dari kompor induksi sederhana adalah hemat energi dan lebih cepat dalam memasak. Selain itu, kompor induksi juga lebih mudah dibersihkan dari sisa-sisa bahan makanan yang menempel.

2. Berapa biaya yang diperlukan untuk membuat kompor induksi sederhana?

Biaya yang diperlukan untuk membuat kompor induksi sederhana tergantung pada harga bahan dan alat yang digunakan. Secara keseluruhan, biaya yang diperlukan tidak terlalu mahal dan dapat dijangkau oleh siapa saja.

3. Apakah sulit membuat kompor induksi sederhana?

Tidak sulit membuat kompor induksi sederhana asalkan Sobat Sederhana memiliki pengetahuan dasar mengenai elektronik. Jika masih kesulitan, Sobat Sederhana dapat mencari tutorial video di internet atau meminta bantuan dari orang yang lebih berpengalaman.

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya

Demikianlah pembahasan mengenai cara membuat kompor induksi sederhana. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Sobat Sederhana yang ingin mencoba membuat kompor induksi sederhana sendiri. Terima kasih sudah membaca dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara membuat kompor induksi sederhana